Search This Blog

Tuesday, March 23, 2021

Mamon Cake

             

Duluuuuu  banget, aku udah pernah bikin dan posting Mamon Cake disini. Setelah pertama bikin itu, aku lumayan sering bikin. Suka banget deh lihat cake gembul-gembul, lembut dan seratnya haluuss.... Saat itu aku masih blom nikah, jadi bikinnya buat dimakan sendiri...hehehe... tapi seingatku dulu aku sempat membayangkan kalau punya anak nanti, pasti suka sama Mamon Cake ini, karena lembut dan bentuknya lumayan lucu. Tapi ntah mengapa, sejak menikah dan punya anak, aku justru gak pernah bikin lagi. Jadi ya anak-anakku baru nyoba kemarin dan sesuai prakiraanku dulu, mereka langsung suka. Cuma Eijaz yang protes karena dia gak suka warna pink, buat Eijaz, warna pink itu untuk anak perempuan. Dia sampe ke dapur ngambil pewarna makanan yang warna biru dan ngasih ke aku sambil bilang "Besok bikinin buat Eijaz yang biru, Ma!!!"...hehehehe... 

Anyway, bikin mamon cake ini gak susah-susah amat. Kalo gak salah dulu itu aku langsung berhasil pas percobaan pertama. Kalau pernah bikin Japanese Cheese Cake (yang saat itu lagi hits banget) atau cotton cake, pillow cake...gak akan ada masalah saat bikin resep Mamon Cake ini. Cara dan metodenya hampir sama saja. Resep ini aku dapat dari bukunya Koko Hidayat yang aku punya. Jadi aku belum pernah coba resep Mamon Cake dengan metode lain. Walaupun isi bukunya mamon cake semua dengan aneka rasa, aku cuma pake yang Lemon Cheese Mamon ini saja. Karena menurutku sudah cukup dan fleksibel untuk digonta-ganti rasanya. Kemarin aku pake perasa pisang dan aku beri warna pink...(btw, aku jadi tau rasa es doger abang-abang berasal dari mana...hahahaha). 

Eh, berapa banyak sih diantara kita yang masih suka beli dan baca buku resep??? rasanya kegiatan itu udah vintage banget yaa...apalagi sampe pinjam buku resep teman segala...hihihi... Kalo dulu aku sampe bela-belain beli buku baking luar negeri sampe order lama, sekarang aku beli buku resep malah udah jarang banget, baca-baca buku resep juga gitu. Lebih sering buka hp karena lebih cepat aja. Tapi koleksi buku-buku resepku masih lumayan lengkap, kadang-kadang aja aku buka-buka, itupun biasanya buku resep yang itu-itu ajaaa....

Sooo...

Untuk membuat cake ini, karena akan di steam-bake, loyang tanpa sambungan mutlak dibutuhkan. Diresep disarankan memakai loyang mini cake dengan diameter 10 cm. Dulu aku punya, tapi loyang biasa, jadi mesti dialas almunium foil. Trus aku juga pernah pesan online loyang tanpa sambungan ukuran segitu, tapi ketinggian dan beberapa malah penyok dalam pengiriman. Jadi kemarin aku pake loyang Japanese cheesecake mini. Aku suka banget deh sama loyang JCC mini ku ini. Karena tebal dan terbuat dari stainless. Terasa kokoh setiap loyangnya. Walaupun aku makenya cuma sekali waktu bikin Japanese cheesecake dulu. Padahal pas beli menggebu-gebu banget. Gak tanggun-tanggung, langsung 30 biji! whoaaaa.... tapi aku senang banget akhirnya kemaren kepake lagi. Sempat dielus-elus sayang dulu...hihihihi... duileee segitunya sama loyang.... yoi, soalnya dulu beli loyang mesti niat, mesti hunting, rela nungguin... kalo sekarang mah, tinggal beli offline atau online sama-sama gak sulit. Nah, pake loyang mini ini, bakalan dapat sekitar 15 biji Mamon cake yang ukurannya udah pas.


