Search This Blog

Loading...

Tuesday, December 14, 2010

Proll Tape Blueberry Streusel


Ceritanya, sebelum berangkat ke Jakarta minggu lalu, aku udah niat mau ngabisin stok coklat dan topping blueberrynya si Dea. Tapi blom kesampaian, sampe aku sendiri udah balik lagi ke Jambi hari Minggu lalu. Kemarin, aku sempat pengen bikin brownies aja, tapi, kalo cuma di kasih topping blueberry doang, kesannya biasa banget, cuma ganti topping thok. Lagi pula kayaknya di rumah udah pada bosen makan brownies, abisnya, kalo bikin, yang makan cuma bang Iqbal doank, selalu habis sih sama dia, tapi kan lebih asik kalo bikin something new.

Naah, semalam, hari pertama MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an) tingkat kotamadya Jambi. Ortunya Dea, mesti ke arena MTQ. Selain kantor kecamatan Ayahnya Dea ikutan berpartisipasi, Kak Ika (Bundanya si Dea) juga kebagian jatah piket. Si Dea ngotot supaya aku sama si Mas ikutan, kebayang kali dia bakal di cuekin ortunya yang lagi sibuk...hihihihi... Akhirnya, Kak Ika, si Dea dan aku, naik mobil sendiri yang di setirin si Mas nyusul Ayah Dea yang udah berangkat duluan. Lagian kalo ortunya mesti stay terlalu malam, aku sama si Mas bisa bawa Dea pulang. Mesti sekolah euy!!! Hummm...rasanya udah lama banget gak datang ke acara MTQ. Waktu masih kecil n' tinggal di kabupaten dulu, lumayan sering datang. Soalnya Papa dan Ibuku pasti pergi juga. Kali ini, oke lah ikutan datang lagi, selain kangen suasananya, itung-itung ngasih support ke abangku Riri (Ayahnya Dea), apalagi, itu juga kecamatan tempat aku tinggal hehehehe...Go...Go...Goooo...Telanaipura!!!!! *giggles*

Anyway,
Seperti biasa, selain lomba pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, tiap kecamatan ada stan yang pamer produk unggulan mereka. Waktu masuk salah satu stan, si Mas udah kasak kusuk minta di beliin peyek kacang kesukaannya, sementara si Dea minta kripik pisang. Aku sendiri, blingsatan ngeliat tape singkong yang keliatannya matang banget. Thats my favorite! aku suka sama tape singkong yang basah, lembut, matang, rada asem dan nge-gas. Aku kurang suka sama tape singkong yang manis-kering, rasanya ngebosenin. Langsung deh aku ngambil dua bungkus tape. O ya, di salah satu stand, waktu si Mas sibuk keliling sama si Dea, aku sempat-sempatnya beli bros motif Jambi kuno, yang cantiiikkkk banget...lumayan bikin si Mas masem-masem karena dia cuma beli aneka peyek doang...*tragis*...whoa ha ha ha ha

Setelah puas muter-muter arena MTQ, udah waktunya si Dea pulang. Sepanjang jalan dia cemberut aja karena masih mau tinggal di arena (dia suka banget ngeliat rebana..hehehe). Akhirnya si Mas ngajak mampir ke Tanggo Rajo sebentar, yang di sambut Dea dengan suka cita. Tanggo Rajo, letaknya pas di depan rumah dinas Gubernur Jambi dan di tepian sungai Batang Hari. Di sana ciri khasnya, banyak penjual jagung bakar yang uenak dan penjual air tebu komplit dengan mesin tebunya. Waktu aku masih imut-imut *ehem*, kalo ke Tanggo Rajo, aku hepiiiii banget. Soalnya, jarang bisa ke sana, lumayan jauh daari kabupaten tempat tinggal kami dulu. Dari sana, untuk ke kota Jambi sendiri butuh waktu 1 jam. Paling kalo sodara-sodara ortuku yang tinggal di rumah kami ngajak ke sana, baru deh aku ikut. Sampe sekarang, ini masih jadi salah satu my happy place. Aku suka ke tanggo rajo di hari biasa, jadi gak terlalu rame. Kadang sore, kadang malam. Sama asyiknya. Duduk bangku yang di susun di bawah deretan pohon sawit, sambil melihat perahu ketek yang melintasi sungai batang hari, dan kalau melihat ke depan, ngeliat lampu-lampu dari kawasan seberang yang memang berada di seberang kota Jambi. Anyway, setelah puas nge-jagung bakar dan air tebu, baru deh si Dea gak cemberut lagi pulang ke rumah.

Tadi pagi, masih ada sisa tape satu bungkus. Pengen diolah jadi cake aja. Tapi karena hari ini jadwal pengajian di rumah, kasian juga kalo mesti nambah kerjaan si Umi beres-beres peralatan bakingku nanti. Aku putusin bikin something simple aja. Gak perlu pake mikser dan gak perlu pake banyak wadah. Tape yang udah lembut, aku tekan-tekan aja pake sendok, begitu juga bahan lainnya yang aku campur sekalian. Kebayang brownies tape yang gak coklat. Waktu aku ngebayangin ngasih topping blueberry, koq rasanya kurang "greget" ya. Kayak nyiram brownies pake topping..humm... tiba-tiba aku ingat salah satu roti yang pernah aku makan (lupa dari toko roti mana) yang pake topping blueberry dan di taburi streusel. Selain rasanya enak, bentuknya pun jadi lebih keren *ih, maksa banget*...hehehe...

Akhirnya aku buat streusel jadi-jadian, yang aku taburi saat di tengah pemanggangan. Karena streusel nya lumayan banyak, jadi aku lapis-lapis antara streusel dan topping bluebery. Sampai 5 menit terakhir, juga aku taburi lagi dengan streusel dan topping blueberry supaya dapat streusel yang kekuningan. Waktu jadi, aku senyam-senyum sendiri, karena bentuknya not bad lah. Lumayan representative. Setelah agak dingin, aku potong-potong. Gigitan pertama..suka! suka! suka!... tapi, tetap gak pede kalo belum ada orang lain yang nyicip kan? kebetulan sepupuku si Tona yang lagi di Jambi nongol di rumah dengan keponakan mungilnya Gizlan. Baru mau nyuruh nyicip, ternyata dia malah lagi makan kuenya...hehehe.. hasilnya??? dia suka tuh!! katanya, awalnya agak bingung ini kue apaan, tapi lama-lama enak aja, dua potong langsung ludes. Sekarang giliran si Mas yang di paksa nyoba, sama seperti Tona, walaupun dia gak tau ini kue apaan, tiga potong ludes. Sempat gak percaya waktu aku bilang dalamnya tape...hehehehe... gak pa pa deh! yang penting, kuenya sukses!!!

O ya, pas foto-foto kuenya, si Dea minta di foto juga pake topi funky yang di beliin Bundanya di arena MTQ semalam. Dia ogah di suruh pake baju, cuma mau foto sama topi doang, ya udahlah, di foto pake singletnya sekalian...hehehehehe...

Tadi sempat ragu, kue ini termasuk kategori apa. Cake? brownies? atau Proll? karena menurut teman-teman facebook kue tape tipe padat legit begini termasuk jenis proll tape, jadi aku kasih nama proll tape blueberry streusel adza....hihihihihi...namanya gak kreatif banget!



PROLL TAPE BLUEBERRY STREUSEL
by. Camelia


Bahan streusel :

65 gr margarin
65 gr tepung terigu protein sedang
5o gr gula halus
2 sdm susu bubuk

Cara membuat streusel :
Campur semua bahan dalam wadah, aduk berlahan dengan garpu hingga berbutir-butir. Sisihkan.

Bahan proll tape :

150 gr tape singkong
50 gr susu kental manis
2 btr telur, kocok lepas
100 margarin, cairkan
50 gr gula halus
120 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt vanilla extract
Topping blueberry/selai secukupnya

Caranya :
1. Lumatkan tape dengan garpu, buang tangkai dan serat kasarnya. Campur dengan susu kental manis.
2. Masukkan kocokan telur kedalam campuran tape, aduk dengan sendok hingga benar-benar rata, tambahkan margarine cair dan vanilla extract, aduk rata.
3. Tambahkan gula halus dan tepung, aduk hingga rata.
4. Masukkan ke dalam loyang brownies (aku pake ukuran 10 x 25 cm), ratakan. Coret-coret bagian atasnya dengan topping blueberry, panggan selama 45 menit.
5. Di tengah-tengah pemanggangan, keluarkan dari oven, taburi streusel, coret dengan blueberry, taburi streusel lagi dan coret dengan blueberry lagi, masukkan lagi ke oven.
6. 5 menit sebelum kue matang, keluarkan dari oven, ulangi lagi langkah no.4. Masukkan lagi ke oven hingga matang.
7. Dinginkan, potong-potong, sajikan.

Enjoy!

4 comments:

meinekueche said...

wooo seperti blueberry streusel yang di jual di Kartika Sari,,,,mauuuuuu ...:)

tiara said...

mba lia, aku suka blog n resepnya
aku mo ikutan bikin ya... Wish me luck ya

thekyzt said...

Ijin copas resepnya ya mba...suamiku juga demen banget dengan tape, hampir tiap minggu beli tape sampe kadang bosen mo diolah apa lagi. Mudah2an beliau suka resep ini.

phipieQ said...

aduhh mb... aku suka banget ma proll tape nya...
kmrn ceritanya babe ku beli tape banyaaak bgt... truz di kulkas ga da yg nyentuh... kasihan lihat nasib si tape... jd punya ide buat proll tape... ga tau resepnya... eh search d om Google ketemu resep proll tapenya mb....
setelah dicoba.... aku suka.... dan suamiku juga sukaaaa.... (tumben2 dia bilang suka ma kue ku) hihihihihi....

makasi resepnya ya mb...... ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...