Search This Blog

Monday, March 18, 2013

Cheese Brownies Ala Vin


Mumpung masih hot nge-blog (dan mumpung sambungan internet di rumah lagi gak bertingkah *huh!*) kali ini aku posting dua kali. Postingan tertunda ceritanya... Kali ini aku bikin Cheese Brownies Ala Vin yang beberapa waktu lalu sempat bikin hebih milis NCC-ku tertjintah. Ceritanya, milis NCC punya kegiatan rutin, dulunya sih, tahunan, tapi karena acaranya membesar terus, sekarang jadi acara dua tahunan. Ini salah satu acara gathering favoriteku, namanya HMFF. Apa itu? well, silahkan klik linknya, yang pasti acara yang dipenuhi makanan wuenaaak. Aku sendiri bersama temanku yang terkenal sama chocolate curls-nya Widya, pernah jadi panitia HMFF, tahun 2009. Naaah....biasanya, di saat HMFF, ada beberapa makanan yang dibawa anggota menjadi "kenangan manis" bagi yang lainnya. Misalnya waktu HMFF 2009 itu, Melt Brownies Agogo-nya mba' Yenny Agogo bikin heboh milis. Banyak member yang ikutan bikin brownies dengan kejutan chocolate melt ditengahnya. Di HMFF kali ini, brownies yang bikin heboh, ya Cheese Brownies Ala Vin ini.

Aku sendiri HMFF kali ini gak bisa ikutan bantu dan gak bisa menghadiri juga...*whoaaaa...hiiks!*..yah, soalnya perut gendutku bikin gak betah ngapa-ngapain, dan masih suka mual juga. Jadi, yah, kali ini aku cuma bisa baca cerita hebohnya doank. Its ok lah, next time, insya Allah, aku bisa ikutan lagi sambil bawa anakku nanti *kebayang hebohnya...hihihihi*. Tapi baca ceritanya aja udah bikin senang, dan teman-teman gak lupa cerita makanan favoritenya, dan seperti biasa, yang bawa makanan gak keberatan sharing resepnya. Karena yang namanya brownies selalu bikin aku blingsatan, cerita brownies keju ini bikin aku penasaran. Belum lagi cerita-cerita teman milis tentang brownies yang satu ini bikin aku ngiler berat. Sayangnya, aku harus nunggu ke jakarta dulu buat beli cream cheese karena di Jambi yang ada cuma processed creamcheese yang menurutku rasanya beda sama cream cheese biasa. Well, karena aku gak nyicip aslinya, aku pengen bikin brownies yang sesuai sama resepnya. Walaupun beda merk bahan, tapi paling gak, ya sama lah....


Setelah menahan selera lumayan lama dan bela-belain nenteng creamcheese dalam tas *ampuuun dah!*, akhirnya beberapa hari lalu aku mulai bikin, lupa tepatnya kapan. Dari resepnya, keliatannya bahannya banyak banget, sebenarnya gak juga. Keliatan banyak karena menggunakan 2 jenis coklat, dark dan milk. Sementara aku mengganti semua coklat dengan coverture thok, karena aku punya dan memang harus segera aku habiskan sebelum expired. Pas lagi milih-milih loyang, aku ketemu loyang mini cheesecake yang bagian bawahnya bisa di lepas. Loyang ini aku beli udah lama juga, cuma gak sempat-sempat bikin. Beli impulsive nih, nafsu doank, kayaknya lucu aja kalo bikin cheesecake mini yang di dekor imut-imut, padahal, ngebayangin bikinnya aja udah lelah....*hahahaha*. Sekalian deh aku eksperimen sama loyang ini daripada cuma mejeng doank di lemari dapur. Jadi browniesnya aku cetak satu-satu. Suka deh sama hasilnya, apalagi gampang banget ngeluarinnya. Browniesnya keliatan mulus. O ya, buat ngisi adonan creamcheesenya, aku semprotkan pake plastik segitiga supaya hasilnya rapi. Lapisan coklatnya pun aku celupkan aja ke milk chocolate cair. Hasilnya, ada motif coklat  two-tones yang imut...hihihihi....
Rasanya....???? beneran enaaak! Suka deh campuran antara manisnya brownies dan asin-gurih dari creamcheesenya. Ini tipe brownies yang moist, gak kering banget, jadi terasa nyoklat dan lembut di lidah. Pokoknya rasanya unik-enak!! bagi yang belum sempat nyobain, yuk bikiiiin.....buat mba' Vin, makasih udah sharing resepnya ya,....


 CHEESE BROWNIES ALA VIN
by. Vin (Milis NCC)




A. (Lelehkan)
225 gr butter unsalted, sisihkan sampai hangat

B. (Lelehkan semua, sisihkan sampai hangat)
150 gr dark cooking chocolate
150 gr milk cooking chocolate
150 gr whipping cream daairy

Campur A + B

Kocok lepas :
4 btr telur
1 sdm vanilla
90gr gula pasir

Bahan kering :
135 gr terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam

Creamcheese filling (campur rata) :
200 gr creamcheese
35 gr gula halus
1 btr kuning telur


Caranya :
  • Masukkan kocokan telur ke adonan butter + coklat.
  • Masukkan bahan kering, aduk rata.
  • Siapkan loyang 24 x 24 x 4 cm, olesi margarin dan taburi coklat bubuk (dasar dan sisi loyang)
  • Tuang 2/3 adonan coklat ke loyang
  •  Tuang adonan keju, tutup dengan sisa adonan coklat
  • Panggang di oven dengan suhu 180 C lebih kurang 35 menit (sering cek setelah 25 menit, jangan over baked).
  • Tes tusuk, sampai ada beberapa crumble dari adonan yang masih menempel, angkat, dinginkan.
  • Setelah dingin, olesi permukaan brownies dengan milk chocolate yang sudah dicairkan.











15 comments:

이차 said...

wowww, the pic so delicioussssssssss, how the taste? hehe ^^

Yossie said...

Mbak, mau tanya. Iku gmana ya caranya si krimcis bisa pas di tengah2 bronis. Tekniknya pas pake plastik segitiga piye. Maap, aku masih abg di dapur :( tp aku ngiler sak ngilern2nya sama resep ini.
Makasih ya mbak

Anonymous said...

Dear mbak Camelia,

boleh aku tau dimana bisa membeli loyang mini cheesecake-nya? thx

btw aku doain semoga sehat sampai delivery :)

salam,
ryna

Camelia said...

mba yossie,
adonan cremcheese dimasukkan kedalam plastik segitiga, lalunpotong ujungnya sedikit (seperti akan menghias kue tart), lalu semprotkan tepat ditengah adonan, baru ditutupi dengan adonan coklat lagi.

Camelia said...

hello,
loyang mini cheesecakenya aku pre-order online sama chiaki baking tools, bisa di cari di fb ya

Nisa-mom said...

Hi there! My sister, told me about your blog long ago and how nice you are sent her some goodies :) , but I just have time to stop by today.. so far I like it.. you have a simple recipes but yet delicious and will love to stop by again. :)

Anonymous said...

halo kak Camelia, lam kenal. vanila nya itu pake yg cair atau yg bubuk?

thanks
Lina

My Chocomelt said...

Salam kenal mba,....

Anakku minta dibikinin brownies Ala Vin ini :), tp aku masih ga ngerti cara isi cream cheese nya. apa cetakannya ada lubang di tengah?

Thx ya sebelumnya.

Salam,
ameilia

Camelia said...

Hello mba'Lina,
Kalo aku pakai Vanilla paste, tapi sepertinya pakai vanilla extract ataupun bubuk, gak masalah. Tergantung preference aja ya

Camelia said...

Mba'Amei,
Caranya simple koq, masukkan adonan brownies, jangan sampai peuh, letakkan adonan keju ditengahnya, lalu tutup kembali dengan adonan brownies. Jadi adonan keju akan berada di tengahnya. Good luck ya.

Rena said...

coklat sm krim cheesenya pake merek apa?

Anonymous said...

Hai mba' camel...
Aku kmren coba bkin tp pakein k cup nya cupcake gt...jd mini cupcake Cheese brownies deh..
Hasilnya mantaaap..cm ad 1 masalah..pas masukkin cream cheese nya udah aku taroh d tgah2 adonan gt...tp pas aku mw belah cream cheesenya udah nyasar mpe k dasar..ahaha..jd gg pas d tgah..
Rasanya sih oke cm ya it..penampilannya jd kurang...
Ada saran mba??

warm regards,
Sisca ��

Camelia said...

Hello mba Sisca,
adonan creamcheesenya jangan terlalu banyak. Aku sengaja memasukkan adonan creamcheese ke plastik segitiga yang dipotong sedikit ujungnya untuk "menyemprot" adonan. Tujuannya supaya sedikit "ringan" jadi tidak terlalu cepat turun kebawah.

Unknown said...

Mbak, mau tanya soal filling cream cheese nya. BagaimanaTeksturx? Saya coba resep lain cream cheese, mentega, gula n terigu. Jadinya empuk2 gurih gmn gt. Kyk makan tahu. Ha ha Agk aneh di lidah ku.Apa filling cream cheese nya mbak camelia jg spt itu? Maaf tanya nya aneh. Makasih jawabannya

Unknown said...

Mbak camelia knapa ya aku bikin browniesnya teskturnya jadi berminyak sekali. Padahal akubkasih butter 225 gram sesuai resep.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers