Search This Blog

Loading...

Tuesday, June 1, 2010

Lemon Posset and Cardamom Shortbread

Aku lagi ada hobi baru nih... sukaaaa banget ngeliat video masak online (dasar kupeeerr!! hihihihi). Senang deh bisa dapat resep dan ngeliat langsung pembuatannya.... hum..rasanya jadi lebih yakin gitu..hehehe... Nah, beberapa hari ini, aku suka main ke website carnation-uk di sana lumayan banyak pudcasts-nya. Loadingnya cepat dan resepnya rata-rata simple tapi keliatan yummmmyyyy banget! aku naksir berat waktu ngeliat video Lemon Posset, gak tau karena chefnya ganteng *ehem* atau karena emang aku lagi lapar aja, keliatannya mengundang sekaleee... apa lagi cara bikinnya gampang banget dan bahan-bahannya ada semua di kulkas. Lumayanlah, buat nyicil ngabisin barang-barang. Udah janji sama si Mas gak bakalan ngisi kulkas sampe penuh. Soale waktu itu, dia bela-belain banget dorong-dorong kulkas keluar dan ngebersihin sampe bener-bener bersih... setelah itu, besoknya dia gak nongol lagi ke rumah, kecapean...hahahaha... so, makin cepat habis isinya, makin baik.

Tapi tetap tadi pagi minta pak Di ke warung beli susu kental manis. Iiiihh...kangen banget deh sama susu ini. Sejak ada susu UHT ukuran jumbo dan banyak minuman berbasis susu lainnya yang enak-enak, susu jenis ini jadi terlupakan. Dulu waktu kecil, kalo maen ke rumah teman selalu ada susu kaleng ini (waktu kecil dulu, aku bilangnya susu kaleng), termasuk juga di rumahku. Aku dulu tau banget bikinnya, dengan takaran yang gak pernah salah (cukup sekitar 1 cm dari dasar gelas, gelas apapun itu...hehehe) pake air es dalam botol soale blom ada dispenser...hehehehe....aduk-aduk....waaaahhh, rasanya bikin hepiiiiii banget!

Soooo...
Pilihanku jatuh sama resep lemon posset ini, bahannya gampang banget, simple dan bisa dibuat tanpa alat apa pun. Trus, ada shortbread-nya juga, salah satu resep kue yang mau aku coba dari dulu-dulu tapi gak jadi. Aku suka banget sama shortbread sejak tinggal di asrama waktu jaman kuliah di UK dulu. Awalnya karena suka sama kemasannya yang keliatan Inggris banget dengan motif tartan kotak-kotak. Tapi lama-lama suka sendiri, selain murah, emang enak juga. Beberapa kali mau beli di supermarket yang jual barang-barang import, tapi selalu gak jadi, abisnya, mahal banget siiih....ujung-ujungnya malah beli yang lain-lain...*sama aja ya!*...hehehehe... Ternyata, bikin shortbread sendiri mudah banget. Aku tadi malah gak pake mikser sama sekali seperti chef yang di video itu. Hasilnya???? enak dan renyah!

Aku mulai dengan bikin shortbreadnya dulu, soale lebih lama di banding lemon posset yang tinggal campur-campur aja. Sempat punya niat ngilangin kapulaga-nya, soalnya aku biasanya beli shortbread yang biasa aja. Tapi, karena aku juga punya kapulaga hijau, ya udah deh, sekalian di pake aja, daripada gak abis-abis nantinya. Biji kapulaga yang sudah aku keluarkan, aku giling pake grinder aja. Senang deh bikinnya, gak perlu mikser sama sekali. Setelah selesai, aromanya kuat banget, kayak rada-rada bau bunga gitu. Gak kebayang gimana rasanya kecampur lemon. Tapi, yah tentu saja chef lebih tau dari pada daku yang chef amatiran, jadi tetap aja aku campur ke adonan. Ternyata emang enak banget jadinya. Cuma next time, aku harus giling lebih halus lagi, kalo kegigit rada annoying soale.

Setelah jadi, mencetaknya pun rada tricky, adonannya lembut. Akupun kebiasaan seperti bikin kue kering biasa, gilasnya ketipisan. Padahal jelas-jelas koq di resep ada ukuran ketebalannya. Waktu aku bikin rada tebelan, baru deh gampang nyetaknya. O ya, sebaiknya, di gilas diantara dua plastik (aku pake silpat), jadi gampang ngelepasnya. Ehem..karena malas pake cetakan cookie yang lucu-lucu (udah ngepak-ngepak nih, kamar mau di jebol biar nyambung sama gudang, jadi kamarku bisa lebih besar...ntar kan buat berdua *cieee*...hihihi) jadi aku kasih "stempel" aja di atas nya, ada inisial aku dan si Mas (C & H) dan ada juga edisi khusus buat blog... whoa ha ha ha ha...

Next, aku bikin lemon possetnya. Ini lebih meragukan lagi, soalnya susu kental yang di gunakan banyak banget, bisa eneg dah gue... Tapiiiii....ternyata...Oh..oh...oooh... so soft and soooo creamy....love it! love it! love it! enaaaak banget. Apalagi setelah aku diamkan di kulkas hingga memadat...wuiiih... seperti custard yang lembuuuut banget dan aroma lemonya, iiih...bener-bener bikin seger. Kalo gak ingat lagi mati-matian ngurusin badan, udah pasti aku abisin.... ehem...padahal sudah abis banyak juga, semua lemon posset yang di foto, udah ludes sebelum aku berangkat ngeliat pesanan sandal wedding sore tadi...hihihihi...

Eits lupa, kalo gak suka atau ribet bikin shortbread, lemon posset udah enak banget di makan begitu aja. Aku pernah makan di salah satu cafe (karena pelayannya sok banget, males ah nyebutin namanya...*keki berat*) lemon posset di sajikan dalam gelas-gelas mungil. Kalo di video, chefnya nambah daun mint yang di tumbuk dan di beri tambahan air lemon. Karena aku masih sulit terima rasa mint selain di permen atau pasta gigi (mint tea, kalo kepepet), jadi aku gak pake, cukup aku taburi dengan lemon zest biar rasanya gak terlalu rame...

Coba berkunjung ke websitenya aja kalo mau liat cara pembuatannya. Disini aku copy paste resepnya yaaa....


LEMON POSSET
By. Phil Vickery (www.carnation.co.uk)

Ingredients

  • 397g can Carnation Condensed Milk
  • 150ml carton double cream
  • finely grated zest and juice of 4 large unwaxed lemons (about 150ml)

To serve:

  • 1tbsp chopped mint leaves
  • 1tsp granulated sugar
  • squeeze of lemon juice

METHOD :
  1. Whisk the condensed milk and cream together until thick and very light; 4 or 5 minutes.
  2. Add the lemon juice and zest and whip for a few seconds only as the mixture will thicken very quickly.
  3. Spoon the lemon cream into ramekins, or a large trifle bowl and then chill for at least an hour, or overnight.
  4. To serve, muddle the mint leaves with the sugar and lemon juice and sprinkle a little onto the lemon cream.

Most creamy mousses need some sort of setting agent, gelatine being the most popular. Here, the reaction between the acid from the fruit, the condensed milk and the cream, make a great setting combination.

Tips

Serve this with fresh raspberries and a crisp shortbread biscuit; see our recipe for Cardamom Shortbreads.



CARDAMOM SHORTBREAD
By. Phil Vickery (www.carnation.co.uk)

Ingredients

  • 225g (8oz) plain flour
  • 115g (4oz) cornflour
  • 225g (8oz) unsalted butter, softened
  • 55g (2oz) caster sugar
  • 55g (2oz) icing sugar, sieved
  • 12 green cardamoms
METHOD :
  1. Sieve the flour and cornflour together.
  2. Beat the butter and sugars together in a bowl until soft and fluffy.
  3. Split open the cardamom pods and place the seeds into a pestle and mortar and grind to a powder. Add the cardamom powder to the butter and sugar mixture along with the flour and cornflour and then knead well to make a dough.
  4. Shape into a ball then flatten and wrap in cling film. Chill for about 15 minutes.
  5. Preheat the oven to 180°C, 350°F, Gas Mark 4. Grease 2 baking sheets.
  6. Roll out the dough to about 5mm (¼”) thick then use a 7cm (2¾”) diameter cutter to cut out the biscuits.
  7. Place on the baking sheets then bake for about 12-15 minutes, or until pale golden brown. Allow to cool slightly on the baking sheets before transferring to a rack to cool completely.

4 comments:

Anonymous said...

Halo Mba Camelia,

Saya mau bertanya, cetakan hurufnya itu beli dimana yah? yang untuk di atas adodan, saya mencari cari tidak ketemu nih :-( Terima kasih sebelumnya.

Camelia said...

Hello,
Coba hubungi Dee Narin, facebooknya : Fondant baking tools atau tanya aja sama si Lily di www.tyucake.com

good luck ;-)

.dodie. said...

Mbak Camelia, mau nanya dong.. untuk shortbread-nya, Mbak pake butter-nya merek apa ya? makasih :)

Camelia said...

Dodie,
Aku gak pernah pake butter merk tertentu, pake apa yang ada aja. Tapi yang paling sering ada di kulkas ku, Elle & Vire,Orchid dan Anchor :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...