Search This Blog

Loading...

Saturday, September 22, 2012

Kolang Kaling Si Mama



Ampun dah, wifi di rumah pelaaaaaaaannnnnn banget, setelah 2 hari ini gak bisa connect sama sekali. Eih, bisa jadi lebih dari 2 hari, soale selama kita di jalan-jalan 2 minggu terakhir ini kan gak ada yang notice internetnya lancar apa gak...huuuh! gak sopan banget deh, kayaknya tiap 2 bulan sekali adaaa aja masalahnya. Ada yang tau gak ya selain telkom enaknya pake apa? rese' dah...*ngomel mlulu*

Hum...ini proyek pertama nih setelah pulang liburan lumayan panjang. Ceritanya sih gak liburan, dari Jambi, pamitnya nemenin Papaku check-up ke Melaka, trus nyambung ke Malang nganterin mobil Abangku, Riri yang sekarang stay di sana buat kuliah, sekalian donk daku mengunjungi Ibu dan keluarganya si Mas di kampung halamannya. Eeeehhh...gak taunya, udah nyampe Jakarta, baru dapat kabar kalo dokter Papa lagi cuti hari kemardekaan...yeah...akhirnya karena udah cabut dari Jambi, rencananya di balik aja, tour de Malang dulu, baru ke Melaka. Asik juga sih naik mobil ke Malang, aku, Papa, si Mas dan Muji, supir Papa yang nyusul datang dari Jambi. Menuju Malang, Papa mau mampir Yogya tempatnya kuliah dulu, jadi ya kita mampir-mampir, selain nginap di Yogya, kita juga nginap di Solo, yang ini gak sengaja, gara-gara mampir ngeliat kampungnya si Muji di Gunung kidul, jadi kemalaman deh. Tapi aku suka nginap di Solo, selain makanannya enak-enak, aku juga sempat ketemu sama si Roy, temanku waktu di Perth dulu. Udah 17 tahun euy gak ketemu!! seruuu dehhhhh!!

Naaaah....abis dari Malang, kita istirahat dulu di Jakarta dua hari sebelum terbang ke Melaka. Kebetulan, pas balik dari Malang, Mom Elly bikin halal bi halal di rumahnya. Karena udah lama banget gak ngumpul sama gank NCC Jakbar, aku bela-belain langsung dari bandara ke rumahnya sambil nenteng bakso sumsum Cak Hadi, dari kampung si Mas buat potluck (nanti aku cerita Cak Hadi di posting lain yaaa...*love it!*). Di rumah mom Elly, selain ketemu teman-teman yang kerjanya haha hihi, juga ketemu lagi deh sama si Mama. Slight info about si Mama ya...ini Mama-nya mom Elly. Beliau sukaaa banget kalo kita datang ke rumahnya. Orangnya rame, enak di ajak ngobrol, suka ngasih nasehat dan kita udah dianggap seperti anaknya sendiri sama si Mama. Kalo buat aku, ngobrol sama si Mama yang berdarah Melayu tulen (kayak daku donk! *hihihi*) berasa pulang kampung. Kalo udah cerita budaya dan makanan khas Melayu Sumatra, si Mama nih jagonya.



Waktu lagi duduk-duduk, mataku tertuju sama manisan kolang kaling yang tinggal dikit banget. Langsung aku comot deh..eeeehhh...enaaak...aku emang suka manisan kolang kaling. Kalo di Jambi suka iseng beli sama tukang buah yang jual kolang-kaling yang ditusuk lidi. Rasanya manis segar lumayan bikin hepi. Tapi kalo di Jambi warnanya putih aja, punya mom Elly ini warnanya merah. Kirain di kasih pewarna, gak taunya merahnya dari syrup cocoa pandan. Yeaaaappp....syrup aja Babe!!

Penasaran cara bikinnya, langsung diajarin sama si Mama. Gak nyangka, gampang n' mudah bangeeettt. Karena bahannya dikit, aku ingat-ingat aja. Dulu rasanya aku pernah bikin (dan posting!) cara pembuatan manisan kolang-kaling juga (heran, postingnya koq ilang yaa??). Tapi waktu itu kolang kalingnya direbus bersama gulanya. Kali ini caranya agak beda, gulanya dibiarkan larut sendiri. Jadi udah di niatin di hati, kalo pulang nanti mesti di coba bikin sendiri. Eeehhh...gak taunya pas besoknya ke Melaka (sayang banget ada kejadian gak enak di bandara KLIA, petugasnya sok dan kasar abiiisss! selalu ada aja yang begitu... *muak*), aku ketemu dokter Teo (selain Papa, aku juga check) malah si dokter yang sebel, soalnya kadar gulaku tinggi euuuyyy....doi bete berat, waktu datang pertama kali, beberapa bulan yang lalu, aku sampe  dikirim dokter Teo ke ahli nutrisi untuk membantuku mengatasi kadar gula dan juga supaya kuyus, jadi gak gembul lagi, naaaahhhh....pas balik lagi, kadar gulaku tetap tinggi dan berat badanku malah nambahhh....whoa ha ha ha ha ha....(yeah sorry deh doc, efek pasca lebaran...*ngeles*)....Untung deh dokter Teo itu baik banget, orangnya ramah n' soft-spoken gituuu....

So, sempat ragu juga mau bikin manisan kolang kaling. Tapi, pas ke pasar sama si Wiwin n' si Ina (mereka yang sekarang bantu-bantu di rumah) ngeliat tumpukan kolang kaling, jadi mupeng deh. Setelah berjanji sama diri sendiri buat makan dikiiiiitttttttt aja...mulai deh pilih kolang-kaling. Ikut kata mom Elly aja, di pilih satu-satu supaya dapat yang lembut. Pertamanya sih semangat, karena kentara koq ditangan mana yang keras dan mana yang lembut, tapi ampuuuuunnnnnn gak betah!!! apalagi mesti jongkok segala, asoooy banget dilutut...hihihihihi...akhirnya diambil alih sama si Wiwin n' Ina. Yup yup, kali ini bikinnya sekilo aja, setengah dari resep si Mama.



Sampe rumah, crosscheck soal bahan dulu sama mom Elly, trus langsung bikin deh. Bela-belain kebut-kebutan sama jadwal rapat. Sebelum maghrib aku rebus selama sekitar 30 menit, trus aku apinya aku matiin. Pulang rapat sekitar jam 10 malam-an, airnya aku buang dan aku rebus lagi sekitar 30 menit, trus malam-malam juga di temani si Mas, mulai nyampur-nyampur supaya besok paginya bisa di makan....niaaaaaaattttt bangeeeet yaaa....

Besoknya, aku cicipi, sukaaaaa deh, seger gitu. Walaupun udah gak bulan puasa, ternyata asik juga nge-kolang kaling dingin dari kulkas. Makin siang rasanya makin enak (ya iyalah, karena makin lama kerendam air gula). Malamnya ada si Ega, sepupunya Juan, Icha dan sepupuku Tona yang datang dan langsung aku paksa buat nyicipin. Alhamdulillah, responnya positif...hihihihihi...aku sajikan dengan es batu, selain lebih enak dingin, juga supaya gak terlalu manis.Tadinya aku mau eksperimen dengan syrup rose merah kesukaanku, tapi dirumah masih banyak syrup coco pandan dari parcel lebaran, ya akhirnya diberdayakan aja supaya cepat abis. Aku kebayang sih bakalan enak banget kalo bikin kolang kaling seperti ini dengan aneka syrup, supaya lebih banyak variasinya.

Nah, ini aku posting resepnya ya, cara pembuatannya aku sesuaikan dengan caraku aja ya,,,

KOLANG KALING Si Mama
Si Mama-nya mom Elly

Bahan :
1 kg kolang kaling
1/2 kg gula pasir
1/2 botol syrup coco pandan (aku pake 400 ml)
Beberapa lembar daun jeruk dan beberapa butir cengkeh (bila suka)

Caranya :

  • Dalam wadah, masukkan gula pasir, daun jeruk yang sudah diiris dan cengkeh (bila pakai), sisihkan.
  • Rebus kolang kaling minimal 30 menit, tiriskan. Masukkan kedalam wadah yang berisi gula, tambahkan syrup, aduk rata.
  • Diamkan hingga panasnya hilang, simpan dalam kulkas minimal 6 jam.
  • Siap disajikan.
  • Enjoy!




3 comments:

Silvia said...

Mbak Liaa.. selalu suka deh sama postingannya, ceritanya seru-seru. Mbak, untuk kolang-kalingnya apa perlu direndam di air beras dulu ya sebelum direbus? Dulu aku bikin kolang-kaling, dikasi tipsnya begitu biar nggak asem / bau asem (?)

Camelia said...

hello mba Silvia,
aku pernah dengar tips begitu. mungkin ada baiknya dicoba ya. kebetulan kemaren itu kolang kaling yg aku beli emang gak asam. tpi next time aku coba tipsnya. makasih buat sharingnya ya

Silvia said...

Sipp Mbak Lia, aku juga lain kali mau coba kolang kaling resep si Mama. Kayaknya enak dan menggiurkan. Makasih juga udah sharing resepnya ya Mbak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...