Search This Blog

Loading...

Monday, January 25, 2010

Citrus Paradise

Hihihihi.... namanya lebay sekaleeeee yaaa.... abisnya bingung mau dinamain apa. Namanya juga resep ngasal. Tapi di jamin suegeeer lhooo.... Es ini selalu jadi big hit kalo lagi lebaran di rumah ortuku di Jambi. Para tamu maupun sanak keluarga yang datang, bisa ngambil berkali-kali. Mungkin karena lebaran identik dengan makanan bersantan, es ini jadi penyegarnya. Bebas santan maupun susu yang biasanya mendominasi es buah. Gak perlu dipanaskan, dan di jamin anti gagal...hehehehe.... abisnya gampang banget! Sempat mikir-mikir mau di tulis di blog apa gak, saking mudahnya. Tapi, yaaah...dari pada sepi-sepi aja, dan aku juga lagi baking blue, mending dimasukkin aja deh. Kebetulan aku emang lagi kepengen yang dingin-dingin di musim hujan...whoa ha ha ha ha...aneh ya!

Ide-nya, sebenarnya udah lamaaaaaaa banget, aku masih SD. Waktu itu, kami masih tinggal di kabupaten di Jambi. Kalo sabtu sore, ortuku suka ngajak aku dan abangku ke kota Jambi, buat shopping ataupun saat mereka mau beristirahat dari rutinitas sehari-hari. Ada satu supermarket kecil langganan Ibuku, bisa dikatakan toko dengan konsep supermarket pertama kali di Jambi. Kalo gak salah, namanya "Sukabumi"...kalo gak salah lho ya. Gak gede, cuma satu ruko doang. Nyonya yang punya suka ikutan Ibuku muterin tokonya sambil ngenalin barang-barang baru yang ada di rak toko. Termasuk syrup "Sunquick" ke Ibuku, beliau bilang, dicampur sprite dan diberi es, enak banget. Tapi Ibuku gak tertarik buat beli, soale beliau selalu punya standar sendiri. Jarang nyobain sesuatu yang gak begitu familiar. Tapi pembicaraan kecil antara mereka selalu aku ingat, kenapa??? soale menurutku waktu itu "Sunquick" kereeeeennn banget, sekeren pizza yang namanya baru aku dengar doang, belum pernah nyoba...hahahahaha....*katrok abiiiisssss...*

Baru sekitar 4 tahun lalu, saat Ibuku udah gak ada, aku belajar nyusun menu buat Idul Fitri di rumah. Maklum, karena Papa dan Ibuku di tuakan dalam keluarga besarku, jumlah tamu dari keluarga aja udah banyak, ditambah teman-teman ortuku sendiri. Jadi, lebaran bisa jadi hal yang sangat serius persiapannya di rumahku...whoa ha ha ha ha... Anyway, biasanya ibuku selalu menyiapkan es buah buat minumannya. Tapi saat itu, aku mikir sepertinya merepotkan kalo mesti beli buah, mesti motong-motong segala, belum lagi kalo kurang susah nambahnya. Bakalan ribet deh!! Lagian, kayaknya es buah udah gak up-to-date lagi deh *duileeee*. Mana hampir setiap rumah ada es buahnya kalo lebaran. Naaah, aku jadi ingat sama saran Nyonya yang punya supermarket waktu aku kecil dulu (supermarketnya aja udah lamaaaaaaaa tutup!). Walaupun gak yakin, waktu belanja bahan lebaran, aku ambil beberapa botol besar Sprite dan Sunquick. Karena aku pikir bakalan sepi-sepi aja kalo gak pake isi, aku ambil juga beberapa kaleng longan.


Sampai hari H lebaran, Sprite dan Sunquick itu baru dibikin minuman. Dalam mangkok besar, aku cemplungin deh semua sambil dalam hati agak-agak cemas kalo gak enak. Tengsin sama para Ipar-ku yang udah ngingatin kalo aku lupa masukin es buah dalam menuku. Dengan yakinnya aku bilang, aku emang sengaja gak bikin, soale punya minuman baru. Syukurlah, waktu aku cicipi rasanya emang segeeeeerr...dan waktu di cobain kakak-kakak ku itu mereka bilang enak. Legaaaaa banget. Cuma waktu itu salah perhitungan, sebentar aja udah habis. Gak cuma minuman aja sih yang salah itung, makanannya juga. Maklum, masih pertama, jadi masih gak tau butuhnya berapa banyak...untung Papaku gak tau kalo di belakang ada kehebohan makanan dan minuman habis, sementara tamunya masih banyak. Kalo tau, bisa diomelin abis-abisan...hehehehe...

Sekarang aku udah lumayan canggih. Aku udah tau mesti nyiapin rendang, lontong lodeh dan lainnya berapa. Termasuk makanan pesanan sebangsa tekwan dan sate. Si Umi (asister RT di jambi..hehehe) juga udah pinter punya back-up soto ayam. Kalo semua makanan abis, dia tinggal manasin kuah soto aja. Minumannya juga begitu. Aku udah beli Sprite botol 1 literan beberapa lusin, plus longan dan nata de coco. Kalo udah bener-bener abis, tamu yang datang sore cuma kebagian es "Citrus Paradise" ini dengan isian nata de coco doang. Abisnya cuma itu yang ada di minimarket dekat rumah...hahahahahaha.... nah, terakhir-terakhir ini, aku suka masukin juga potongan-potongan jeruk sunkist yang sudah dikupas dan dibuang kulit arinya. Kalo lebaran, udah gak keuber ngurusin jeruk sunkist, jadi kita juga nyetok jeruk kalengan aja. Paginya utuh, siang mulai deh, sebelum dimasukkin, jeruknya dibelah dua biar dapat banyak.....whoaaaaa ha ha ha ha... *ssstttttt...diam-diam aja ya!*

O ya, kita udah pernah nyoba pake macem-macem varian Sunquick, mulai dari orange biasa, mandarin sampe lemon. Semua enak dan semua seger. Kalo yang lemon, warnanya jadi pucat. Tapi rasanya sama asiknya koq! Untuk penyajiannya, kalo di rumahku, aku belikan wadah bulat gede dan tinggi yang biasa dipake buat vas bunga besar...jadi tamunya tinggal ambil sendiri, dan buat nambah lagi, aku langsung aja masukkin ke wadah yang sama saat tamu mulai agak berkurang. Jadi gak ngotorin banyak wadah tuuuh...

Ini aku tulisin resep-resepannya yaaaa.... ini cuma buat gambaran aja. Sesuaikan dengan selera masing-masing, bisa rada asem, bisa rada manis. Suka-suka pokoknya. Masukin Sunquicknya dikit-dikit aja sambil di cicipi, soale orange concentrate, jadi aseeeem banget. Kalo pake buah kaleng, boleh dimasukkin sekalian airnya (jadi lebih manis) kalo gak suka, isinya aja juga gak pa pa.



CITRUS PARADISE
by. Camelia



Bahan Punch :

1 liter sprite atau 7 up....yang begitu-begitulah...hehehe
200 ml orange concentrate (sunquick)-->sesuaikan saja rasanya

Campurannya :

Jeruk sunkist, buang juring dan kulit arinya (kalo males kayak aku, pake jeruk kaleng aja. Beli yang merk SW biar puas...)
Longan kalengan
Nata de Coco (kali ini aku gak pake)
Pokoknya apa aja deeh...

Es batu secukupnya


Caranya :

  • Campur sprite dengan sunquick, aduk rata. Sesuaikan rasanya.
  • Masukkan campurannya. Aduk.
  • Beri es batu. Sajikan....
Mudah kaaaaannnn.....*nutup muka*


3 comments:

Tanya said...

Mbaaaaak.. url-nya aku add di blog link aku yaaa. Tenkiuuu.. cup cup cup!

Keluarga Cinta said...

Woooo...........seger banget. Aku coba ya, Lia.

BTW, kalau jeruk sunkistnya dipotong sekulit kulitnya mungkin lebih cantik ya? Agak agak pahit dikit tapine :)

Waktu aku kecil, ada limun yang namanya 'oranye krus' (mungkin aslinya orange crush, saking waktu kecil bisanya cuma ngomong oranye krus' hehehe). Botolnya masih pakai tutup yang cepretan dari besi dan karet gitu. Rasanya seger banget. Aku membayangkan rasa Citrus Paradise ini juga pasti segar seperti oranye krus masa kecilku itu. Asem manis cekit cekit soda, masih ditambah krenyes krenyesnya longan...hmmm..jadi pengen cepet pulang, mampir SPM beli sodanya dan bikin ini

TFS, Lia...

DG said...

Wouw kelihatannya seger banget ya kalo diminum di hari lagi panas :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...