Search This Blog

Loading...

Monday, December 26, 2011

Hummingbird Cake


Well, hari ini hari Senin terakhir di tahun 2011. Mesti ngotot nge-blog nih, sebelum pergantian tahun. Beberapa minggu terakhir aku emang terkena baking blues plus blog blues, pokoknya serba nge-blues deh. Pada dasarnya emang malas ngapa-ngapain aja. Kecuali hobi lama koleksi parfum yang mendadak muncul lagi, mengalahkan dunia per-baking-an ku...hehehehe... Buktinya, nih Hummingbird Cake, udah lama banget aku bookmark dari buku "The Complete Magnolia Bakery Cookbook". Cerita di balik cake ini, bikin penasarann berat, katanya, salah satu pelanggan bakery, ngasih resep titipan tante-nya, kata si Tante, cake ini pas banget buat di jual di Magnolia Bakery, dan ternyata emang laris manis. Nah, gimana gak penasaran cobaaa...?????

Rasanya udah beberapa kali mau bikin gak jadi-jadi, padahal bela-belain beli nenas kaleng ke supermarket. Pada akhirnya, tu nenas mangkal doang di pantry. Sampe beberapa hari lalu, kalo gak salah pas hari Ibu lalu (tgl 22) mulai deh aku bikin. Terpaksa nodong si Mas dulu minta dianter beli pisang. Kebetulan, udah punya cream cheese yang stand by di kulkas.

Bikinnya bisa dikatakan mudah. Bahkan menurutku gak perlu banget pake mikser, pake whisk biasa aja juga udah cukup. Paling yang bikin lama ya nyiapin pisang yang di lumatin, dan nenasnya. Untuk nenas, sengaja gak aku bikin halus banget, supaya nanti kentara ada nenasnya. Ternyata ini bener banget, karena rasa cake ini lebih di dominasi sama rasa pisang, nenasnya hanya terasa samar-samar, kecuali pas kegigit potongan nenasnya.

Rasanya?? ya enaklah, mudah di terima siapa aja (kecuali cream cheese frostingnya, gak semua orang juga suka cream cheese...hehehe). Cake ini sederhana banget, mirip cake pisang biasa. Perbedaannya hanya ditambahkan nenas dan kacang pecan cincang (aku gak pake). So, sepertinya kalo punya resep cake pisang andalan, bisa banget di jadiin Hummingbird Cake dengan penambahan kedua bahan tadi. Sayang banget nenas kalengan yang aku pake waktu itu rasanya manis, hampir gak ada asam dari nenasnya. Next time kalo aku bikin lagi, aku bakalan nyoba pake nenas segar untuk memperkaya rasa cakenya. Pasti jadinya lebih enak dan lebih moist.

O ya, dari beberapa resep yang aku baca di internet, ada beberapa yang menggunakan kayu manis, dan ada yang gak. Jadi sepertinya ya sesuai selera aja. Resep nya sendiri sepertinya udah standar, dari beberapa resep, paling yang beda cuma jumlah minyaknya thok, seperti disini dan disini. So, feel free buat eksperimen sesuai selera. Untuk cream cheese frostingnya, aku bikin versiku sendiri. Cara pembuatannya gak beda, tapi jumlah butternya aku tambah dan jumlah gulanya aku kurangi banyak.

By the way, kenapa baru posting sekarang dan ceritanya gak banyak? well, tgl 24 kita ke Muara Jangga (Ibu kota kecamatan kampung Papaku -just in case anyone ask-...hehehe) buat menghadiri pernikahan anaknya Ndek Har (sepupuku dari Papa), si Aal. Aku dan si Mas nginap di rumah mungil keluargaku yang di samping masjid, supaya setelah malamnya ikutan melihat akad nikah, paginya juga bisa ikutan Aal belarak (arak-arakan mengantar pengantin laki-laki). Kita baru pulang tadi malam, sambil bawa para keponakan cilik yang mau nginap di Jambi, libuuur...capek tapi seru banget!!!

Buat Aal : Semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah....Amiiiin! *hug*

Ini resep cakenya aku terjemahan ala kadarnya ya...



HUMMINGBIRD CAKE

from The Complete Magnolia Bakery Cookbook

Cake :
3 cup tepung terigu serbaguna
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdt baking soda
1 sdt garam halus
1 1/4 cups minyak sayur (aku pake 1 1/2 cup)
2 cup gula
3 telur ukuran besar, suhu ruang (aku pake 4 karena telurnya gak gede)
1 1/2 sdt vanilla extract
2 cup pisang yang di lumatkan
1 cup nenas kaleng yang di hancurkan (saranku, jangan beli yang manis, kalo aku cincang kasar).
1/2 cup kacang pecan cincang (aku gak pake)

  • Panaskan oven hingga 325F
  • Olesi 2 loyang cake bulat ukuran 9 x 2-inch dengan mentega dan taburi dengan tepung. Lalu lapisi bagian bawahnya dengan kertas roti. Sisihkan.
  • Untuk membuat cake, dalam mangkok besar, ayak bersama terigu, kayu manis, baking soda dan garam. Sisihkan.
  • Dalam mangkok besar, kocok minyak dan gula dengan kecepatan sedang hingga terlihat licin sekitar 3 menit.
  • Masukkan telur satu per satu sambil terus di kocok hingga ringan, sekitar 1 atau 2 menit. Tambahkan vanilla. Lalu tambahkan pisang dan nenas (mikser berlahan hingga rata)
  • Masukkan campuran tepung dalam 3 tahapan, kocok hingga halus setiap kali dimasukkan tepung. Masukkan pecan, aduk rata.
  • Bagi rata adonan kedalam 2 buah loyang tadi. Panggang di oven selama 40 - 50 menit atau hingga cake di tusuk tidak lengket. Biarkan cake didinginkan di loyang selama 10 menit sebelum di pindahkan ke rak kawat hingga dingin.
Cream Cheese Frosting
1 pound cream cheese, suhu ruang, potong kecil ( aku : 500 gr)
6 sdm mentega tawar (unsalted butter), suhu ruang, potong kecil (aku : 175 gr)
1 1/2 sdt vanilla extract
5 cup confectioner sugar (gula icing) ayak (aku : 150 gr)



Dalam wadah besar, kocok cream cheese dan mentega dengan mikser kecepatan sedang hingga licin, sekitar 3 menit. Tambahkan vanilla dan kocok rata. Masukkan gula dalam beberapa tahap, kocok hingga licin dan creamy. Totup dan simpan dalam kulkas selama 2 atau 3 jam, tapi jangan lebih dari itu. Hanya untuk mengentalkan sebelum digunakan.









5 comments:

Paty's Kitchen - Cook with passion. said...

Sexy and gorgeous cake...great work.

Camelia said...

Thank you :-)

Silvia said...

Mbak Liaaa.. aku udah kelamaan nggak main kesini. Mendadak pas mampir lagi, blognya jadi beda. Fotonya itu lhoo.. bikin aku jatuh cinta <3 cantik banget!! Dengan ini aku menyatakan aku resmi jatuh cinta dengan foto-fotomu, Mbak :D

Hesti HH. said...

Canteeeeek...! Mbak Camelia. Aku selalu suka kue-kue mbak, terutama foto fotonya. Banyak belajar dari mbak, thanks for sharing ya...aku juga ada award tuk Mbak, semoga berkenan diterima. Silahkan cek di blogku...

Maria Lidwina Utami said...

halo mba, aku googling resep hummingbird cake dan "kelempar" ke sini.. hehehe.. mau tanya kalo gak pake kacang pecan, diganti kacang apa ya enaknya? soalnya ntar gak krenyes2.. harganya mahal banget mba, di jakarta aja 117ribu/250 gr..
thanks

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...