Search This Blog

Loading...

Monday, February 14, 2011

Puding Karamel Vla Cokelat

Pudding plus vla memang versatile banget deh. Kayaknya gak pernah ketinggalan jaman. Dari aku masih imut-imut di TK...ehem... *gak terima protes* sampe udah ndut *but cute* saat ini, puding tetap aja ada. Kalo lagi rapat atau kondangan, cateringnya sering banget ngasih puding. Mungkin selain harganya bisa disesuaikan sama budget, pembuatannya juga gampang n' cepat. Walaupun udah ada jelly konyaku yang segar n' kenyal, puding agar-agar tetap eksis. Jenisnya pun sekarang beragam, ada puding busa, ada yang pake buah, ada yang di lapis tipis-tipis (buat yang rajin...) ada juga yang di isi bolu. Pokoknya, kalo urusan jenis puding, unlimited deh.

Waktu masih di kabupaten dulu, kalo ada tamu yang datang, Ibu-Ibu PKK yang menyiapkan makanan di rumah sering banget bikin puding ber-vla buat dessertnya. Maklum, mereka pernah ikutan demo dari bakery yang lumayan terkenal dari kota Jambi *hehe*. Selain bikin roti, juga di ajarin bikin aneka puding cantik, so, pas ada tamu, langsung deh di praktekin...hihihihihi... Kalo gak salah waktu itu lagi booming loyang gerigi yang di tengahnya bisa di isi puding warna lain, ada yang segitiga, ada yg setengah lingkaran. Pokoknya waktu itu puding yang di cetak di loyang itu, kesannya classy sekali *duile* Gak heran, kalo hampir di setiap rumah punya cetakan begitu...hahahahaha....

Biasanya kalo tamu-tamu udah pulang, aku sama teman-teman kecilku, diajak ke ruang makan VIP. Biasaaa... buat ngabisin makanan donk! Wuiiih...sampe sekarang masih kebayang lezatnya masakan Ibu-Ibu itu... warna puddingnya macam-macam, kadang hijau, kadang pink kadang pake potongan buah. Pokoknya keren deh, rasanya udah mewaaaah banget makan agar-agar pake vla segala...*udik*...hihihihi...

O ya, ada lagi puding yang aku selalu ingat, puding fruit cocktailnya kak Ira. Pudingnya pake busa putih telur, trus pake buah kaleng. Makannya pake vla vanilla. Ntah kenapa, puding yang di makan waktu di kabupaten berasa "makanan bule", tapi giliran makan puding begitu di Atlanta rasanya malah "Indonesia banget"...hehehehe... tapi setelah aku pikir-pikir *tumben mikir*, kayaknya makan puding agar plus vla cuma ada di Indonesia deh. Correct me if I'm wrong yaa...

Udah lama banget punya buku pudingnya Yasaboga, tapi gak bikin-bikin juga. Cuma sekali pernah nyobain bikin puding semangkanya sama si Meri di dusun, beberapa tahun lalu *ya ampuuun*...hasilnya gatot..hehehe... So, Minggu lalu, waktu abangku Riri ke supermarket, aku nitip minta di beliin agar-agar. Ceritanya mau bikin pudding cokelat. Baru tadi aku niat bikin puding karamel setelah baca bukunya tadi malam. Biasanya kalo puding karamel, lebih mirip flan atau custard yang di siram keatas gula karamel dan di panggang. Tapi yang ini beda, karamelnya langsung di jadikan puding. Aku kebayang aja harumnya karamel yang di jadikan puding lembut pasti lebih seru kalo di campur ke adonannya. Ternyata bener, bikinnya pagi di pantry, seisi rumah terasa aroma karamelnya sampe sore.

Walaupun di buku resepnya di sarankan pake vla vanili, tapi aku pilih vla cokelat. Selain memang aku masih program ngabisin stok Varlhona cocoa powder *hihi* menurutku aroma karamel sama coklat kayaknya pas. Selain itu, aku juga gak mau puding ku kebanyakan mengandung kuning telur. Pudingnya sendiri sudah ada kuning telurnya, jadi ogah nambah kuning telur lagi di sausnya. Nah, vla cokelat yang ada di buku ini gak ada kuning telurnya. Untuk pudingnya, semua aku ikuti resep, kecuali kopi instantnya aku hilangkan. Rasanya gak asik banget kalo pudingku nanti terlalu banyak rasa, cukup karamel dan coklat aja. Untuk membuat sausnya, aku terpaksa ngulang lagi. Karena waktu ngikutin cara yang ada di resepnya, coklat bubuk yang udah di jadikan pasta itu malah menggumpal dan gak mau larut ke susunya. Akhirnya aku ulang, tetap menggunakan bahan yang sama tapi dengan cara pembuatan vla yang biasa aku lakukan aja. Rasa vlanya enak, dan gak begitu kental. Mirip saus vla coklat yang di resto fastfood Jepang H2B..hehehe..

Rasanya?? hum...si Tona langsung jadi fans, karena rasa pudingnya mirip permen karamel *haha* dan dia memang lebih suka saus coklat daripada vanilla. Kalo kak Ika suka sama puding karamelnya, tapi lebih suka sausnya vanilla. Well...tiap orang ada favoritenya masing-masing kan??? kesimpulannya, beli deh buku Puding Agar Agar Favorite Keluarga-nya Yasaboga...hihihi...selain tips n' tricksnya jelas dan terperinci, resep puding dan sausnya juga banyak, so, bisa di gonta-ganti sesuka hati...hehehe...*Gak promo koq cuma puas aja sama bukunya*

Anyway, ini resepnya...



PUDDING KARAMEL

Yasaboga

100 gr gula pasir untuk karamel
100 ml air
1 bks agar-agar bubuk
1 sdt kopi instant larutkan dengan 3 sdm air---> aku gak pake
750 ml susu
1 kuning telur, kocok lembut
50 gr gula pasir

Caranya :

Untuk karamel : Taruh gula dalam wajan, panaskan hingga gula meleleh dan berwarna cokelat, tuangi 100 ml air sedikit demi sedikit, aduk hingga gula larut, sisihkan.

Larutkan agar-agar bubuk dengan susu dan karamel, didihkan dengan api kecil sambil di aduk. Masukkan gula, aduk hingga larut, campurkan kuning telur dengan larutan kopi (kalo pakai),masukkan, aduk rata sampai mendidih lagi. Angkat dari api, tuang dalam cetakan, biarkan mengeras.


VLA COKELAT
Yasaboga

Bahan :
75 gr cokelat bubuk
50 gr maizena
1000 ml susu
250 gr gula pasir

Caranya :

Campur maizena dan coklat bubuk, cairkan dengan sedikit susu (kalo aku cukup maizena dengan susu saja hingga maizena larut). Jerang sisa susu dan gula (kalo aku sekalian coklat bubuk), didihkan. Aduk sebentar campuran maizena + cokelat bubuk, (kalo aku larutan maizena) masukkan, aduk hingga matang. Angkat, aduk terus hingga dingin. Bila di inginkan, tambahkan 50 ml whipcream dan rhum menurut selera (aku gak pake).

3 comments:

Reka said...

slruuuppp....contek ya mbak resepnya :)

Fathimah Azzahro said...

hmmmm kayanya enak mbak... Ijin mbuat ya mbak.. pake resep ini..
mngkin klo udah jadi aku post di blog.ku..
jadi ijin juga pasang judulnya di blog.ku nanti mbak.. :)

Camelia said...

Silahkan di contek dan dibuat, mudah-mudahan suka ya :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...