Search This Blog

Loading...

Friday, May 7, 2010

Jelly Roll Cake

Kali ini mau posting resep bolu gulung *lagi*. Aku bikinnya sih hari Rabu lalu. Padahal ceritanya mau di bikin Selasa, biar bisa pamer sama sanak keluarga yang rapat panitia di rumah, tapiii...biasaaa... di tunda melulu. Pagi di tunda siang, siang ditunda sore...eh malam tamu udah berdatangan. Tapi bagus juga gak jadi, lha kalo bikin paling satu gulung, sanak keluarga yang di undang lebih dari seratus orang...hahahahaha... Tapi senang deh, rapat panitanya berjalan lancar, semua keluarga besar antusias walaupun seragamnya kurang...biasa, kadang adaaaa aja yang lupa namanya di masukkan ke daftar...hehehehe... no problem, pokoke ntar di tambah yaaa... biar semua kebagian seragam...iiih, koq malah ngomongin seragam...hihihihi...kena wedding syndrome nih...

Anyway,
Aku emang milih resep ini dari Paula Deen. Abisnya aku suka banget sama dia. Dia tipikal ibu-ibu yang baik hati tuh. Sayang sama anak-anaknya dan selalu senyum. Aku "jatuh hati" pertama kali sama Paula Deen waktu lihat dia di acaranya Oprah, personality-nya yang bikin orang langsung ngerasa connected sama dia. Hangat dan menyenangkan. Dia lucu deh waktu di tanya Oprah soal resep-resepnya yang banyak pake bahan-bahan full lemak, katanya "Sayakan tukang masak kamu, bukan dokter"...hehehehe... mantap kaaan??? di tambah southern accent nya yang bikin gregetan, mantap deh bu Paula jadi salah satu pembawa acara masak kesukaanku.So, gara-gara sukses sama bolu gulung ekonomis beberapa waktu lalu, aku jadi ketagihan bikin bolu yang di gulung (disamping daku ogah rugi udah bela-belain beli loyang *medit.com*..hihihi). Aku hepi banget ketemu resep Jelly roll cake ini. Hum...kebetulan si Dea juga libur 3 hari (anak kelas 6 pada UAN tuuh...good luck kids!), dia jadi asistenku bikin jelly roll, jadi tukang memasukkan tepung dan lainnya...udah ahli tuh dia..hehehehe... Kali ini kita pake selai strawberry aja (si dea paginya bela-belain beli selai morin). Tapi pas di gulung, dia malah minta bagian gak pake selai, oke deeeh, seperempatnya gak di olesi selai, polos aja, dan ternyata emang langsung ludes dihabisin Dea.

Jelly roll cake ini bikinnya rada beda. Semula aku persimis, soale kuning telurnya setelah di kocok dan di masukkan gula dan tepung, jadi kentaaaaaal banget. Seperti gak proposional gitu. Tapi langsung lega setelah di masukkin putih telur, adonan menjadi ringan banget. Seperti sponge cake gitu. Gak perlu pake mentega segala, udah ringan. Naaah, pas ngegulungnya unik, kertas rotinya di taburi gula dulu, jadi setelah digulung, gulanya nempel (beberapa ada yang runtuh juga siih) di bagian kulitnya. Hasilnya gak se-moist bolu gulung ala Indonesia. Rada kering gitu (apa lagi kalo dibiarkan kena angin, tambah kering) tapi aku suka rasanya. Mungkin next time, aku pake isi whipped cream dan potongan-potongan buah, pasti lebih segar. Nah, yang jadi masalah, rasa manisnya. Padahal aku cuma pake 1/2 cup gula, tetep aja kemanisan. Mungkin karena resep Amerika ya, terlalu manis buat selera kita. Padahal di sononya malah di tambah taburan gula halus sebelum di sajikan. Soo... kalo aku nyobain lagi, gulanya definietly aku kurangi rada banyak.

Setelah cake di potong, aku ajak Dea ke depan rumah buat di foto...dia semangat banget cari property buat nambah atribut fotonya. Dia sendiri milih pajangan kristal punya almarhumah Neneknya (Ibuku) dulu, dan bela-belain jadi tukang pegang...hehehehe...Jepreeetsss!! yang megang dapat jatah mejeng di blog bibi Lia...hihihihi...

Ini resepnya yaaa...



Old South Jelly Roll Cake

by. Paula Deen


Ingredients:

3/4 cake flour, sifted
1 tablespoon vanilla
3/4 cup sugar
4 eggs, separated
3/4 teaspoon baking powder
1/4 teaspoon salt

Garnish:
Confectioner’s sugar for dusting, sifted
1 cup jam or jelly, stirred well
whipped cream

Directions

Preheat oven to 400 degrees.

In a small bowl beat egg whites until stiff but not dry and set aside. In another bowl, beat the egg yolks until light. Gradually add the sugar and vanilla, and mix well.

Sift together the flour, baking powder, and salt. Add the sifted flour mixture to the egg yolk mixture. Fold in the egg whites into the egg mixture and pour the batter into a 15x10x1-inch jelly roll pan lined with wax paper.

Bake for 8 to 10 minutes or until cake is golden.

Loosen edges of cake, invert cake onto a towel dusted with confectioners sugar. Gently peel wax paper off cake. Trim 1/4-inch of hard crust off each long side of the jelly roll cake. Begin with the narrow side and roll the cake and towel up together. Cool cake on rack seam side down for 10 to 15 minutes.

Once cake has cooled, gently unroll and spread cake with jam or jelly and re-roll. Sprinkle with confectioner’s sugar or cover with whipped cream.

2 comments:

Keluarga Cinta said...

Jadi....my dearest friend ini mau walk down the aisle dalam waktu dekat?

Wow...congrats,Lia, so happy to hear that semoga berjodoh sampai death do you apart ya....

Hugs & kisses from Keluarga Cinta !

Camelia said...

Makasih mba' Hanna... Doain yaaa..
Insya Allah, bulan July di Jambi. Kalo sempat, mampir ya... Mulai sibuk ngurusin hal yg kecil-kecil tapi bikin ribet niiih...hihihihi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...