Search This Blog

Wednesday, April 30, 2014

Salted Caramel Cupcake


Hellooooooo....
Ok ok ok.... Janjinya mau rajin baking tapi ternyata sama aja dengan sebelum janji....jarang banget baking... Hiks! Well sebenarnya ada beberapa kali sebelum ini, bikin cupcakes juga, tapi kurang hepi sama hasilnya. Jadinya lamaaaaa banget baru mulai lagi... So sorry deh ya...

Anyway, kemaren bikin salted caramel cupcake ini, ntah kenapa lagi suka banget sama kombinasi karemel plus fleur de sel. Mulai dari macaron, cakes sampe minuman coklat pun pilih yang pake salted caramel. Nah, udah tau donk kalo aku bikin macaron gagal melulu dan lagi gak mood sekale sama yang namanya high risk....*hihihihi*.. jadi aku coba bikin cupcakesnya aja. Aman dan gak pake ribet. O ya, dulu aku pernah bikin coklat cupcake pake salted caramel juga and I'm not a fan! Setelah aku pikir-pikir *sok mikir*, aku suka fleur de sel dipadukan sama caramel yang creamy. Jadi begini, kalo perpaduan antara karamel yg dari gula tok, aku gak begitu suka. Tapi kalo fleur de sel bergabung dengan karamel+cream atau karamel+butter, baru pas! Ribet ya? Mudah-mudahan ngerti maksudku...hehehehe...

Naaah... Ada lagi masalahku dengan karamel, kalo too much juga, aku eneg. Ini yang terjadi dengan cupcake yang aku ceritakan tadi. Beberapa waktu lalu aku bikin salted caramel cupcake pake resep yang aku dapat online. Cara bikinnya gampang banget, gak pake mikser, tinggal di campur aja. Tapi masalahnya, waktu dimakan dengan frosting caramel juga, wuiiih rasanya jadi lebay buatku. Bayangin aja, cake caramel dengan caramel frosting...too over the top! Super jenuh makannya. Satu aja udah full sekalee.... Lalu aku bandingkan dengan makanan yang pake salted caramel yang aku suka. Baru deh aku tau kalo aku suka salted caramel sebagai topping! Rasanya jadi lebih istimewa kalau tidak mendominasi keseluruhannya. Itu sebabnya, kali ini buat cupcakenya aku pake vanilla cake aja, buttercreamnya aja yang salted caramel. Menurutku, ini lebih balance, rasanya jadi lebih simple dan gak too much of everything.


Buttercreamnya aku reka sendiri aja dengan cara membuat buttercream biasa yang sering aku bikin. Biasanya aku bikin buttercream simple dengan perpaduan mentega putih plus susu kental manis (1 :1). Begitu juga kali ini. Cuma untuk mentega putihnya, sengaja aku ganti dengan salted butter, dan susu kental manisnya sudah dikaramel-kan terlebih dahulu. Aku milih pake butter beneran karena suka sama cita rasanya yang menurutku gak tergantikan, so milky dan creamy. Jadi pas kalo dipadukan dengan rasa karamel karena ada aroma butter yang dominan juga. Lagian, buttercream begini lebih fleksible, bisa disimpan kalo mau diolah buat yang lain. seperti buat frosting cake atau filling macaron misalnya...(siapa tau aku mendadak dapat ilham buat nyoba bikin lagi...hehehe)
Untuk karamel, aku bikin seperti bikin  dulce de leche yang duluuuuu banget pernah aku bikin. Gak pake ribet, gak perlu nyari cream dan gak perlu mengira-ngira kalo karamelnya item manis atau gosong... Hasilnya menurutku lumayan enak dan gak eneg. Tinggal menyesuaikan jumlah fleur de sel dengan rasa yang diinginkan, atau tinggal ditaburkan diatasnya tanpa perlu dicampur. Hummm.... Jadi pengen nonton buat beli popcorn...*lho?*.....hihihihi....

