Search This Blog

Saturday, May 1, 2010

Bolu Gulung Ekonomis

Akhirnya, kesampaian juga niatku bikin bolu gulung sendiri... sebenarnya, ini gara-gara mau bikin chiffon buat chiffon week yang ntah kenapa, udah 2x nyoba, gagaaaaalll 'mlulu... padahal bikinnya di bantu kak Ika lho. Sekali di Jakarta, ok deh gagal soale kita emang improve bikin resep sendiri (sok tau deh gue!), lha di Jambi, kemarin lusa kita bikin lagi, juga ikut-ikutan gatot. padahal udah ikut resep plek! aaah...sutralah. Dari pada depress mikirin chiffon, sorenya aku minta si Muji (supirnya Bokap) buat beli loyang bolu gulung dan selai. Mintanya blueberry, eh yang di beli strawberry. Kiloan pulak!. Karena udah malam, baru kemarin aku nyoba bikin bolu gulung ekonomis yang resepnya aku ambil dari blog doyan kue-nya mba' Mawar.

Udah lamaaaa banget pengen nyoba bikin bolu gulung panggang. Tapi belum nemu resep yang pas. Rata-rata resepnya buat loyang yang gede, gak muat buat oven listrik mungilku dan aku paling males kalo mesti ngerubah ukuran resep (maklum, matematika ku ngepas..hehehehe). Nah, pas lagi jalan ke blog-nya mba' Mawar, ketemu sama resep ini. Senang deh, selain ukurannya gak besar (aku pake loyang 24x24 cm), aku juga suka karena resepnya tanpa emulsi. Aku senang deh resep-resep yang gak pake emulisifier, bukan apa-apa, soale aku jarang nyetok. Lagian, resep begini, bisa di bikin di mana saja. Termasuk di luar negeri yang emulsifier (bangsa TBM, SP, Ovalet dll) susah di dapat. Pokoknya resep ini masih original bangeeet....aseeeekkk!!

Tapi kemarin, di tengah-tengah pemanggangan, lampu mateeeee!! hiks! mana adonan belum mengembang sempurna walaupun udah matang. Bolunya rada mengkerut, trus ada lapisan tipis yang rada keras di bagian bawahnya...duuuh, bisa jadi karena aku ngoles loyangnya dengan mentega dan di taburi tepung, jadinya malah bikin lapisan sendiri. Anyway, bolu yang semi-gagal itu aku olesi selai strawberry yang di beli si Muji. Ngegulungnya masih kacau dan lepas-lepas. Yang bikin sebel, selainya kelewat encer, malah netes kemana-mana. Tapi untuk rasa bolunya, aku suka banget! kayak bolu gulung nanas murah-meriah yang sering di jual di pasar Jambi. Apalagi semalam bang Iqbal bilang enak...*cihuuy*. Humm...kembali membulatkan tekad (duileee...bikin kue aja mbuletin tekad..giliran beres-beres kamar, males...hihihihi) untuk bikin lagi hari ini. Pas ke supermarket semalam sama kak Ika dan Dea, aku ambil sebotol selai nenas, buat filling bolu gulung yang baru.

Nah, pagi tadi disaat rumah sepiiii banget,, aku mulai kasak kusuk sendiri di pantry. Karena bahannya simple dan bikinnya gampaaang banget, bikinnya pun cepat. Kali ini, loyangnya cuma aku olesi mentega aja (embeer...di blognya mba' Mawar juga udah di bilang olesi mentega aja...gue aja yang gak nyimak...hahahaha) dan pengadukan mentega cair, juga bener-bener di aduk balik hingga rata, supaya gak ada endapan mentega yang bikin bantet. Setelah selesai, tinggal di panggang di iringi doa supaya PLN gak matiin lampu lagi...*huh!* dan hasilnyaaa...??? Taadaa!!! berhasil! berhasil! Suka deh ngolesin selai nenes-nya, kali ini selainya padat dan ada serat nenas-nya (aku pake selai Morin *cinta deh ama produk Indonesia yang enak-enak*), jadi pas di gulung gak bleber kemana-mana.

Sayangnya, di rumah gak ada pisau kue dan pisau si Umi kurang pas di pake buat motong bolu gulung, jadinya gak rapi deeh... tapi yang penting rasanya donk! enak dan familiar banget. Kak Ika aja langsung bilang, mirip bolu gulung nenas yang sering kita beli...hihihi...yep, one of my childhood favorite!

Ini resepnya ya...



BOLU GULUNG EKONOMIS

Source : Blog Doyan Kue-nya Mawar


bahan:

5 butir telur
90 gr gula pasir halus
50 gr tepung terigu
10 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
90 gr margarin cair
butter cream atau selai



Cara Membuat:

1. Kocok telur dan gula hingga kental dan mengembang
2. Masukkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak, aduk rata
3. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit, aduk rata
4. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah dioles mentega dan dialasi kertas roti, panggang dengan suhu 190 derajat selama 25 menit.
5. Oesi cake dengan selai atau butter cream (tunggu hingga dingin) sesuai selera, gulung (dengan bantuan kertas roti) dan padatkan. Siap dihidangkan.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers