Search This Blog

Saturday, January 23, 2016

Milky Crispy Almond



 Heiiii...heiiii...
Wuiiihhh...last post, hampir setahun yang lalu... hiks hiks... selain kesibukan, memang rasanya nge-blog udah gak bisa keep up dengan kegiatan lainnya. Gak sepraktis instagram yang tinggal jepret dan gak perlu berkata-kata. Tapi memang ada sisi lain dari nge-blog, bisa lebih personal dan bisa terdokumentasi dengan baik. Apapun itu, lately emang aku jarang banget ngeblog, baking juga udah hampir lupa gimana caranya saking lamanya gak bersentuhan sama oven. Kesibukan yang menguras waktu, tenaga, dan fikiran (plus perasaan...hehehe). Tapi, I am glad its over. Walaupun hasilnya belum berhasil, tapi aku bersyukur sudah mencoba sebaik-baiknya dan dengan cara yang baik pula. Mungkin memang Allah lebih tau yang terbaik untuk aku. So, now I can move on. Kembali menjadi the ordinary me. Tetap harus selalu bersyukur, termasuk bersyukur akan waktu untuk fokus untuk diri sendiri dan keluarga tentunya.

Baking yang semula sekedar hobi, sekarang jadi penyelamat untuk mengisi kebosanan sambil menunggu pulih kembali. Bukan dari kesibukkanku (ntar dikira depresi pulak...hahaha) tapi pulih dari sakit usus buntu! ya Allah...beneran deh, kapok sekapok-kapoknya gak ngikutin omongan dokter yang udah nyuruh aku operasi usus buntu secepatnya. Tapi karena banyaknya kegiatan, ditunda-tunda terus. Eeeehh...giliran mau liburan ke Jakarta, malah harus masuk rumah sakit. Parahnya lagi, operasi usus buntu yang tadinya simple, malah jadi rumit karena ususnya udah keburu pecah dan infeksi. Jadi deh operasinya ditengah perut....hiks! Alhamdulillah semua akhirnya berjalan lancar. Aku bersyukur sekali punya orang tua, suami dan keluarga yang sayang sama aku. Semua memberi support aku supaya cepat sembuh dan semua membantu mempermudah urusanku selama di rumah sakit. Alhamdulillah ya Allah....


 Anyway, back to baking...
Tadinya aku pede abis kalo kali ini bisa posting dua, crispy almond yang aku bikin kemaren dan macaron yang aku bikin sore tadi. Ternyata, terlalu muluk! macaronnya gagal lagiiiii *nothing new*. gak tau dah salahnya dimana. Padahal udah maksa si Mas anterin aku beli thermometer (yang lama abis batre) buat nyoba Italian method yang pake gula panas. Hasilnya sih kayaknya udah betul, tapi pas dipanggang kakinya hanya naik separuh. Loyang berikutnya malah aku putar supaya panas rata. Tetap aja gagal...ntar deh kapan-kapan di coba lagi *bete*. Naaaaahhh...mending ngebahas yang berhasil aja deh, berhasil dengan cantik malah...*ehem*. 

Crispy Almond atau Almond Crispy sih...?
Either way, yang pasti kepingan tipis ini berhasil bikin aku kesengsem setahun belakangan ini. Bermula dari kak Ika yang bawa oleh-oleh crispy almond dari Surabaya, hingga booming juga di my milis tercinta NCC. Rasanya manis renyah dan almond yang menambah tekstur bikin kita gak pengen berhenti saat mencicipi. Udah lama juga pengen bikin sendiri, tapi gak pernah kesampaian. Nah, pas di Jakarta abis keluar dari rumah sakit, aku janjian sama temenku yang baik hati, Arni. Itu lho, yang punya Viani's Cookies, buat ngeteh bareng di Markas NCC sambil kangen-kangenan sama ketua NCC Bu Fatmah yang udah lamaaaa banget gak ketemu. Naaah, kita juga ngajak si Lily Maknya Tyu yang punya Tyu bakingtools shop.

Waktu itu aku juga nanya Arni via fb dimana beli cetakan almond crispy, langsung deh diarahin ke Lily, horeeeee....sekalian aja aku pesen ke Lily buat dibawain sekalian pas nge-teh bareng. Singkat kata, pas ketemuan di Matraman itu asik banget deh, ngobrol panjang, curhat, sambil ketawa ngakak. Aku juga dibawain Arni almond crispy green tea buatannya. Enyaaaak banget, renyah. Sisanya aku bawa pulang dan aku kasih si Mas cobain, tenyata dia juga suka banget, Ava pun suka!. langsung nanya resepnya sama Arni...cihuuuyyy dapat! Tapi karena keterbatasan bahan yang ada di Jambi, jadi resepnya aku rombak dan aku bikin rasa vanilla saja. Beberapa bahan ada yang di ganti dan ada yang memang dihilangkan. Walaupun begitu, kemarin semua langsung ludes dan semua juga setuju kalo udah cukup enak. Semua dalam artian yang nyobain yaaa...kebetulan di rumah lagi banyak keponakan yang ngumpul (Dea, Nia, Tia, Ade, Maskun) plus si Mas, little Ava, kak Ika dan abangku, Riri (full house yeeee...hehehehe). 


Eits lupa, aku bikin ini gak sendiri lho. Dibantu sama Dea, mulai dari nyetak, taburan almond dan manggang di oven, berdua sama Dea. Aku coba baking dengan dua cara, pertama dengan kertas baking, hasilnya agak susah dilepas dan banyak yang patah. Padahal kertasnya keren lho, dibikin kayak almunium foil gitu, tinggal sobek aja. Tapi tetap aja hasilnya kurang menggembirakan....atau emang aku yang salah pake' nya ya? *wonders*.... selanjutnya aku pake silikon mat (biasa disebut silpat), nah...baru deh gampang dilepas. Belakangnya jadi rapi dan licin... Selain masalah alas, mencetaknya pun lumayan tricky. Aku kewalahan mencari cara supaya rapi, tetap aja kurang pas. Ini yang bikin aku mikir kalo memang mau bikin crispy almond rutin atau untuk jualan (profesional look), sebaiknya ikutan deh kursusnya di NCC. Karena setelah jadi, punyaku gak sekeren, bahkan jauuuh banget kalo dibanding dengan punya Arni. Kalo buatan Arni baik bentuk maupun tebal tipisnya bisa seragam semua. Begitu juga teknik pemanggangan, perlu trial dan error.

In conclusion... 
Hasil kali ini aku udah cukup puas. Tapi aku juga masih penasaran mau coba bikin lagi. Mungkin dengan rasa ataupun teknik yang berbeda. Karena waktu aku lihat di youtube, ternyata banyak banget resep dan cara pembuatannya. Ada yang adonannya terlihat kental dan padat seperti adonan kue lidah kucing, ada juga yang encer yang cukup dituang dan ditipiskan dengan sendok. Teknisnya juga macam-macam, ada yang cuma pake putih telur, ada yang telur dan bahan lain dipisah, ada juga semua bahan dicampur jadi satu dan di mikser sekalian. Ini nih yang bikin penasaran, dan tentu saja akan kulakukan kalo gak lagi malas atau lagi gak ada resep lain yang menarik buat dicobain *heehee*.

Ini resep yang aku pake kemarin. Selamat mencoba dan good luck!



MILKY ALMOND CRISPY
by. Camelia (modifikasi dari resep Almond Cheese Crispy NCC)

Bahan :
5 butir telur
150 gr gula pasir
140 gr terigu protein sedang (eg. segitiga biru)
2 sdt perasa susu
2 sdt emplex
150 gr almond slice disangrai/dioven matang

Caranya :
  • Kocok telur dan gula hingga kental berjejak
  • Masukkan terigu, emplex sambil diayak
  • Aduk rata dengan mikser kecepatan rendah, masukkan perasa susu, mikser lagi.
  • Alasi loyang dengan baking sheet/silpat
  • Cetak adonan, taburi almond.
  • Oven dengn suhu 140C sampai matang.

PS : Maaf ya, untuk sementara waktu foto-foto diblog pas-pas-an banget. Karena udah lama gak nge-blog peralatan buat foto juga udah ntah dimana. Jadi cukup pake foto iphone dulu sampai semua kembali normal.

8 comments:

Unknown said...

Halo tante Lia :)

Aku baca blog tante Lia sejak kelas 1 SMP, sekarang sudah kelas 2 SMA dan masih suka baca blognya tante Lia :)
Seneng deh, pas lagi iseng buka ternyata ada postingan baru. Rasanya kangen baca resep yang dipake tante Lia sama cerita dibaliknya. Aku izin coba resep ini yah tante :)

P.S: Semoga dalam waktu dekat ada postingan macaron :)))

Anonymous said...

Mbak Camelia welcome back, hehehe...Senang deh liat mbak mulai nge blog lagi. Semoga cepat pulih kesehatannya ya mbak. Do'a yg terbaik untuk mbak dan keluarga, semoga selalu sehat dan dikaruniai kebahagiaan. Aamiin. (Santi, Tangerang)

Anonymous said...

mba gmn kabar sayota wafel maker 2 in 1 nya? msh sehat? mau beli rasa nya ragu" takut ga tahan hehe

Camelia said...

Alhamdulillah, sampai sekarang waffle makernya masih oke. Tapi saya juga jarang pake.

Camelia said...
This comment has been removed by the author.
Camelia said...

Amiiiin, terima kasih untuk doa dan dukungannya mba' Santi ;-)

Camelia said...

Terima kasih, selamat mencoba ya. Good luck! :-)

Fian said...

Salam kenal mba... saya sdh lama baca blog nya mba... keren dech..... kue kuenya jg siipp... cm suka susah kalo resepnya yg write english full ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers