Search This Blog

Sunday, February 13, 2011

Pancakes

Ada gak, makanan yang sampe sekarang masih ingat dengan jelas waktu pertama kali nyobain? Aku yakin tiap orang pasti ada. Kalo aku, ya pancakes. Tiap kali makan pancakes, aku selalu keingat pertamakali makan pancakes. Kalo gak salah masih jaman kelas 1 atau 2 SD. Waktu itu ortu ku, abang-abang dan aku nginap di salah satu hotel di Jakarta. Karena aku dan abangku, Riri jaraknya cuma 1 tahun, jadi dia teman mainku dari kecil dulu. Jelas banget dalam ingatanku waktu itu Papaku sempat sebel sama aku dan Riri yang berenang pake ban gede...*hehe*. Papa berkali-kali narik ban itu dari kami, maksudnya supaya aku dan Riri belajar berenang. Naaah, pas ban kita di ambil Papa, aku sama Riri kompak naik dari kolam renang dan pindah ke tempat Ibuku yang nunggu di meja pinggiran kolam renang . Di meja itu, Ibuku sudah pesan pancakes lengkap dengan maple syrupnya... rasanya, aku dan abangku hepiiiiii banget! Papaku yang tadinya maksa kita berenang, jadi gak tega kayaknya, malah ikutan kita makan...(gak heran kalo sampe sekarang gaya berenangku cuma cukup buat mengapungkan diri aja...hihihihi).

Setelah itu, rasanya lamaaaa banget sampe aku makan pancakes lagi. Sampe aku high school-an di Amrik. Aku selalu ngerasa kalo pancake yang aku makan di hotel dulu itu pake madu. Pantesan rasanya gak pernah pas, karena setelah di Amrik, aku baru tau kalo yang di pake itu maple syrup. Baik rasa maupun aromanya, beda sama madu. Host Dadku yang bikinin aku pancakes plus maple syrup, waktu itu aku sampe loncat-loncat kesenangan, akhirnyaaaaa.... Maple syrup sendiri, kata host Dad ku di buat dari pohon maple. Daun maple, itu lho, daun yang ada di bendera Canada. Buatku, gak ada yang lebih mantap untuk pancakes selain extra butter *love it!* dan maple syrup
.

Anyway, beberapa hari lalu, abangku, Riri, beli pancake mix. Beberapa kali dia minta di bikinin, sama aku dan kak Ika. Aku sendiri lagi gak mood bikin, pancake, jadi aku cuek aja. Sama kak Ika sempat di bikinin, tapi kak Ika sempat bingung kenapa cepat gosong, dan gak mau tebal. Naaah, waktu jalan-jalan sama Riri n' the gank ke mall kemaren, aku sempatin mampir ke supermarket. Aku beli deh wajan crepes n' pancakes yang dari teflon untuk nyoba bikin pancakes sendiri. Kebetulan, kemaren si Dea cerita kalo dia mau berenang pagi-pagi tadi sama Ayahnya. Hum...pas kan kalo aku bikin pancakes, sebelum dia berenang. Riri pun semangat karena dia juga ingat asiknya nge-pancakes sambil berenang...hahahaha...

Sayangnya, bibi Lia tadi pagi telat bangun...hahaha... abisnya, tadi malam aku kecepatan tidur, biasa, capek beraaaatttt...eh, tenyata salah banget. Jam 2 pagi aku bangun segar-bugar dan terpaksa bengong sampe azan subuh. So, giliran aku bangun, Riri n' Dea udah berangkat berenang. Karena udah niat, tetap aja aku bikin pancakes. Kali ini aku bikin sendiri, ogah pake pancake mix dari perusahaan yang juga bikin mix untuk bolu kukus itu lho. Lagian, bikin sendiri gak ribet, host Dad ku dulu juga selalu bikin sendiri. Aku pake resepnya Martha Stewart yang menurutku bahannya simple dan selalu ada di rumah. Gak rumit-rumitlah.

Waktu pembuatan adonan, semua dari resepnya aku ikuti, kecuali aku tambahkan sedikit vanilla extract untuk menambah aroma. Adonan pancakes harus punya kekentalan yang pas. Kalau terlalu cair, pancake akan menipis dan gak akan naik, kalau terlalu kental, pancake akan keras saat matang nanti. Waktu mengukur tepung, tepungnya aku tekan kedalam cup hingga padat, setelah itu bagian atasnya aku ratakan. Hasilnya, jumlah tepung yang pas untuk cairannya. Sebelum mulai membuat pancake, wajannya aku olesi dengan butter tipis, dan aku lap dengan tissue. Sangat penting untuk membuat pancakes di atas wajan panas yang telah di oles mentega namun tidak berminyak. Wajan yang berminyak akan membuat permukaan pancakes gak mulus n' gak menarik euy!...

Waktu aku mengangkat wajan, memang terasa ringan. Aku ingat waktu di asrama dulu, bikin pancakes sama my roomates. Si Shannon punya pancake griddle persegi panjang (seperti baki) yang di letakkan di atas kompor. Waktu itu, bagian bawah griddle-nya tebal dan terasa berat. Aku bandingkan dengan wajan teflon yang aku punya, terasa ringan dan tipis *hiiiks!*. Jadi api yang aku gunakan kecil aja. Yang penting sebelum adonan di tuang, panasnya udah benar-benar rata. Ada tips yang diajarin Shannon untuk urusan pancakes, waktu adonan di tuang, jangan terburu-buru di balik agar matangnya rata. Tunggu hingga ada lubang-lubang kecil dan pinggirnya terlihat matang, baru dibalik. Selama pembuatan pancakes, gak perlu di geser-geser, biarkan saja ditempat semula, hingga benar-benar tidak lengket dengan sendirinya. Cara ini sukses bikin pancake ku selalu mulus n' cuanteeek...*cieeee*...ehem..

Time to flip it, Baby!

Pancakes ku tadi ukurannya gak begitu besar, diameternya sekitar 10 - 12 cm. Karena aku maunya satu orang bisa makan 2 atau 3 pancakes, daripada makan 1 yang besar. Bikin cepat bosen. Pancakes yang udah jadi, aku masukkan ke wadah tahan panas yang di tutup, trus aku simpan di dalam oven yang udah dipanaskan sebelumnya, agar pancakes tetap hangat waktu di sajikan. Aku ambil beberapa pancakes untuk si Mas yang aku paksa duduk di meja makan nungguin...hehehe... si Mas makan pancakes pake madu asli yang dia beli, syukurlah, dia suka. Tapi, lain kali kalo makan pancakes pake madu, madunya jangan banyak, maniiiissss banget... (maklum, pancake si Mas buat di foto...hahaha..).

Gak lama setelah itu, Riri n' Dea pulang dari berenang. Keduanya ngeluh kelaparan, soalnya di tempat berenang yang jual makanan belum pada buka, kepagian...hahahaha... si Dea langsung nagih pancakesnya. Dia udah siap sama koleksi topping yang dia punya, caramel, blueberry sampe mesis. Kak Ika sempat heran liat kombinasi topping si Dea yang di taburi mesis ...hahahaha... si Riri sama seperti aku, ngoles pancakesnya dengan butter tebal-tebal, baru di siram blueberry. Kayaknya baik Ayah maupun Anak-nya bener-bener lapar, makan pancakenya langsung dilipat aja, trus masuk mulut pake tangan...whoa ha ha ha... gak pa pa deh, senang ngeliat mereka makan pancakes dengan lahap... sayang gak ketemu maple syrup di Jambi, padahal di rumah Jakarta selalu nyetok tuh. Tapi diantara semua toppingnya Dea, aku paling suka pancake yang di oles butter tebel, di siram topping caramel...uenaaaak... by the way, semua toppingnya Dea, dari Moriza, made in Indonesia lho....horeeee...*proud*

Ini resepnya yaaa...


BASIC PANCAKES
Martha Stewart

Ingredients
  • 1 cup all-purpose flour (spooned and leveled)
  • 2 tablespoons sugar
  • 2 teaspoons baking powder
  • 1/2 teaspoon salt
  • 1 cup milk
  • 2 tablespoons unsalted butter, melted, or vegetable oil
  • 1 large egg
  • 1 tablespoon vegetable oil
  • Assorted toppings, such as butter, maple syrup, confectioners' sugar, honey, jams, preserves, sweetened whipped cream, or chocolate syrup

Directions

  1. Preheat oven to 200 degrees; have a baking sheet or heatproof platter ready to keep cooked pancakes warm in the oven. In a small bowl, whisk together flour, sugar, baking powder, and salt; set aside.
  2. In a medium bowl, whisk together milk, butter (or oil), and egg. Add dry ingredients to milk mixture; whisk until just moistened (do not overmix; a few small lumps are fine).
  3. Heat a large skillet (nonstick or cast-iron) or griddle over medium. Fold a sheet of paper towel in half, and moisten with oil; carefully rub skillet with oiled paper towel.
  4. For each pancake, spoon 2 to 3 tablespoons of batter onto skillet, using the back of the spoon to spread batter into a round (you should be able to fit 2 to 3 in a large skillet).
  5. Cook until surface of pancakes have some bubbles and a few have burst, 1 to 2 minutes. Flip carefully with a thin spatula, and cook until browned on the underside, 1 to 2 minutes more. Transfer to a baking sheet or platter; cover loosely with aluminum foil, and keep warm in oven. Continue with more oil and remaining batter. (You'll have 12 to 15 pancakes.) Serve warm, with desired toppings.

6 comments:

~Norul Mas Hana ~ said...

looks so yummy!!

Patyskitchen - Exploring Global Flavor Around The World said...

Resipi di sini menepati citarasa keluarga saya, saya ikut ya.

Anonymous said...

Here is how to make Maple Syrup, you can watch in here http://www.youtube.com/watch?v=PML-cjYzENU

thekyzt said...

Hi Mba Lia,
Saya udah cobain resep & trick bikin pancake. TOP deh...hasilnya anak2 suka banget biarpun dimakan plain, hehhe...thanks for sharing.

Kris

Anonymous said...

bikin maple syrup bukan dari daun maple tetapi dari batang pohon di lubangi, syrupnya keluar dari situ. Semoga keterangannya bermanfaat :)

mila said...

mba lia..ijin nyontek resepnya..aq pngen buat pancake ini buat anak qu..dia suka bgt kue2 rumahan..hehe..tp aq mau tny itu tepungnya 1 cup ap ya?hehe..susunya jg 1 cup ap ya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers