Search This Blog

Wednesday, November 24, 2010

Apple Pie


Sebenarnya, kemarin aku gak ada rencana mau bikin apple pie. Tapi, waktu aku datang ke Jambi, aku koq nyium aroma kayu manis yang kenceng banget di rumah ortuku. Well, kak Ika langsung cerita kalo Papa ku baru di beri temannya sekantong besar kayu manis dari Kerinci sekalian sama syrup kayu manis nya (kalo ke Jambi, jangan lupa beli syrupnya ya, uenaaaakkk! *promo*). Wuiiih....tanpa ragu aku sudah yakin kalo kayu manis dari Kerinci, is the best!!! T. O. P B. G. T !!! well...ini fakta lho ya, bukan karena aku masih berdarah Kerinci (Datuk ku, Papanya Ibuku asli Kerinci) tapi memang kenyataannya begitu. Buktinya, Cinnabon yang paling di sukai sama aku dan abangku Riri, kayu manis nya berasal dari gunung Kerinci lho... aromanya selalu bikin aku dan abangku berbalik arah ke counter Cinnabon. Sukaaaaa banget!!

Anyway, rasanya sayang banget kalo gak di manfaatkan kayu manisnya. Yo wis lah, aku bikin apple pie aja, selain mendadak pengen, juga karena bahannya mudah di dapat di Jambi. Rencanaku sempat mundur beberapa waktu, ntah kenapa naluri baking rada menurun niih, tapi karena bener-bener naksir apple pie, ya udah lah, bikin adza. Kemarin siang aku udah iris-iris applenya, dan dicampur sama lemon dan kayu manis, sku simpan aja di kulkas. Trus sorenya aku nyampur adonan crustnya. Tapi malam tadi Papaku ada rapat sama teman-temannya, ya udah, adonan crustnya aku biarkan aja di kulkas, soale mesti bantu nyiapin makanan dan minuman. Baru tadi pagi aku bikin pie nya. Adonan kulit pie aku biarkan di suhu ruang, dan di roll. Kebetulan ada kak Ika yang nemanin, dia sambil chat sama temanku sekolah ku dulu si Dian yang rumahnya gak jauh dari rumahku, sekarang dia tinggal di Yogya. Senang deh, bikin pie sambil cerita-cerita jaman SMP n' SMA, semua terasa indah *hihi*, gak terasa aja tau-tau pie nya udah selesai di dandanin dan siap buat masuk oven. Waaaah...pas di oven, serumah jadi wangiiii... sampe temen Papaku yang datang pun penasaran aku bikin apaan...hihihihihi....

Aku sendiri di antara semua apple pie, aku lebih suka American apple pie yang tebal dengan isi berlimpah. Standarku untuk apple pie simple aja : kulit mesti buttery dan flaky, sementara isi mesti moist and bubbly, aroma kayu manisnya, jelas gak bisa di tawar lagi. Di situlah letak istimewanya apple pie. Aku paling gak suka kalo di beri apple pie yang di bikin asal-asalan, apalagi kalo isinya kering, iiih...aku bisa off seketika. No thank you deh. Buatku, apple pie dengan isi yang kental dan wangi kayu manis yang "menyolok" bener-bener menggoda, apalagi kalo crustnya terasa butter nya....hum...sooo sooo good!

Waktu bang Riri sekolah di Australia, dia lebih sering makan chicken pie atau beef pot pie. So, waktu dia datang ke tempatku di Atlanta, awalnya dia gak mau makan apple pie, di paksa-paksa, tetap nolak. Baginya, pie harus di isi daging. Tapi akhirnya dia terpengaruh juga ngeliat aku selalu order apple pie, lama-lama dia jadi doyan. Apalagi kalo kita udah ke Johnny Rockets di mall dekat apartemen kita, wuiiiih....pokoknya gak afdhol kalo gak pesan apple pie a la mode nya, kebayang deh apple pie dengan es krim vanilla... pernah kita sampe di ingatkan sama waiternya kalo kita udah mesan banyaaak (cinta mati sama burger dan chilli fries dengan extra cheesenya), eeeeh...masih minta pie. Pas semua makanan ludes, waiternya sampe kagum dan nanya kenapa kita sampe lapar sekali...padahal, kitapun terpaksa duduk rada lama, kekenyangan...whoa ha ha ha ha


Untuk resep pie, aku suka banget sama resepnya Martha Stewart yang ada di websitenya Oprah Mulai dari kulitnya, sampe ke isinya, udah mantap sekalee. Bikinnya pun gampang banget. Tapi, jangan sampe ada detail yang kelihatan sepele sampe lupa di lakukan. Misalnya, jangan menguleni terlalu lama dan harus menyimpan dough kulit pie di kulkas minimal 1 jam sebelum di gunakan. Kalo gak, waaah...bakalan sulit kulit pienya buat di gilas dan harus pasrah sama kulit pie yang keras. Kalo itu di ikuti, di jamin dapat kulit pie yang lentur dan gampang buat di letakkan di loyang. Trus jangan lupa juga buat meletakkan potongan butter di dalam pie sebelum di tutup, ini pengaruh banget ke rasa dan aroma filling pie nantinya. Untuk fillingnya, karena aku suka pie yang manis sedikit asam, perasan lemonnya aku pake sedikit saja, hanya untuk mengcover apple supaya gak berubah warna. Gulanya aku tambah jadi 1 cup, dan aku pun gak pake tambahan bumbu lain selain kayu manis yang aku tambah porsinya. Yep, I love cinnamon and I am proud to show it in my pie...hihihihi... Apaaaa cobaaa!

Kalo bikin pie tutup begini, jangan lupa untuk melubangi bagian kulit atasnya supaya uapnya bisa keluar. Bisa dengan membuat sayatan di beberapa tempat, atau seperti caraku yang aku lubangi dengan cutter bunga mungil. Sisa pinggiran kulit pie jangan di buang, dengan kulit pie seenak resep tante Martha ini, sayang banget kalo di buang. Gilas aja lagi dan potong dengan cutter lucu. Tempel dengan kocokan telur, selain bikin pie jadi cantik dan unik (personalized bangeeet!) juga bermanfaat buat menutupi bagian-bagian yang kurang cantik...hihihihi... Jangan lupa juga untuk menunggu hingga benar-benar dingin sebelum di potong. Supaya fillingnya bisa set dulu, jadinya tetap cantik waktu di potong.


By the way,
Naluri berbagiku lagi tinggi nih *duileeee!*. Kebetulan di rumah kayu manis Kerinci masih banyak, aku mau share ke teman-teman yang baca blogku yang pengen nyobain juga. Don't worry, kayu manisnya aku minta koq sama Papa ku, jadi gak nilep...hihihi... caranya, mudah banget. Cukup tulis comment di bawah posting ini (di bagian comment posting ya, BUKAN di shout box), tempat wisata apa, yang mau di kunjungi seandainya berkesempatan untuk mengunjungi propinsi Jambi. Ingat ya, tempat wisata di Jambi, bukan berkunjung ke rumah Ortuku...nanti Papaku malah bingung...hahahahaha...

Bagi 10 orang yang menulis comment pertama, masing-masing aku kirimkan 25 gr kayu manisnya. Cukuplah untuk mencoba beberapa resep yang ber-cinnamon-ria. Eiiitsss...sekalian deh aku kirim juga 100 gr kopi Jambi supaya kuenya nanti ada temannya dan gak only the lonely. Jadi, jangan lupa, sertakan alamat email ya, supaya aku bisa contact buat alamat pengirimannya. O ya, aku cuma ngirim ke alamat di Indonesia ya, kalo ada yang tinggal di luar negeri, silahkan kirimkan alamat kemana cinnamonnya mau di kirimkan di Indonesia. Bisa bangkrut bayar ongkos kirim kalo mesti ngirim ke luar negeri...hehehehe...

Hampiiirrr lupa, ini resep apple pienya yaaa...




OLD-FASHIONED APPLE PIE
Martha Stewart
Oprah.com

Servings: Serves 10—12
Ingredients
Pâte Brisée
  • 2 1/2 cups all-purpose flour
  • 1 tsp. coarse salt
  • 1 tsp. sugar
  • 1 cup (2 sticks) unsalted butter , cut into pieces
  • 1/4 to 1/2 cup ice water
Pie
  • 2 Tbsp. all-purpose flour , plus more for dusting
  • 12 peeled, cored and sliced Granny Smith apples
  • 3/4 cup sugar (aku pake 1 cup) , plus additional for pie top
  • 1 lemon , zested and juiced (aku setengah lemon aja)
  • 1 1/2 tsp. ground cinnamon
  • 1/2 tsp. ground nutmeg (gak pake)
  • Pinch ground cloves (gak pake)
  • 2 Tbsp. unsalted butter
  • 1 large egg , beaten
Directions
To make pâte brisée: Combine flour, salt and sugar in the bowl of a food processor. Add butter and process for a few seconds until the mixture resembles coarse meal, about 10 seconds. Add ice water in a slow, steady stream, pouring it through the feed tube just until the dough holds together. Do not process for more than 30 seconds.

Turn dough out onto a work surface. Divide into 2 equal pieces, and place on 2 separate sheets of plastic wrap. Flatten, and form 2 disks. Wrap, and refrigerate at least 1 hour before using.

To make apple pie: Heat oven to 375°. On a lightly floured surface, roll out pâte brisée into two 1/8-inch circles to a diameter slightly larger than that of an 11-inch plate. Press one pastry circle into the pie plate. Place the other circle on waxed paper, and cover with plastic wrap. Chill all pastry until firm, about 30 minutes.

In a large bowl, combine apples, sugar, lemon zest and juice, spices and flour. Toss well. Spoon apples into pie pan. Dot with butter, and cover with remaining pastry circle. Cut several steam vents across top. Seal by crimping edges as desired. Brush with beaten egg, and sprinkle with additional sugar.

Bake until crust is brown and juices are bubbling, about 1 hour. Let cool on wire rack before serving.


30 comments:

Mayka said...

Dear Camelia,
Kbtln lg pngen belajar bikin apple pie nih secara anakku minta stlh nntn Cats n Dogs. Cm rada takut2 bikin kulitnya.. Kl beli jadi enak ga ya? Ditunggu kayu manisnya, wanginya udh nyampe sini...
Wish me luck ya! Thanks aniway!

Ita Triyunita said...

Mba Lia ... Horeeee aq yang comment pertama ... *joget2 kegirangan ... ;D ...***

Tau ga mba, aq punya temen yang keluarganya ada yang tinggal di Jambi dan belum lama dia mengunjungi keluarganya yang di Jambi jadi aq dapet oleh2 cerita tentang Liburan dia di Jambi ... yang banyak di isi dengan wisata kuliner ... apalagi klo bukan wiskul makan pempek sepuasnya,makan duren, dodol duren,dll

Jadi pengen banget wiskul kesana .. ;D
So Tempat yang aq pengen kunjungin klo ke Jambi selain ke Tanggo Rajo, aq juga pengen banget ngunjungi Danau sipin

Alamat e-mail ku : tri_ynt@yahoo.com
Oiya aq juga teman mba Lia di fb lho.. dg user name : ita triyunita

Tq mba Lia .. see you

Indri (room_2106@yahoo.com) said...

Mbaaa aku ikutan yaaah kontes cinnamon nyaa, hehehe sama nih aku jg penggila kayu manis soale, jd penasaran sama kayu manis dr jambi ^__^. Aku kl ada kesempatan ke jambi pengen ke danau kerinci...! Hihihi
Karena aku paliiiiiing doyan wisata air, jd kemana pun travellingnya, kl ada wisata air musti tuh diusahakan habis2an bwt visit hehehe
Anyhow, tfs resep apple pienya mbaa..
You're rite, filling apple pie kering itu a BIG NO NOOO. But u know what I think my best choice for apple pie? McD's apple pie! Hehehe

Diana said...

Salam kenal mbak Camelia....
Pucuk dicinta ulampun tiba. Dari kemarin2 aku tu pengen nyoba bikin apple pie, karna suamiku doyan banget ama pie yg satu ini. Thanks yach resepnya...
O,ya kalau ada kesempatan berwisata ke jambi, aku pengen berkunjung ke mesjid seribu tiang.

Alamat emailku :
cumitimut@gmail.com

Mama Abi said...

mba lia, aku jugaa pengen bikin pie, baru beli loyangnya dulu, browsing-browsing, pada pake tepung yang sudah jadi kebanyakan, enak apa ngg sih ?
semoga dapat kesempatan nih, nyicipin kayu manisnya n kopinya he..he..
email saya : desi_pl@yahoo.com
ada di FB mba juga, tq

Nie said...

Seneng bgt dech baca blog nya mba, resep nya simple jd suka sama dunia perbakingan btw mo ikutan yaaa, yg pasti setiap mba cerita ttg Jambi jd ikutan ngayal ngebayangin tempat yg mba ceritain di blog ini hehehehe, ttg wisata kulinernya jd pengen nyobain wisata kuliner di Jambi (promo berhasil :D) mudah 2x an msh kebagian cinnamon nya, mmhh yummy ngebayangin wangi pai nyampe sini :D

alamat e-mail :
dhefach_sa@yahoo.co.id

Elly said...

Woaaaaaaahhhhhhhhh ilang deh komenku...hikksss...

Aq pengen mampir ke desa Matagual buat ketemu ama Maedo Zaila buat belajar bikin kue2 tradisonal...

Hugs,
Elly

Shila said...

Salam kenal Mbak Lia, ngeces beneran liat apple pienya, jadi mau..
aku juga cinta banget sama yg berbau cinnamon, tp disini susah dapetinnya.
kalo ada kesempatan berkunjung ke jambi pengen banget liat danau kerinci & gunungnya yg indah & ga lupa jg wiskulnya yg katanya enak2.
kalo aku masuk yg bakalan dapetin kontes cinnamonnya (ngarep.com)alamat emailku : shila_nyai@yahoo.com.
thanx ya mbak..

Coklat Kurma said...

jambi ??
ke air terjun berasap, danau kerinci, sm candi muara jambi...sebelumnya ke rumah maedo zaila minta dibekelin bolu kering ;)

kim kim said...

Wah bikin ngeces lidah.....nom nom nom....thanks banget resepnya jeng Lia...

Kalo gw pengen ke candi apa yg di muara takus yah di Jambi...
tempat kerajaan sriwijaya dulu...hehehehe sekalian juga ke pasar Angso Duo...

lilas said...

Dear camelia,

salam kenal ya.. actually malu juga nie baru kasih comment kalo ada rewardnya, walaupun selama ini "no days without visiting your sweet blog", *honeesst* but it's ok, i have to move on demi ngungkapin how i want to see bukit khayangan and danau kerinci xoo badly. really wish in the very near future times bisa ke sana sambil bawa bekal apple pie versi resep camelia@home .

thank you lia, gbu and whole fam there..

regards,
lasutlita@yahoo.com

DiahDidi said...

Ma Lia..kalau gak ada food prosesor..di aduk pakai garpu atau spatula bisa gakbikin kulit pienya..( cara biasa yang sering ku buat )..pengen coba resep yang di share ma Mba Lia ini..kayaknya enak..masih bisa kebagian gak yach kayu manis Jambinya..hihi..sambil ngayal..kalau ke Jambi pengen ke Bukit Dua belas sama Muara Jambi nya..^_^......

Camelia said...

Hai hai hai *hugs hugs*

Makasih ya buat commentnya, pokoknya semua yang comment sebelum commentku ini, Insya Allah aku kirimin Jambi Goodiesnya...hihihihi..

@ Mayka : Kalo beli jadi bisa saja enak, aku gak pernah sih beli jadi, jadi penasaran. By the way, emailnya apa ya?

@ Ita : Taelaaa...ya taulah kalau dikau ada di FB ku...hihhihi...

@ Indri : Beneeeerrr....aku suka banget apple pie McD, mirip strudel ya, kulitnya renyaaah banget...*pengen*

@ Diana : Ayo bikin, bisa di costumize lho fillingnya, bisa lebih manis, bisa asam, bisa manis aagak asam, bisa asam dikit manisnya banyak...ahahahaha...

@ Desi : Ada tepung udah jadinya ya?? wah baru denger, ntar kalo nyoba pake tepung itu, kabari aku ya...

@ Nie : Makasih ya, aku juga suka baking gara-gara sering ikutan milis dan baca blog teman-teman, padahal, dulu aku ke dapur aja maleeeezzz...hihihihi

@ Mom Elly : Asal pas nyampe ke Matagual gak milih tiduran aja mom, kayak aku...hihihihi

@ Shila : Iya, aroma cinnamon itu wanginya unforgettable ya, sweeet banget.

@ Ine : Hihihihi...sampe sekarang, bolu kering buatan ku gak bisa sama sama buatan maedo ku tuh...whoaaa...

@ Kim kim : Almarhumah Ibuku tuh dulu doyan banget ke Angso Duo, kalo aku, nyerah deh, gak kuat tantangannya, rame banget...hehehhee

@ Lilas : Aku udah pernah lho ke bukit khayangan, katanya, (katanya nih yaaa..) kalo ke sana sama pacar, dan dia ternyata gak cocok buat kita, bisa putus lho...hehehe...again, ini katanya...whoa ha ha ha

@ Diah : Bisa banget, aku kemaren bikinnya pake garpu makan aja, secara pastry blenderku di Jakarta...maklum, masih nomaden, harus memanfaatkan apa yang ada aja kalo hasrat baking lagi tinggi...hahahahaha

Anonymous said...

hai mba Lia :) msih masuk ga ya, telat, baru liat posting ini :( mudah2an msih bs dipertimbangkan yaa buat dapet Cinnamonnya *Ngarep BGT*
sempet tinggal di Jambi slama 6taun, dan udah smpet kuliner dan jalan2 ke banyak tempat wisata di Jambi, tp selama itu ada 2 tempat yg blom bisa dikunjungi malah keburu pindah, aku pengen bgt pergi ke candi Muara takus ma ke Kerinci, mau liat Danaunya ma Gunungnya, dan ga lupa makan Mie Celor sepuas-puasnyaaaa heheeeee

just in case *siapa tau hehee*
emailku: sh1nt4_99@yahoo.com

Camelia said...

@ Shinta : hihihihi...kita beda 1 menit doang, iya deh, nanti aku kirimi yaa...

So, Shinta jadi juru kunci acara bagi-baginya.

Makasih ya semua, jadi senang deh, bikin beginian, ntar kalo ada yg unik, aku bagi-bagi lagi yaaa...

*big big hugs*

lilas said...

alhamdulillah.. thank u lia.. dats very generous of u.. kalo memang rejeki dapet jambi goodie bag- kopinya aku mau kasih mamaku.. o ya lia suka masakan pedes gak, mamaku suka masak makanan manado secara papaku orang manado, kalo suka nanti kapan2 aku kirimin ya.. ok lia waiting for your kind email asking my home address.. heheh..

~Jessica Daniel~ said...

Mbak Lia.... membuat saya ngiler aja nih mau buat apple pie lagi. Selama ini saya buat apple pie dengan menggunakan stuff crust, jadi gampang. Hehehe :p Sekarang mau coba ah yang pakai kulit buatan sendiri. Sebenarnya cuma alasan malas saja. Saya juga suka kalau kayu manisnya banyak, jadi wangi sekali. Juga untuk cara memakannya, teman saya bilang bahwa dimakan dengan Ice Cream Vanilla, memang enak loh b^^

diahdidi said...

Wah asyik..dapet juga cinamonnnya..hihi..jangan lupa emailku ya Mba: diahdidi1976@yahoo.com..ntar kalau lupa ku ingetin di milis NCC lo..hihi..( masih ABG..tapi..secret admire Mba Lia di milis..hihi...)

Camelia said...

@ Diah : Emang kenapa kalo di ingatin lewat milis?

Camelia said...

@ kim kim : Aku kesulitan dapat emailnya, udah ke blog tetap gak bisa karena aku gak pake outlook. Kabari ya emailnya

kim kim said...

Hi Jeng...sorry..gw lupa cantumin alamat email gw...kim_balkon52@yahoo.com

Thanks a bunch...muuuuuahhhhh*****
sekalian mau cobain ah apple pie nya...makyussss

kim kim said...

Wakksss...udh 2 kali post comment kok gk masuk yah....

Hi Jeng,..ini alamat email gw
kim_balkon52@yahoo.com or chefalakim@gmail.com

Thanks a bunch for the gifts...luv you...******

lagi pengen coba apple pie...salam makyusss

Anonymous said...

Hiks, aku udah telat nih kasih comment...Mbak Lia, kayaknya bakat bgt jd penulis nih, blognya enak dibaca,cerita- ceritanya bikin orang terhanyut, aku jd pengen cobain resep2 yg ada disini. Btw utk apple pie, apelnya harus granny smith , bukanya asem bgt ya apel itu? Kalo pake apel fuji cocok gak ya? Soalnya yg ada dirumah apel itu.

Salam, dyah yogaswara. www.dapurdyah.blogspot.com

nindita said...

Halo Camelia, salam kenal ya, mau ikutan nimbrung. Saya suka sekali baca blognya, cerita2nya dan resep2nya juga, suka deh pokoknya. :)

Diah didi said...

Cuma becanda kok Mba..^_^..

Camelia said...

@ Dyah : Iya, granny smith asam. Kalo menurutku, granny smith itu menang di teksturenya setelah di oven, tetap crunchy, tapi ya itu, asem. Makanya kalo pake ganny aku lemonnya dikiiiit banget (kadang malah gak pake). Pernah bikin pake fuji, enak juga koq.


@ Nindita : Makasih ya :-)

@ Diah didi : Sama, aku juga bercanda koq..hehehe

lilas said...

liaa.. thanks a lot ya kirimannya udah dateng, aku sie belom liat karena lagi di kantor, barusan anakku kasih tau katanya kopinya udah dateng, duh cant wait to smell kayu manis kerincinya... tinggal ke gunungnya nie kapan ya.. kalo ke bukit khayangan gak jadi deh.. takut ama mitosnya.. heheh.. again thank u yah lia.. sering2 ya ngadain games gini...

Nie said...

Mba Lia kirimannya dah nyampe mksh ya, udh ga sabar nyoba bkn apple pie kebetulan bsk libur, anak ku nagih mulu kpn ibunya mo bkn apple pie hehehehe

Candi Muara Takus Objek Wisata Andalan Riau said...

bagus, cagar budaya yang wajib dilestarikan.....

Kekek Apriana DH said...

aku mau bikin ah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers