Search This Blog

Sunday, December 27, 2009

Mini Japanese Cheesecakes

Bikin mini cheesecakes ini sebenarnya gak ada rencana sebelumnya. Tapi memang sudah niat hari ini harus bikin something supaya kulkas gak sempit gara-gara nyetok bahan kue maupun masakkan. Setelah aku ingat-ingat, dikulkas masih ada sisa whip cream dan cream cheese. Hum...buka resep cheesecake Yasa boga, akhirnya, aku milih bikin Japanese cheesecake aja. Gak ada pilihan lain, soale bahan yang ada dan cukup ya cuma buat JCC ini. Cream cheesenya cuma 1 (250gr), padahal pengen banget nyoba yang lain. Well...gak pa pa deh, yang penting bahan-bahan abis dan kulkas bisa "bernafas lega"...hehehehe...

Dulu aku pernah bikin JCC, tapi udah lama banget. Itu termasik postingan awal di blog ini, waktu pertama-pertama belajar baking. Geli deh kalo ingat masa itu. Belajar baking cuma untuk menghibur diri aja karena kangen berat sama Ibuku. Dulu beliau sering banget ngajakin aku ke dapur buat belajar masak atau bikin kue, tapi aku males banget. Jawabannya selalu "no way", setelah Ibu pergi, aku malah milih belajar baking supaya Ibuku senang. Mulai borong buku resep (bener-bener borong!) sampe beli bahan kue yang gak begitu ngerti buat apaan. Kayak orang kalap aja...hahahaha... trus ikutan milis, mulai deh ngerti dikit-dikit. Jadi tau toko bahan kue, peralatan baking dan dapat resep-resep asik yang kadang gak ada di buku resep. Eeeehh...sekarang malah ketagihan tuh bikin-bikin. Kalo Ibuku masih ada, mungkin dia senyam-senyum sambil bilang "Ibu bilang jugo apoooo..."...hehehehe...

Anyway...
Selesai bikin adonannya, aku jadi ingat sama loyang JCC mini yang aku order online beberapa waktu lalu. Udah saatnya di gunakan tuh. Aku suka deh sama loyangnya, bahannya tebal, jadi agak berat dan tanpa sambungan. Keliatan professional laaah....*aiiih, segitunya itu loyang!". Aku jadi pengen nyobain bikin JCC dengan topping macem-macem seperti teman-teman milis lainnya. Biasanya cuma bisa ngiler doang kalo ada yang posting. Kebetulan di rumah juga masih ada keju, selai strawberry dan blueberry. Kalo dulu cuma dioles sama selai nanas doang, kali ini lebih di niatkan buat dihias dengan whip cream.

Ternyata, aku memang lebih suka JCC-nya pake topping selai buat (atau kalo ada buah nya lebih cantik dan enak lagi yaaa...). Kalo pake parutan keju dengan whip cream, duh..rasanya jadi rada "too much". Kebetulan si Mas dateng pas aku lagi manggang cheesecake, dia malah suka polos aja, gak dikasih apa-apa diatasnya. Katanya suka sama rasa lemon-nya . So, kayaknya kalo urusan topping kembali ke selera masing-masing. Apalagi JCC ini rasanya ringan banget, jadi emang pas di padukan dengan apa aja. O ya, menurutku yang perlu diperhatikan waktu pembuatan JCC ini yaitu pengadukan. Saat adonan creamcheese, dicampur tepung dan telur, pengadukan boleh menggunakan mixer speed rendah supaya benar-benar rata dan halus (gak gerindilan). Tapi pas mencampur adonan tepung tersebut dengan adonan putih telur, diaduk balik dengan spatula hingga benar-benar rata. Kalo pake mikser atau salah pengadukkan, adonan bablas turun dengan suksesnya.

Ini resepnya, aku posting lagiii...


Japanese Cheesecake
Dari buku "35 Variasi Resep-Resep Cheesecake" (cheesecake a la Jepang)
by. Yasa Boga


Campur & Ayak :

50 gr tepung terigu serbaguna
50 gr tepung maizena

Bahan :

60 gr mentega tawar (aku pake mentega salted)
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruangan
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 btr telur
2 sdt kuning jeruk lemon parut
5 putih telur
1/8 sdt garam (aku gak pake)
125 ml gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

Topping :

2 sdm selai apricot
2 sdm air

  • Siapkan loyang, alasi kertas roti, olesi mentega, pasang oven 150 C.
  • Campurkan mentega, creamcheese, dan whip cream dalam wadah, didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
  • Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata (aku mixer pake speerd rendah), sisihkan.
  • Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
  • Tuang 1/3 adonan putih telur kedalam adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata (aduk balik yaa..). Tuang adonan ini ke loyang, panggang dengan cara au bain marie lk. 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
  • Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.
PS : Kalo pake loyang mini JCC punyaku dapat 10 mini cheesecakes.

1 comment:

Anonymous said...

mba lia....enak bgt neh,telat sih ngeliatnya btw masih inget order cetakannya dimana blh dikasih tau mba..tengkyu

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers