Search This Blog

Loading...

Thursday, August 7, 2008

Philippines Mamon Cake

Mungkin karena terlalu sebentar di Philipina, aku jadi obsesi sama cemilan maupun makanan dari sana. Belum lagi aku emang doyan banget sama Polvoron-nya yang di buat cuma dari campuran susu bubuk, gula, dan tepung. Tapi rasanya pengen bikin sesuatu yang dari Philipina, yang bisa di bikin sendiri.

Ketika lagi jalan ke Gramedia, ketemu deh buku resep kue Mamon, yang katanya dari Philipina. Bukunya di tulis oleh chef Indonesia koq, Koko Hidayat.

Bahannya mudah di dapat, kebetulan ada semua nih di dapur, siiiip...bisa langsung di coba. Gak perlu pake acara ke supermarket segala, soalnya kalo ke supermarket, suka laper mata, jadi beli yang gak perlu, kuenya jadi mahal deeh....hehehe....Walaupun keliatannya simple, aduuhhh...koq mesti pake adonan hangat dan au bain marie siiiichh.... masih trauma nih! Tapi, ya sud lah..maju teruuusss....

Ternyata, tidak sesulit yang aku duga. Belajar dari bikin cotton cake yang gagal total, kali ini susunya cukup asal hangat aja. Biar lebih terkontrol, aku tim aja kayak ngetim coklat. Hasilnya?? MEMUASKAN!! rasanya enak, lembuuuttt banget... dan sampe keesokan harinya pun tetap lembut tuhhh... kayak makan awan... *sok dramatis ih!*

Dibukunya ada macam-macam variasi, walaupun pada dasarnya sama, ada strawberry, chocolate, abon, smoke beef dan yang mau aku coba lagi, Ube...atau talas ungu...kayaknya menarik tuh...

Ini resepnya

LEMON CHEESE MAMON
By Koko Hidayat

Bahan :

A.
90 gr margarine/mentega
125 gr terigu

B.
110 ml susu cair hangat
2 btr telur
8 btr kuning telur
1 sdt essence lemon

C.
230 gr putih telur
1/2 sdt cream of tartar
175 gr gula pasir

D.
150 gr keju cheddar parut, untuk taburan

Caranya :

1. Buat adonan A: Cairkan mentega/butter, masukkan terigu, aduk rata.
2. Campur semua bahan B, lalu masukkan kedalam adonan A, aduk hingga rata.
3. Kocok bahan C dengan kecepatan sedang hingga mengembang dan kaku, lalu masukkan kedalam campuran adonan A dan B, aduk lagi hingga rata.
4. Siapkan 12 buah cetakan bulat diameter 10 cm yang sudah di beri margarine dan di taburi terigu, tuang adonan mamon, taburi atasnya dengan keju parut.
5. Siapkan loyang persegi panjang yang sudah diberi air hangat secukupnya, lalu tempatkan loyang yang sudah di isi adonan mamon.
6. Panggang selama +- 30 menit dengan panas oven 180˚C




"I love this little individual cake molds, much more use than regular muffin pan..."


"Serve with papercups....pretty...."

1 comment:

wiwik wahyudi said...

Mbak boleh tanya,
Margarin/mentega cairnya dalam keadaan apa saat tepung dimasukkan.
Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...