Search This Blog

Loading...

Thursday, February 5, 2015

Caramel Nougat Brownies



Well...well...welll... sepinyooooo...

Ok, kali ini gak ada alasan kenapa gak ngeblog setelah sekian lama....hellooooo... Ava, my princess, udah hampir 2 tahun, jadi pake alasan anak gak pas juga..hehehehe... sebenarnya ada beberapa kali baking. Ntah kenapa malas banget nge-blog. Memang sejak banyak sekali pilihan social media untuk berbagi dengan teman-teman, nge-blog jadi aktifitas yang lumayan bikin malas. Mesti foto cantik, buka laptop, ngetik dan lainnya. Sementara kalo lewat sos-med, tinggal foto, upload dan done!

Tapi jauh dihati kecilku *ciee..ciee* sesekali ada juga fikiran "blogku apa kabarnya ya?" atau "duh, resep ini harus di tulis di blog deh!"... tapiiiii...ya ituuuu cuma kepikiran doank! beberapa kali memaksakan diri untuk baking dan foto, eeeh...males nulisnya. Gagal deh. Tapi sepertinya hal ini tidak hanya terjadi pada diriku seorang. Ada beberapa teman nge-blog dulu yang juga sudah angkat tangan sama blognya. Memang kalau di Facebook, Instagram dan Path lebih interaktif. Tapi memang hanya nge-blog yang bisa mengungkapkan isi hati yang paling dalam...*uhuk uhuk*..


Anyway...
Kemarin si Mas (sekarang panggilannya Ayah Ava, soalnya kita sempat kaget Ava sempat ikutan manggil "mas"..hehehehe) pergi seharian. Plus yu' Yati yang bertugas menemani Ava juga izin mau jenguk sodaranya yang sakit, jadilah Mama sama Ava dirumah main berdua. Pas tengah hari Ava udah keliatan bosen, Mama pun bosen dimintain Ava ganti lagu terus di tabnya. Jadi Mama ajak aja Ava bikin kue di dapur. Seperti biasa, Ava bentar doank trus lebih suka main sama papercup dan cupcases dan bikin dapur berantakan. Tinggal Mamanya yang menyelesaikan urusan baking. Kenapa brownies? well.. Aku masih bingung handmixerku dimana, apa aku salah taruh atau emang aku kasihkan orang. Sementara mau pake mixer gede, males banget rasanya. Lagian prinsipku, kalau terkena baking blues, mulailah dengan brownies...mudah, tingkat keberhasilannya tinggi, bikin hepi...hehehehe


Varian brownies ini sudah lama aku rencanakan. Aku memang kepengen banget makan brownies yang fudgie dan ada caramelnya. Kebayang deh brownies nyoklat dengan melted brownies di dalamnya. Jadi waktu ke supermarket beberapa waktu lalu, aku udah mulai beli beberapa coklat yang ditengahnya ada caramelnya. Untuk memperkaya rasa dan teksturnya, aku tambahkan juga beberapa coklat nougat kacang.


Hasilnya, brownies yang fudgy dan karamelnya terasa melimpah. Rasa coklat yang dominan ditambah karamel, seperti coklat toffee yang lumer di mulut. Kali ini lumayan puas banget dengan browniesnya karena sesuai dengan bayangan yang ada dikepalaku. Hum...jadi gak sabar pengen nyoba dengan jenis coklat lainnya. Tadi pas lagi jalan dengan temanku Ina dan Christine, dapat ide dari Christine untuk bikin brownies dengan potongan coklat mede didalamnya...huuummm.... next time wajib coba juga tuh!

Eeeiiittsss....maaf banget fotonya standard abis. Soalnya cuma difoto pake iphone doank. Abisnya udah lama gak pake kamera, ntah kenapa kemaren jadinya malah lebih parah. Lupa banget gimana caranya biar oke. Mesti belajar lagi kayaknya...hiks! so...dari pada posting gak ada foto, ala kadarnya aja yaaa....




Caramel Nougat Brownies
Camelia


Bahan :
100 gr Mentega
150 gr Dark cooking chocolate
75 gr Gula kastor
2 btr Telur, kocok lepas
100 gr Terigu
Coklat karamel kacang, coklat karamel, jumlah sesuai selera, potong-potong yang ukurannya besar.

Caranya :

  • Cairkan mentega dan coklat (aku biasa pakai cara au bain marie). Angkat dari api, aduk rata hingga suhunya turun.
  •  Masukkan gula kastor, aduk dengan whisk hingga rata.
  • Tambahkan telur, aduk rata
  • Tambahkan terigu, aduk rata
  • Tuang separuh adonan kedalam loyang 20x20.
  • Susun coklat karamel diatasnya
  • Tutup dengan sisa adonan
  • Panggang di oven lk. 20 menit 
  • Dinginkan sebelum dipotong.

*** E N J O Y ***

9 comments:

Indah Pada Waktunya said...

tanya mbak ..gula kastor itu yang kayak gimana ya ...apa bisa ganti dengan gula lain ?


Tips Kesehatan | Resep Masakan | Resep Kue

Anonymous said...

Assalamu'alaykum...hi, mbak camelia dan ava yg cantik...salam kenal ya! Mbak, aku salah satu penggemar blogmu lho, sdh bbrp resepmu yg aku coba di rmh, alhamdulillah suami, anak dan keponak2an ku pada suka tuh. Aku jg suka cerita dibalik proses setiap masakanmu, lucu, heheee! Tetap rajin nge blog ya mbak, semoga membawa manfaat buat penggemar blog ini. Aku do'akan mbak camelia sekeluarga selalu sehat. Aamiiin! (Bunda Echa)

resep soto said...

itu foto anaknya lagi makan brownies kayaknya enak banget deh mbak. minta aja boleh ga mbak? hahaha males bikin..

Mysweet Ladyluck said...

salam kenal, terimakasih mba sudah bikin saya pengiiin coba bikin resep ini .. coklaaat oogh sensasi di mulut bikin gak mau berhenti ngemil ..so delicious., tuh dedeknya sukaaa banget yah :) langsung ku follow blognya yaaa.

kue pernikahan enak said...

Halo sist, kue nya keliatan enak banget, oh iya kalau diorder untuk acara pernikahan bisa ga sist?

Camelia said...

Hello,
Gula kastor itu gula pasir yang berbutir halus. Kalo gak ada, pake aja gula halus atau gula pasir yang di blender.

Camelia said...

Amiiiin, terima kasih untuk doa dan dukungannya ya Bunda Echa

Fian said...

Share ya mb... dri dulu sukaa banget dg blog nya mb.... good writing n good cake... hehehe

Claudien sophia said...

mba, saya awal baking n cooking tahun 2010 suka banget dengan blog nya mba...jaman saya masih single..masih awal2 baking.. sekarang saya udah punya anak 1, 7 bulan, masih smepetin suka baking n cooking. kebetulan lg kepengen buat pempek panggang, jadi search di web eh berakhir disini.. sekalian nostalgia juga soalnya udah lama ga buka blog mba.. hehehe
sehat selalu ya mba... salam sayang buat ava... cup cup muach

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...