Kalo cupcake vanillanya, aku nyoba resep baru yang aku dapat disini. Walaupun aku udah ada resep cupcake vanilla andalan, teteup pengen nyoba resep baru. Sekalian lagi nyari-nyari konsep kue ultah pertama Ava bulan depan...duh, senangnya nyiapin persiapan ultah buat my little angel. Saking semangatnya, ultah masih bulan depan, tapi penak-perniknya udah mulai disiapin dari sekarang...mulai dari undangan, goody bag, menu, sampe balon-balon...aiiihhh....lucu-lucu deeeh...

Nah, dibawah ini resepnya aku tulis ulang, kalo mau detailnya, silahkan aja kunjungi blog sang pemilik resep. Rasanya lumayan, gak beda jauh dari resep cupcake andalanku itu. Walaupun aku harus mengurangi jumlah gulanya next time. Seperti resep luar lainnya, memang kadang gula yang digunakan dalam satu resep jumlahnya gak tanggung-tanggung...

Ini resepnya ya....

VANILLA CUPCAKES
dari Cookies and Cups

Ingredients
  • 1 3/4 cup cake flour 
  • 1 1/4 cup all purpose flour
  • 1 3/4 cup sugar
  • 2 1/2 tsp baking powder
  • 1 tsp kosher salt
  • 1 cup butter, room temperature, cut into 1/2 inch cubes
  • 4 eggs
  • 1 cup milk
  • 2 tsp vanilla
How to Make
  1. Preheat oven to 350°
  2. Line cupcake pan with cupcake liners.
  3. In bowl of stand mixer add the first 5 ingredients and stir together using paddle attachment for about a minute. Enough to get them nice and combined.
  4. With mixer on low, drop in butter, a few cubes at a time continuing until all butter is in and mixer resembles coarse sand.
  5. Add eggs one at a time on low speed.
  6. With mixer still on low slowly pour in milk and vanilla. Turn mixer to medium and beat for 2 minutes until batter is smooth, scraping sides of bowl as needed.
  7. Fill liners 2/3 full (about 1/4 cup batter) and bake for 15-20 minutes until centers are set and toothpick comes out clean.
  8. Allow to cool completely before frosting.


MEMBUAT CARAMEL SAUCE

1 kaleng susu kental manis, buang labelnya. Masukkan ke dalam panci berisi air (jumpah air harus lebih tinggi dari kaleng susu), Didihkan diatas kompor. Hati-hati dan jangan ditinggalkan. Rebus selama paling sedikit 1 jam. Semakin lama di rebus, warnanya nanti akan semakin gelap. Tapi jangan direbus lebih dari 4 jam. Setelah selesai, matikan kompor, biarkan didalam panci hingga dingin. Kaleng jangan dibuka hingga betul-betul suhu ruang, buat sehari sebelumnya bila perlu. Setelah betul-betul dingin, baru buka kalengnya dan siap digunakan.


SALTED CARAMEL BUTTERCREAM
by. Camelia

200 gr salted butter
200 ml saus karamel (seperti yang dibuat diatas)
1 sdt fleur de sel (kurangi kalau nanti juga akan ditaburkan diatas cupcake)

Caranya :
Mikser mentega hingga lembut, masukkan saus caramel dan fleur de sel, kocok terus hingga menjadi buttercream.



Ava n' her first cupcake!








5 comments:

Apotek Gumilar said...

mantap dah artikelnya

JuneBug said...

wah lucun adek kecil nya
terima kasih ya resepnya

Blog

StefanusZero said...

Bagus banget cream vanilla nya. Pengen nyobain tapi kayaknya susah buatnya

Unknown said...

Hmm...rumit..
www.bisnismodalsemangat.weebly.com

Unknown said...

Mbak mau nanya boleh...pake susu caramelnya kan dikit pdhl mesti 1 kaleng...sisanya bs buat apa aja?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers