Search This Blog

Loading...

Wednesday, January 12, 2011

Orange Marmalade Cake


Alhamdulillah... hari ini Papa ku ulang tahun yang ke 72. Aku dan abang-abangku benar-benar bersyukur Papaku dalam keadaan sehat walafiat hingga hari ini. Orang tua kami hanya tinggal Papa, beliau tempat kami mengadu dan yang selalu menasehati kami. Mudah-mudahan Papaku selalu di berikan kebahagiaan, kesehatan dan panjang umur. Amiiin...

Dulu, almarhumah Ibuku bikin pengajian di rumah setiap Selasa, sampe sekarang, walaupun Ibu udah gak ada, pengajiannya tetap berjalan seperti biasa, bahkan sekarang jumlah pesertanya ratusan orang. So, pengajian Selasa kemarin sekalian aja dibarengi haul Ibu dan Abangku, Sadat (Alfatihah buat mereka ya...) termasuk ultah Papaku. Acaranya udah di umumkan dari minggu lalu, acara pengajian dimulai dari jam 1-an, sedangkan sanak-saudara yang masih di kantor, datangnya jam 3-an. Lumayan fleksible laaah...hehehe...

Seperti biasa, setiap ada acara di rumahku, nasi minyak udah jadi menu wajib, dan gak ada yang bisa menandingi enaknya nasi minyak mudo Tarmizi (mudo=paman). Nasi minyaknya berwarna kecoklatan, lembut, dan bumbunya pas. Beliau masih saudara jauh Papaku, dari jaman jebot, tugasnya udah ngurusin nasi minyak. Siapin aja beras dan bahan-bahannya, mudo Tarmizi udah siap bikin tungku dan panci segede gaban andalannya di samping rumah. Hum...aku ngerasa bersalah juga pasang tembok di samping, rencanaku mau bikin taman. Kirain setelah Ibuku gak ada, gak akan ada acara masak-masak rame-rame lagi....eeeh, ternyata, aku lupa kalo mudo Tarmizi akan selalu perlu tempat buat masak nasi minyak. Sekarang, area masak nasi minyak di rumah menyempit dan taman juga gak jadi di bikin. Samping rumah cuma tembok dan tungku doang...hahahahha

Anyway, selain nasi minyak dan lauk pauknya, udah dari minggu lalu aku punya rencana bikin cake ultah buat Papaku. Cita-cita awalnya luar biasa fantastis, aku pengen bikin cake yang besarnya minimal 40 x 40 (karena buat orang banyak), dan ada figurine fondantnya. Figurin nya gak tanggung-tanggung, ada Papaku, dan cucu-cucunya (cucu Papa ku ada 7 orang)...ehem...mantap kan??? tapi as always, rencana cuma rencana, lupakan soal figurin, cake nya aja hampiiiiirrrr gak jadi....hehehehe...

Karena minggu lalu si Mas pulang ke Malang, aku ngabisin weekend lalu ngumpul bareng gank SMA ku dulu. Gak sempat mikirin kue. Senin siang aku, kak Ika n' dea ke supermarket belanja bahan. Sorenya, kita jemput si Mas di bandara. Setelah ngobrol kesana kesini, baru deh jam 9 malam bikin cakenya di temani kak Ika. Satu-satunya yang sesuai rencana cuma ideku mau bikin cake yang orangenya bener-bener terasa. Maklum, dalam bayanganku, supaya yang tua juga mau makan cakenya, mereka pasti lebih suka cake yang segar daripada nyoklat. Aku udah beli nutrisari dan selai orange Morin (my favorite brand...Made in Indonesia! *proud*) aku suka selainya karena ada irisan tipis kulit jeruknya. So tasty and so classy! Nutrisari sengaja aku masukkan juga ke dalam adonan, selain untuk memperkaya rasa, juga bikin cake ku kekuningan dengan cantiknya.

Tapi ntah kenapa, bisa kerena udah ngantuk n' capek berat, 2 cake terakhir ada yang bantet dan ada yang gosong dengan suksesnya. Setelah lewat jam 1 malam, kita nyerah. Selasa pagi, aku baking lagi bikin 2 cake pengganti cake semalam. Setelah total ada 4 loyang cake, aku mulai nyusun di papan kue yang di bikinin sama si Jarot, temannya abangku Riri. Sedangkan kak Ika, pagi itu udah cabut ikut arisan dulu. Untuk polesannya, sengaja aku bikin buttercream campuran antara mentega puth dengan susu (1:1). Maksudnya biar terasa milkynya. Kebayangkan cream yang milky dan diolesi dengan selai jeruk segar??? hummm...yummy...

Trus aku mulai ngoles-ngoles, waduuuh...aku emang gak bisa deh ngoles buttercream dengan rapi. Kacau banget dah, mana kuenya gede, jadinya gak rata dan kentara banget berantakan. Disela-sela bikin kue yang kacau balau, akupun gak bisa fokus, mulai dari yang nanyain lauk, taplak meja, piring sampe di suruh Papa nyari bukunya dulu. Mana jam udah hampir jam 12. Aku nyoba hias seadanya, tapi tetap aja ancur-ancuran. Ada kak Ari yang baru pulang arisan juga, tapi cuma bisa ngasih support aja, soalnya dia juga gak tau urusan kue-kue-an...hehehe... Alhamdulillah, gak lama kak Ika nongol abis arisan. Masih dengan seragam, kuenya di perbaiki seadanya, warna tulisanku yang tadi biru muda di perjelas dan di beri kerang pinggir yang lebih biru.

O ya, tulisanku emang asal banget, gak di tengah dan bener-bener merepresentasikan tulisanku di buku jaman SMP...hahahaha... waktu kak Ika menghias, aku paksakan juga bikin figurin. Cuma satu aja, ceritanya Papaku lagi sholat. Yep, memang cita-cita Papa kalau beliau pensiun, ingin menghabiskan waktu untuk ibadah (Papaku pensiun 6 tahun lalu), dan seperti biasa, beliau konsisten dengan omongannya. Beliau mengisi hari-harinya dengan sholat dhuha, dzikir, sholat malam dan membaca Al-Quran. Makanya aku bikin figurin nya lagi duduk di sajadah. Seperti biasa, figurin ala aku selalu gembul, tapi yang parah, aku lupa bikin rambutnya, langsung aja tempel topi hajinya..hahahaha... yah, udah deh, yang penting tau maksudnya *ngeles*. Karena ngeliat kuenya kentara banget mati ide, kak Ika ingat waktu beli bahan, aku kan beli strawberry segar buat hiasan cake. Aduuuh...lupa! kalo tau ada strawberry, kan bisa di hias pake strawberry aja, lebih elegant. Tapi tetap aku ambil strawberrynya di kulkas (sayang kan...), aku susun di pinggir cake yang sudah di sembunyikan ke kamarku itu.

Gak lama, si Dea dan Arel muncul, mereka pun mau ikutan nempel strawberry di cake datuknya. Yo wis lah, no problemo... hasilnya cake yang lebih mirip taman strawberry...hehehehe..

Selesai acara pengajian yang di tutup dengan ceramah, cake langsung di bawa ke pendopo. Papaku pun motong kuenya di dampingi oleh anak-anak, para menantu dan cucu-cucunya. Senang rasanya ngeliat Papaku senyum-senyum hepi. Setelah masuk acara makan-makan sore, cakenya aku potong kecil-kecil supaya semua kebagian. Asiiiik...cake-nya ludes laris manis (karena enak atau mereka kasian aja karena tau aku yang bikin ya? hehehehe). Ada sodaraku yang ngomong gini "Tadi ngeliat bentuknya, parah banget, tapi pas di makan, enak ya..." hahahha... gak pa pa deeh, yang penting enak!

So,ini resepnya...

ORANGE MARMALADE CAKE
Camelia

Bahan :

6 btr telur
150 gr gula pasir
1/2 sdm emulsifier (aku pake TBM)
120 gr tepung terigu protein rendah
30 gr nutrisari orange (1 sachet)
75 gr margarine, lelehkan
1/2 sdt essence orange
Selai jeruk kualitas baik (aku pake Morin)

Caranya :

  • Campur tepung yang telah di ayak dengan nutrisari, aduk rata, sisihkan.
  • Dalam wadah, kocok telur dan gula dan emulsifier hingga benar-benar kental berjejak, tambahkan essence orange, kocok rata.
  • Masukkan campuran tepung hingga 3 tahapan sambil di aduk balik berlahan hingga rata.
  • Tambahkan mentega cair, aduk balik kembali hingga benar-benar rata.
  • Tuang adonan kedalam loyang ukuran 22 x 22 yang telah di olesi mentega. Panggang di oven hingga matang (lakukan test tusuk).
  • Setelah matang, keluarkan kue, dinginkan
  • Belah horizontal bagian tengah cake.
  • Olesi tengahnya dengan buttercream tipis dan selai jeruk. Tutup.
  • Siap untuk di sajikan ataupun di hias.

Buttercream

250 gr mentega putih australia
250 gr susu kental manis

Kocok bahan hingga rata dan dapat di spuit. Siap untuk digunakan.


PS : Ada tambahan gak begitu penting juga, tepat tanggal ini, tahun lalu (waktu itu pas hari Selasa) pagi-pagi aku ke bandara mau pulang ke Jambi supaya bisa menghadiri ultah Papaku siangnya (pas pengajian juga)...tiba-tiba si Mas nongol aja di bandara, mau ikut aku pulang ke Jambi. Cuma bawa baju di badan (akhirnya beli satu kemeja di bandara) gak jelas juga mau ngapain dia ikut. Eeeh...gak taunya, ehem... mau ngomong sama Papaku dan langsung gol maksud dan tujuannya...hehehehe.... Gak terasa, udah setahun lho...cihuuuy!

5 comments:

ina said...

waaaa..baca ehem-ehem di bagian akhirnya...hehehehhehee..

slamat ulang tahun datuk hasip...
slamat ulang tahun lamaran juga mbak lia...:)

smoga sehat slalu amiinnn...

M 3 RI said...

wah mba sepertix enak aq juga ntar mau nyoba buat ahhh buat ultah papah

lilas said...

Happy B'day to your beloved papa ya lia.. semoga beliau panjang umur, sehat, banyak rejeki dan bahagia selalu dengan lovely family..

nice writing as always.. like it!

Anonymous said...

assalamualaikum wr wb mba, mau nanya nih tentang butter cream..kapan2 jelasin ya tentang cara membuat butter cream yang enak dan butuh waktu berapa menit utk mengaduk butter creamnya.....

renia said...

salam kenal dari bandung ya mba.. menyenangkan sekali deh baca ceritanya, kayak ngobrol sama teman lama.. asik!! hehe sok kenal yak!
oiya ikut doa jg u papa nya, mg2 di beri umur panjang yg berkah dan sehat selalu.. amin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...