Search This Blog

Loading...

Sunday, October 14, 2012

Financier


Dari kemarin aku udah bikin rencana nyantai aja di rumah. Gak mau ngapa-ngapain dan gak mau mengerjakan hal-hal yang bikin aku mesti mikir berat dan berhubungan dengan orang-orang yang gak begitu menyenangkan *boohoo*.... hihihihi.... well, pagi tadi sama Papa dan si Mas, kita naik mobil ke arah Buluran menuju Aurduri. Tujuannya gak lain dan gak bukan, ya beli ikan sungai yang segar-segar. Ikan yang baru diangkat dari sungai, masih hidup n' fresh banget dijual di sepanjang jalan. Papaku suka banget ngajak kita kesini, kadang kalo ada cucunya, pada ikut semua. Aku sendiri juga suka ngeliatin ikan-ikannya. Karena bukan ikan pelihara/kerambah, di sini ikannya untung-untungan tergantung tangkapan. Kadang dapat ikan patin sungai (yang rasanya jauuuuhhh lebih enak daripada patin kerambah), ikan baung, tebakang, palau, lais...pokoknya ikan-ikan sungai yang enak-enak deh. Sayang, kali ini ikan yang ada tinggal yang ukuran kecil dan sedang. Tapi cukup bikin hepi deh, sampe rumah, ikannya langsung di goreng aja, dimakan sama sambal kecap...humm..yumeeee...kenyangnya sampe siang...eeeh...koq malah ngomongin ikan goreng yaaa....hihihihi...

Anyway, abis beli ikan, si Mas langsung siap-siap berangkat kuliah...doi back to campus tuh buat nambah ilmu dan nambah gelar baru...hehehehe... mudah-mudahan kuliahnya lancar ya Mas, dan cepat lulusnya...Amiiiinnn.....Karena ini hari pertama si Mas mulai kuliah, aku bersiap mau baking aja. Lumayan buat nemanin si Mas minum teh sore hari-nya. Pilihanku jatuh sama kue minum teh-nya orang perancis Financier.... Aku sendiri bisa di kategorikan baru banget kenal sama kue mungil ini. Paling baru setahun terakhir ini aja. Gara-gara kalo ke cafe favorite ku (dan si Mas!), selalu bingung mau beli cemilan apa. Mufin dan cake-nya selalu berukuran besar dan aku juga gak begitu menikmatinya,menurutku rasanya terlalu pas-pas-an. Naaaahhh....baru deh aku ketemu cake mungil yang dibungkus plastik. Suka karena ukurannya kecil, dan keliatan seperti cake biasa aja. Ternyata, aku jadi suka bangeeetttt.... ukurannya pas dan rasanya gak nge-bosenin. Aku nyemil Financier sambil minum kopi, teh, bahkan juice, rasanya cocok aja tuh. Pokoknya aku sempat dilanda demam Financier....*as always*
 
 

So, beberapa waktu lalu, aku mulai deh cari resep Financier ini. Sempat geli juga karena kalo di search "Financier", yang keluar malah termasuk kaitannya dengan keuangan (Finance), ternyata, katanya Financier ini pertama kali di bikin oleh seorang chef perancis yang bakery-nya gak jauh dari gedung stock exchange...hehehe...ada-ada aja ya.....selain itu aku jadi dapat banyak resep dan jadi tau kalo Financier ini di baca Fi-nan-si-ehr  bukan Fai-nan-cier (aku selalu begitu..hehehe). Dari beberapa resep, lebih kurang sama aja, yang paling jelas kesamaannya adalah, bentuknya mungil, menggunakan brown butter, mengandung almond dan putih telur. Ada juga yang bikin Financier ukuran besar, tapi gak banyak. Karena yang di cafe itu bentuknya mungil, maka aku pilih yang mungil juga, aku pakai resepnya joy of baking. Tapi gak aku tambahkan berry atau lainnya, biarin polos aja. Again, supaya mirip sama yang di cafe...*ngotot*

Sayangnya saat udah semangat mau baking, eeehh...baru nyadar stok telur udah abis. Minta tolong si Ina beliin di warung langganan, malah tutup. Ya udah, gak jadi suprise buat si Mas, soalnya malah nitip di beliin telur pas pulang nanti...hihihihi.... Lucu deh ngeliat si Mas pulang kuliah malah ngeluarin telur dari tas laptopnya...kayak tukang sulap...TA DA !!!..hahahaha....maaaaafff ya saaay...*hug hug*. Anyway, aku mulai dengan bikin brown butternya. Brown butter ini cuma unsalted butter yang di masak hingga kecoklatan (tapi gak gosong ya). Tapi ini vital dalam pembuatan Financier, brown butter ini nanti yang akan memberi aroma butter-caramel yang menjadi ciri khas cake mungil ini. Di joy of baking, setelah brown butter jadi, di saring dengan saringan dan kain kasa supaya mendapatkan brown butter yang bening. Tapi di beberapa resep, ada juga yang gak disaring sama sekali, bahkan butiran kecoklatannya ikut di gunakan. Tadi aku ambil jalan tengah, brown butternya aku saring biasa aja, lagi pula aku juga gak punya kain kasanya....*yeeee ngaku ajaaaa*....hahahahaha....



Ternyata bikinnya gampang banget!!!! gak perlu ngeluarin mikser sama sekali karena putih telurnya cukup dikocok dengan whisk kawat sebentar aja dan semua tinggal diaduk dalam satu wadah. Pas matang...duuuh, wanginyaaaa...rasanya juga enaaaakkkkkk.... bakalan sering bikin nih, apalagi kalo kebanjiran putih telur abis bikin lapis legit, tinggal di timbang aja putih telurnya. Sukaaaa banget sama cakenya yang kering di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Almondnya berasa banget dengan manisnya gula dan butternya beneran bikin enak banget. Menurutku, cake ini justru almondnya lebih kentara daripada Financier yang ada di cafe itu. Enyaaakkk....

Sayang banget, giliran Financiernya jadi, si Mas malah tiduuurrrrr....sementara, aku udah abis 3 biji niiihhh.....whoa ha ha ha ha... hum...kayaknya kuliahnya bikin capek banget kali ya. Gak pa pa deh, ntar bangun pasti laper, gak sabar pengen lihat reaksinya nyicipin Financier made by his beloved wife...ehem...*whuekkkk!*...hahahaha...

Niiihhh...resepnya. Sangat di sarankan ngelihat video pembuatannya di websitenya langsung ya...



FINANCIER
Stephanie Jaworski (joyofbaking.com)



Ingredients

1/2 cup (113 grams) unsalted butter
1/4 cup (30 grams) all purpose flour
1/2 cup (55 grams) ground almonds (can use almond meal/flour)
3/4 cup (90 grams) confectioner (powdered or icing) sugar, sifted
1/8 teaspoon salt
3 large (90 grams) egg whites, lightly beaten
1/2 teaspoon vanilla extract
fresh berries (optional)

Method

Preheat the oven to 400 degrees F (200 degrees C) with the oven rack in the center of the oven. Place 12 rectangular or boat shaped tartlet molds (each holds about 2 tablespoons of batter) on a baking sheet. (Can also use mini muffin cups.) 

Place the butter in a small light colored saucepan over medium heat. Once the butter has melted let it come to a boil, swirling the pan occasionally. As it boils you will notice that a foam will appear on the butter's surface. Continue to cook the butter until it looks clear and the milk solids have dropped to the bottom of the pan and have turned golden brown. Remove from heat and immediately pour through a cheesecloth-lined strainer. Let cool to room temperature. You will need 1/3 cup (80 ml) of brown butter. Use the leftover brown butter to butter the molds (use a pastry brush). 

In a large bowl whisk together the flour, ground almonds, confectioners sugar, and salt. Make a well in the center and fold in the lightly beaten egg whites, vanilla, and the brown butter. Fill each mold almost to the rim and bake for about 4 minutes (batter is set around the edges but still soft in the center). Remove from the oven and gently place one or two fresh raspberries on top of each. Bake a further 5-7 minutes or until the Financiers have become golden brown around the edges and are springy to the touch. Remove from oven and let cool on a wire rack. These are best eaten warm from the oven, but they can be covered and stored for a few days at room temperature or in the refrigerator.

Makes about 12 Financiers

Thursday, October 11, 2012

Glazed Lemon Pound Cake


Ok, selama ini aku memang lebih sering ngeluh saat dilanda baking blues. Bawaannya malas baking aja. Tapi honestly, beberapa minggu terakhir ini aku tuh malah pengen banget nge-baking lagi. Kegiatan yang merupakan prioritas malah terasa seperti beban yang membosankan, karena hobi baking-ku terpaksa ditinggalkan untuk sementara waktu. Selain itu mungkin juga karena faktor dapur yang kelamaan jadi (masih bete berat sama tukang bikin lemari dapur yang super lambat). Bayangin aja, kalo tukangnya ngomong sok yakin banget kalo 2 minggu selesai, eh gak taunya di total hampir 5 bulan. Kapok banget deh berurusan sama orang gak jelas gitu. Pokoknya rasanya lamaaaaaaaaa banget sampe aku punya tempat yang bisa baking dengan nyaman. Eeeh...giliran urusan dapur beres, malah kegiatanku yang mulai menumpuk, rasanya gak ada habis-habisnya...*sigh*.

Tapi minggu ini, aku sempat-sempatkan baking, walaupun artinya baru bisa mulai jam 9 malam, yang penting bikin. Beberapa hari lalu, aku sempat bikin cake cherry, hasilnya cake-ku keriiiiing dan keraaaaasss euy. Aku masih belum terbiasa sama ovenku yang pake gas mark. Terpaksa deh cakenya mangkal di tong sampah. Trus aku juga nyoba bikin macaron lagi. Harapanku sih gak muluk-muluk amat, aku cuma mau kenalan aja sama ovenku. Lha, pake oven yang lama aja macaron gagal terus, apalagi oven yang belum aku pahami apa "maunya". Tapi kali ini lumayan hepi sama macaronnya, karena loyang ke-3, hasilnya membaik. Sudah ada "kaki" walaupun pendek banget. Nanti deh ya, aku posting perjuangan bikin si Macs. Rencananya emang aku mau nyiapin beberapa hari buat ngotot bikin macaron doank sampe jadiiiiii!!!!! *ketok meja*

Tadi malam, aku mulai baking lagi. Karena mulainya juga udah malam *ck..ck..ck..*, dan aku juga masih bingung sama si oven, aku menghindari bikin cake yang rumit, ber-layer ataupun yang banyak stepnya (takut ngantuk euy...!). Jadi aku milih bikin pound cake aja. Dapat resepnya dari websitenya Martha Stewart. Sebenarnya, udah lama juga sih aku pengen bikin lemon cake, malah udah berkali-kali beli lemon yang pada akhirnya dipake buat  air putih doank. Selalu gagal karena ada aja resep lain yang menurutku bentuknya lebih menarik, nge-trend dan lebih modern looking *ehem*. 


Yep, lemon cake ini cake yang simple banget. Bikinnya bisa dikatakan mudah, bahannya juga gak sulit sama sekali. Untuk buttermilk-nya aku bikin dari susu yang aku beri perasan jeruk lemon hingga mengental sendiri. Pertama mulai proses nge-mix, memang adonan terlihat berat, tapi setelah dicampur tepung dan buttermilk, adonan mulai terasa ringan dan fluffy. Aku sengaja manggangnya di loyang bunt cake. Suka deh sama loyang Nordicware, panasnya merata. Kalo biasanya cake-ku ada bagian yang terlihat kurang gelap, bahkan ada yang lebih gosong, kali ini cake-ku warnanya terlihat cantik merata. Kayaknya aku bakalan rajin deh beli loyang begini, puas banget sama hasilnya.

Setelah matang, cake aku biarkan sebentar di loyang sebelum di angin-anginkan di rak kawat.  Walaupun namanya pound cake yang terkenal sebagai cake yang padat, tapi resep ini boleh deh di kasih jempol. Hasilnya lembut, light dan moist banget. Waktu di oven, aroma butterynya sampe ke mana-mana. Pokoknya gak nyesel, apalagi rasa lemonnya terasa sekaleee, padahal gak pake essence lemon at all. Love it so much! Si Mas juga suka. Cake simple begini, memang pas buat si Mas yang memang gak begitu suka cake yang dipenuhi cream ataupun frosting. A simple lemon cake aja.

O ya, untuk glaze-nya aku gak ngikut cara yang tertera di website. Aku hanya bikin dikit, jadi icing sugarnya gak nyampe 1 cup. Aku beri sedikit air dan perasan lemon. Sengaja aku campur air supaya gak terlalu asam. Lemon glazenya gak dominan, tapi hanya untuk memperkaya rasa. Jumlah gula dalam resep yang semula 2 cup, aku kurangi hingga 1,5 cup. Manisnya terasa pas, gak overly sweet. Tapi next time, aku bakalan pake 1 cup aja, mengingat aku mesti itung-itungan sama kadar gula dan gak niat ngajak orang-orang jadi terkena diabet juga...hihihihi...be reasonable aja saat makannya kali ya...

Nah, ini resepnya. Sengaja gak aku terjemahin. Bukan apa-apa, kayaknya aku memang gak bakat jadi penerjemah, aku aja kadang bingung baca hasil terjemahanku sendiri. Jadi aku posting apa adanya aja deh...



GLAZED LEMON POUND CAKE
Martha Stewart


"For best results, bring all the ingredients to room temperature before getting started. When zesting and juicing lemons, grate zest first, and then squeeze out juice"

Ingredients

1 cup (2 sticks) unsalted butter plus more for pan-->aku pake salted butter
3 cups all-purpose flour (spooned and leveled), plus more for pan
3/4 cup low fat buttermilk
zest of 2 lemons, finely grated
1/3 cup fresh lemon juice (about 2 lemons)
1 1/2 teaspoon salt-->aku gak pake karena udah pake salted butter
1/2 teaspoon baking powder
1/2 teaspoon baking soda
2 cups sugar --> aku cuma 1 1/2 cup
5 large eggs


Directions
  • Preheat oven to 350 F, with rack in lowest position. Butter and flour two 4 1/2-by-8-inch (6 cups) loaf pans.---> aku pake loyang bunt cake ukuran 12 cup.
  • In a small bowl (or liquid measuring cup), combine buttermilk with lemon zest and juice. In a medium bowl, whisk together flour, salt, baking powder and baking soda.
  • With an electric mixer, cream butter and sugar until light and fluffy. Add egges, one at a time, beating well after each addition.
  • With mixer on low, add flour mixture in three parts alternately with the buttermilk mixture in two, beginning and ending with flour, beat just until smooth (do not overmix).
  • Devide batter evenly between pans, smooth tops. Bake until a toothpick inserted in centers comes out clean, 50 to 60 minutes (tent with foil if browning too quickly). Cool 15 minutes in pan. Turn out cakes onto a rack, cool completely before glazing.
  • Set rack with cakes over a baking sheet lined with waxed paper. Pour glaze over cakes, letting it rundown the sides, let dry, about 30 minutes.
PS : The batter can also baked in a 12 cup buttered and floured nonstick bundt pan, the cooking and cooling times are the same.



LEMON GLAZE

Ingredients
  • 2 cups confectioners' sugar
  • 3 to 4 tablespoons fresh lemon juice
Directions
  1. Place confectioners' sugar in a medium bowl or liquid measuring cup; stir in lemon juice (glaze should be thick, yet pourable). Add more sugar or lemon juice, as necessary, to achieve desired consistency.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...