Selain itu untuk alas bawahnya juga harus yang tanpa sambungan atau pastikan bebas bocor karena akan menampung airnya. Pake loyang apa saja yang lebih besar. Kalo aku kebetulan punya loyang cookies ukuran 60 x 40 yang tanpa sambungan, jadi semua bisa masuk sekalian. Untuk pemanggangan, seperti biasa tergantung oven masing-masing. Diresep dibilang 30 menit, tapi untuk standing oven ku yang hanya mengandalkan api bawah, bisa sampai 45 menit. Beberapa mamon cake ku kemarin aku beri taburan sprinkles bintang diatasnya. Gak semua aku taburi karena aku masih belum yakin sprinklesnya gak tenggelam kedalam adonan, jadi sisanya aku biarkan polos. Ternyata sprinklesnya gak tenggelam. Malah bikin cakenya jadi imut banget. Big hits buat Kakak Ava, putriku yang girly banget.

 O iya, aku juga pakai pewarna makanan bubuk merk Cross... akhir-akhir ini aku lebih suka pake pewarna bubuk dari pada gel. Maklum, aku biasanya pake pewarna hanya untuk bikin macaron. Nah, pewarna bubuk ini kalo dipake untuk macaron, warnanya nyata, dikit aja udah cukup. Karena bentuknya bubuk, juga gak menganggu adonan. Baru kali ini aku coba pake untuk cake dan ternyata setelah dipanggang warna cakenya tetap cantik.... btw, ini bukan iklan lho ya. Gak diendorse sama Cross...cuma ngasih tau aja...hehehehehe....


Pfffhhh...

Udah panjang deh ceritanya. Ini nih yang bikin kangen ngeblog, bisa cerita apa aja, walaupun yang baca mungkin udah pingsan saking bosennya...hehehehe.... ini resepnya aku share lagi dibawah. Yang perlu diperhatikan adalah saat pengadukan, arus benar-benar rata. Pengadukan pertama saat mencampur adonan mentega+tepung kedalam campuran telur+susu. Cukup diaduk berlahan (kita gak mau adonannya berbusa atau mengembang) hingga adonan smooth atau licin merata. Lalu mencampur adonan tadi dengan putih telur. Gunakan sistim aduk balik dan pastikan betul-betul tercampur semua. Pastikan tidak ada putih telur yang masih terlihat dan tidak ada adonan yang masih dibawah baskom yang belum teraduk. Terakhir, pastikan semua bahan sudah disiapkan sebelum memulai karena adonannya tipe yang tidak bisa menunggu lama. Kalau semua dilakukan, insya Allah cakenya berhasil koq.

Met nyobain yaa...



LEMON CHEESE MAMON
by Koko Hidayat

Bahan :

A.
90 gr margarine/mentega
125 gr terigu

B. 
120 ml susu cair hangat
2 btr telur
8 btr kuning telur
1 sdt essence lemon (aku ganti dengan essence pisang)
 
C. 
230 gr putih telur 
1/2 sdt cream of tartar (aku ganti air jeruk nipis)
175 gr gula pasir

D.
150 gr keju cheddar parut untuk taburan (aku ganti sprinkles)

Caranya :

  • Buat adonan A : Cairkan mentega/margarin, masukkan terigu. Aduk rata.
  • Campur semua bahan B, lalu masukkan kedalam adonan A. Aduk hingga rata.
  • Kocok bahan C dengan kecepatan sedang hingga mengembang dan kaku. Lalu masukkan kedalam campuran adonan A dan B. Aduk lagi hingga rata.
  • Siapkan 12 buah cetakan bulat diameter 10 cm yang sudah dioles margarine dan ditaburi terigu. Tuang adonan mamon, taburi atasnya dengan keju parut.
  • Siapkan loyang persegi panjang yang sudah diberi air hangat secukupnya. lalu tempatkan loyang yang berisi adonan mamon.
  • Panggang selama lk.30 menit dengan panas 180C




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers