Search This Blog

Loading...

Monday, January 26, 2009

Ayam Bakar a la Pak Sahak


Sejak kemarin rasanya udah kepengen masak aja. Pengaruh diet kali ya, jadi buka buku resep masakan melulu...*iiih malu-maluin!*... Hihihihi... Biasanya aku agak males masak, soalnya kalo keluar dapur, aromanya itu lho nempel dibadan..."Nge-dapur" banget...lain sama bikin kue, kalo selesai malah baunya kayak butter atau vanilla...or cookie n' cream..whoa ha ha ha

Disamping itu, ya bosen bikin kue. Kuenya kalo jadi pun yang makan gak ada. Yu Yati (asisten rumah tangga *cieee*) dan Pak Di (supir di rumah) gak suka yang manis-manis. Paling si Amar, anak sepupuku yang lagi ada di rumah, itu pun dia makannya gak banyak, nyemil aja...

Anyway, balik kesoal masak, jalan-jalan ke blognya bu Lisa, ketemu resep ayam bakarnya pak Sahak... Langsung deh ngiler. Semalam langsung aja minta anter pak Di ke supermarket. Padahal, aku tau antrinya gila-gilaan, yaaahh... Long weekend sih! Sayangnya aku lupa bilang ke mas yang motong ayam, supaya di potong 6 aja. Eeehh... Malah jadinya banyak tapi kecil. Ya udahlah, tancep aja.

Pagi ini, langsung kedapur (tanpa mandi), maksudnya, abis masak aja mandinya... Humm.. Kayaknya mesti tanya bu Lisa deh gimana supaya wangiiii teruuusss... Hehehehe... Bikinnya gampang-gampang susah tapi seru juga.Apalagi waktu memanggang ayam.

Pas bikin sambelnya, semula aku mau pake blender aja, tapi yu Yati mai ikut berpartisipasi buat ngulek, ya udah, boleh ajeee...

Aku bikin sambelnya setengah resep aja, tapi itupun jadinya buanyaaaakk... Pas mau masukin jeruk limo, aku ingat sambel yang dibawa kak Ika dari arisan di Jambi dulu, yang rasanya enaaaaakkk bangeeett... Nah, di sambelnya ada irisan limo beserta kulitnya.

Akhirnya, limonya aku belah, terus diiris agak tipis. Setelah sambel matang,dikembalikan lagi ke ulek-an. Setelah agak dingin, masukkan potongan limau, dan diulek lagi sebentar hingga rata.

Rasanya...??? Enaaaaakkkk bangeeet.. Aku sampe makan 2 piring (yoi, bubar dietnya). Ayamnya empuk dan bumbunya meresap. Sambelnya betul-betul nendaaang... Kalo buat aku yang orang Sumatra, Ayam dan sambel ini rasanya Jawa bangeett..hihihi

Bakalan jadi resep andalan juga nih.

Ini resepnya, cara pembuatannya yang aku ganti, ditulis dengan Italic yaaa...



AYAM BAKAR a la PAK SAHAK
Bahan :

1 ekor ayam, potong 8 (ayam kampung, potong 4)
2 bh jeruk nipis
6 lbr daun jeruk
6 lbr daun salam
10 sdm kecap manis
1 sdt chicken powder
1 sdt lada halus
2 bh jeruk limau, ambil airnya

Bumbu yang di haluskan :
10 btr bawang merah
8 btr bawang putih
10 bh kemiri
1 sdt garam
25 gr gula merah
1 ruas jahe

Cara membuat :

  • Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk, diamkan lk. 10 menit
  • Bilas ayam, tiriskan, sisihkan.
  • Susun daun salam dan daun jeruk didalam wajan sebagai alas ayam.
  • Campur bumbu halus dengan chicken powder, lada dan kecap dalam satu wadah/baskom.
  • Celup sebagian ayam (aku : semua bagian ayam dibaluri bumbu hingga rata) dalam baskom bumbu.
  • Angkat dan susun sepotong demi sepotong dalam wajan. Dimulai dari paha bawah, paha atas, dst. (Bagian agak keras dibagian dasar, sedangkan yang mudah lunak dibagian atas, agar daging tidak hancur).
  • Korek bagian bawah sesekala supaya tidak gosong di dasar
  • Setelah ayam bagian bawah agak matang, balik posisinya yang dibawah ke atas (kalo aku diaduk berlahan aja)
  • masak terus sampai semua ayam matang dan bumbu meresap dan kental (lk. 1 jam).
  • Masukkan air jeruk limo, aduk rata dengan hati-hati.
  • Siap dibakar diatas bara api atau oven, sambil dioleskan sisa bumbu (kalo aku sisa bumbunya ditambah lk. 2 sdm minyak goreng, supaya gak lengket)
Sambal by Sahak
Modified by bu Lisa Basuki

Bahan :

250 gr cabe merah
20 bh cabe rawit
30 gr bawang putih
60 gr bawang merah
200 gr tomat
75 gr gula merah (aku pake 100 gr)
5 gr asam jawa (aku pake 15 gr)
25 gr terasi
18 gr garam
250 cc minyak goreng
4 bh jeruk limau ambil air (aku belah tengah iris lk. 3mm)
Caranya :

  • Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih (aku terasi juga) sampai 1/2 matang.
  • Haluskan dengan sisa bumbu lainnya.
  • Panaskan minyak sisa gorengan cabe bawang tadi, tumis bumbu halus dengan api kecil sampai harum, bewarna merah tua dan keluar minyaknya.
  • Tambahkan air secukupnya bila perlu.
  • Matikan api, bubuhi jeruk limau, aduk rata (aku, masukkan kembali ke ulek-an, tambahkan dengan jeruk limau yang sudah diiris, ulek lagi sebentar)
Nyaaaamm....

11 comments:

Fajar said...

Salam kenal mbak camelia, aku dah cobain resep ayam bakarnya, dan baru kali ini dapat pujian suamiku terutama untuk sambelnya...jadi bisa buat resep andalanku besok2 nih...Thanks ya

Camelia said...

Sama-sama mba'...di rumah ku juga banyak yang suka. Pak Sahak emang hebat :-)

fitri said...

hi mbak lia, aku berkunjung lg,xixiii
kemaren aku bikin ayam bakar ini, uenaaaak mbak, sambelnya juga.
tp kemaren olesannya aku tambahin kecap lg, jd tambah manis coklat gosong gt. cm gk sempet difoto dh keburu abis, lgan moto malem susah bgt.

Camelia said...

Hello mba' fitri,
Pasti warnanya jadi lebih cantik ya kalo pake kecap. Aku pengen bikin dengan nambah madu buat olesannya, mudah-mudahan bisa lebih shinny. Belom sempat...hihihi...

Mamafarrah said...

Salam kenal mbak aku ijin copas resepnya ya mo di coba di rumah abis kayaknya penampakannya sungguh endang gulindang,..thx ya mbak

ririn said...

mba iji copas resepnya yach

Camelia said...

@ Mamafarrah & Ririn : Silahkan di copas dan di coba ya... mudah-mudahan suka :-)

Vlanila Cakes said...

mbak camelia..ijin copas ya rsepnya..
uda dipraktekin ayam bakarnya emang Maknyossss....

feni said...

salam kenal mbak camelia, aku pengeeenn banget coba resep yg satu ini tp aku mo nanya dikit boleh ya hehe..
pas ayam nya dimasukin ke wajan, bumbu nya dimasukin semua juga ya? perlu tambah air lagi ga mbak? atau cukup bumbu nya aja? trims sebelumnya ;)

Camelia said...

Hello mba' Feni,
Kalo aku cukup ayam yang sudah dilumuri bumbu aja yang di susun di wajan. Sisa bumbu aku beri sedikit minyak, lalu aku jadiin bahan olesan saat ayam dibakar...hum...wangiii.... met nyobain ya!

ventymulianasari said...

Hallo mba Camelia, salam kenal dari Poitiers, France :D

seneng banget deh main ke dapurnya mba..banyak banget resep yang oke dan pas banget dengan yang di searching dari tadi :)
tadinya lagi nyari aneka resep kue, eh ternyata ada resep masakan juga..he
resep ayam bakar ini kayaknya amat sangat menggoda untuk dicoba mba, saya jadi punya ide masak ini buat acara kumpul-kumpulnya anak indo bulan depan, hihihi..mudah-mudahan kami berhasil bikinnya ya mba..secara isinya kumpulan bocah-bocah yang ga punya pengalaman dapur semua :p

maap ya mba, saya ijin banyak copas resepnya,hehe. Pengen nyobain atu-atu, insyaAllah.
Makasih banyak mba...^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...