Search This Blog

Monday, August 11, 2008

Japanese Cheese Cake

Udah lama banget pengen bikin Japanese cheesecake ini, cuma penasaran aja, kalo di bilang suka sih, gak juga… dulu waktu masih kuliah, pernah beli JCC ini di Plaza Senayan, waktu ada counter JCC baru buka, tapi ternyata aku gak suka tuh, pernah juga beli di Eaton, sama aja, tetep gak doyan…soalnya udah biasa sama American cheese cake yang emang rasanya lebih “kenceng” di bandingkan JCC ini…

Tapi sejak ikutan milis NCC (tempat ngumpul seru bagi yang suka ke dapur…), semua pada heboh ngomongin si JCC ini, apa lagi liat blog anggota milis yang lain, JCCnya di hias pake potongan buah dan di beri glaze…duuuh, cantiknya! Maka gak sabar lagi, harus nyoba bikin!

Pertama, ya di baca dulu masalah yang sering timbul, mulai dari, retak sampe kempes total. Tumben deh, biasanya aku langsung hajar aja, dari buku resep langsung aja start… nah, ada sebabnya nih, katanya, cara membuat JCC hampir sama seperti cotton cake, itu sebabnya. Kenapa? Karena aku pernah bikin cotton cake, gagal total, malah jadi rubber cake. Cotton cake yang gagal itu, aku lihatin ke mba’ Fat (suhunya NCC) waktu ikutan kursus fondant di Matraman, buat nanya salahnya dimana…. Alhamdulillah, gak di ketawain sama mba’ Fat, tapi malah ikutan mikir kenapa bisa kayak karet gitu…hahahaha…. Duh, baiknya dikau…

Akhirnya, JCC ku kali ini berhasil juga, tidak retak dan hanya kempes dikit setelah dingin (katanya masih normal tuh), dan rasanya….??? Eunakkkk buangeet… lembut dan sepertinya melt-in-your-mouth gitu, benar-benar membelai lidah… aku malah jadi doyan, manisnya dan aroma lemonnya sayup-sayup di belakang, dan selai nanas yang menambah rasa dengan sempurna… YUUUMM!!

O ya, untuk selainya, di resep di tulis pake selai apricot, tapi aku gak punya, ya udah, pake selai nanas aja. Sepertinya, pake selai apapun enak, tergantung selera. Untuk kejunya, aku pake creamcheese-nya YUMMY™, sempet tergoda pengen beli creamcheese import. Tapiiii… aku pilih yang produk lokal aja… toh rasanya gak kalah tuh sama yang bikinan luar, hemat dan membantu pengusaha Indonesia!...bikin bangga kan? pokoknya made and produced in Indonesia… HIDUP PRODUK INDONESIA!!!

Ini resep yang aku pake dari Yasaboga

Japanese Cheese Cake

Bahan :
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, suhu ruang
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 btr telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

Campur dan ayak :
50 gr terigu serbaguna
50 gr tepung maizena

Topping :
2 sdm selai apricot
2 sdm air

Caranya :

1. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 ˚C
2. Campurkan mentega, creamcheese dan whipcream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 btr telur, aduk rata, masukkan kulit lemon, aduk rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit-sedikit sambil terus di kocok sampai terbentuk kerucut tumpul (soft peak).
5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan creamcheese, aduk rata. Tuang campuran adonan ini ke loyang. Panggang dengan au bain marrie +- 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan, keluarkan dari oven.
6. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air. Oleskan ke permukaan cheesecake.



Notes :
1. Mestinya memang pake kertas roti, tapi aku kelewat males nge-gunting…(dasar!) jadi, loyangnya aku oles mentega dan di taburi tepung tipis aja. Hasilnya, cheesecake tetap mudah di keluarkan.

2. Karena takut gagal lagi, mentega, creamcheese dan whip creamnya, aku cairkan dengan cara di tim aja.

3. Walaupun di resep di tulis 75 menit, karena ovennya lain-lain, aku justru buth waktu hampir 1 jam 45 menit! Suhunya sengaja gak aku naikin, takut retak, jadi sabar aja.

4. Loyangnya, aku pake yang tanpa sambungan (karena akan dimasukkan ke air nantinya) biar gak nembus dan airnya gak masuk ke dalam loyang. Kalau gak ada, jangan lupa di lapisi almunium foil dulu.



"Just like cotton, this cheesecake is so soft...."


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers