Search This Blog

Tuesday, May 25, 2010

Apple Crumble


"Baunya koq manis??..."


Gitu kata si Mas kemarin waktu baru datang jemput dan masuk ke ruang tamu. Yep, aromanya emang kemana-mana waktu aku bikin apple crumble ini kemarin. Sukaaaaaa banget bau caramel dan cinnamonnya... so seductive deh *duileee...*. Ini emang hasil uji coba resep dari majalah Femina. Aku suka sekalee liat chef yang ngasih resep, namanya chef Karen Carlotta. Abisnya, chefnya masih muda, trus dessertnya bener-bener menunjukkan kalo keluar dari tangan seorang chef. Jadi walaupun muda, sexy, dan cantik, chef yang satu ini bener-bener bisa bikin dessert. Gak kayak chef yang suka pamer aurat di tv tapi ngeliat makanan yang dibikin, malah membuat daku berfikir itu chef gak pede sama masakannya sendiri, jadi mesti menonjolkan hal-hal yang gak perlu... hihihihi....ssssttttt!!! *bisik-bisik* anyway, semua resep yang di berikan chef KC di majalah keliatannya enak-enak banget.

Semula aku sempat bingung mau nyoba yang mana, setelah dipilih-pilih, mau bikin antara chocolate pudding apa apple crumble ini. Naaah...kebetulan aja lagi jalan sama si Mas, ngeliat apple granny smith yang mengkilap dan hijaunya keliatan suegeeer banget. Maka, resep pertama pilihanku jatuh sama apple crumble yang super crumbly ini! Seperti biasa, beli bahannya udah seminggu lalu, baru sempat bikin kemaren...itu pun pake acara heboh karamel gosong segala. Si Mas terbengong-bengong ngeliat asap keluar dari wajan, tapi gak bisa berbuat apapun soale aku lagi sibuk beres-beres kamar...hahahahha...

Suka deh motong-motong apple yang crunchy. Kreeesssh! gitu bunyinya. Buat ku, cuma senang bunyinya doang, makannya gak. Aku emang gak begitu doyan buah (not healthy! jangan di tiru!). Ada sih beberapa buah yang aku suka, seperti mangga, pisang, manggis...buah-buah tropislah. Tapi kalo ada aja, kalo gak ada, aku juga gak berusaha beli buah..hehehe... nah, untuk apple, aku sukanya emang di olah lagi. Dulu waktu sama host family, suka banget di traktir apple pie, crisp, crumble sampe cobbler. Kayaknya mereka satu angkatan deh, cuma beda jurusan aja..*apaaaaa coba!*. Menurutku, apple sama cinnamon memang meant to be deh. Paaaasss banget!

Kalo apple crumble chef KC ini, rada beda dari yang pernah aku cicipi. Pake almond cake segala di bagian atasnya, trus applenya pun dimasak dengan gula yang di karamelkan dulu, trus di campur krim kental seperti toffee. Semula, aku agak ragu sama kombinasinya. Ternyata.....it works!!! Bayangin aja, bagian bawah ada apple cinnamon dengan saus caramel yang bubbly, trus almond cakenya yang crunchy tapi moist dan di atasnya ada taburan crumbs yang nambah tekstur extra di mulut...seru banget euy! kali ini aku bikin apple crumblenya pake ramekins mungil, supaya bisa diambil porsi secukupnya dan gak perlu keliatan berantakan saat disajikan kalo di panggang dalam wadah besar sekaligus. Di tambah es krim vanilla di bagian atasnya..yummm..yuummm....Cantik kaaan? *narsis abis*

Tadi pagi, akupun sarapan pake apple crumble ini. Tinggal di masukkan ke oven, trus beberapa menit aja, keliatan bagian bawahnya kembali bubbly. Warm apple crumble in the morning...aaaahhhh....heavenly!

Abis jemput laptop siang tadi, aku sama si Mas langsung ke tanah abang buat nambah seragam. Rasanya gak sabaaaaarrrr banget pengen pulang ke rumah buat ngeblog...selain pengen posting apple crumble, aku juga udah kangen banget sama laptop tersayang setelah kelamaan nginep di service centernya....hihihihihi...si Mas yang pamit pulang ke Malang buat persiapan keluarga di sana pun cuma dapat anggukkan dan lambaian tangan bubbye doang, soale aku ngeblog sambil menikmati warm apple crumble yang paaasss banget hujan-hujan begini...jadi gak nyadar sampe si Mas say good bye berkali-kali...whoa ha ha ha

Ntar mau nyoba resep chef KC yang lain lagi, mudah-mudahan daku tidak berubah fikiran di tengah-tengah seperti biasa. Kapan ya chef KC ini punya tv show sendiri yang hanya ngebahas desserts aja kayak Anna Olson. Daku pasti dengan senang hati duduk di depan tv... apalagi kalo beliau berpakaian yang manis dan gak vulgar di acara itu, jadi aku tetap nyaman kalo mesti nonton bareng si Mas...ehem...abisnya dia specialty private dining gitu, kan tidak semua orang bisa ber-private dining-ria....(mudah-mudahan one day aku bisa hire private chef sendiri ya! Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnn!!! hahahahahaha....).

Resepnya, ini ya...



APPLE CRUMBLE
by. Chef Karen Charlotta (Majalah Femina)

Bahan :

Caramelized Apple :
400 gr aple granny smith, kupas, potong dadu 2 cm (kalo gak ada bisa diganti apel malang)
1/8 sdt garam
1/4 sdt kulit kayu manis bubuk
100 gr kismis
50 gr air
100 gr gula pasir
40 gr mentega tawar
100 ml krim kental

Almond Cake :
1 butir telur ayam
2 kuning telur ayam
75 gr gula palem
10 gr tepung custard
75 gr almond bubuk
10 gr tepung terigu serba guna

Crumble :
25 gr gula pasir
25 gr mentega tawar
75 gr tepung terigu serba guna, ayak

Pelengkap :
Gula bubuk (aku gak pake)
Es krim vanilli siap beli

Cara Membuat :

Caramelized Apple :
Aduk rata apel, garam, kayu manis bubuk, dan kismis. Sisihkan. Didihkan air dan gula, masak hingga menjadi karamel. Tambahkan mentega dan campuran apel. Aduk-aduk hingga apel lunak (hati-hati ya, supaya apel gak hancur). Tuangi krim kental, aduk rata. Tuang ke dalam wadah saji. Sisihkan.

Almond Cake :
Kocok telur dan gula hingga kental, masukkan sisa bahan, aduk rata. Tuang diatas caramelized apple. Sisihkan.

Crumble :
Aduk semua bahan dengan tangan hingga berbutir, taburi diatas almond cake.

Panggang dalam oven panas suhu 170 C selama 30 menit. Angkat.

Penyajian : taburi gula bubuk, sajikan bersama es krim vanilli (anget-anget juga enak..nyam..)

1 comment:

Anonymous said...

Hi Camelia,

its Kc, thanks for trying the recipes, you did really well.

keep in touch add me on facebook ok.
karen_carlotta@hotmail.com

thx
KC

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers