Search This Blog

Loading...

Monday, March 22, 2010

Puding Karamel



Senang deh, si Dea hari ini koperatif banget. Maklum, tugasku nemenin dia soale Bundanya lagi ke Makassar sejak Sabtu kemarin. Mulai dari tidur semalam sampe bangun pagi, no problem. Sarapan pun dia anteng aja. Setelah berangkat sekolah, giliran aku yang bingung mau ngapain. Baru deh ingat di kulkas ada susu cair dan telur sisa bikin crepe buat Dea, Abel dan little Arel yang main di rumah kemarin. Humm...tapi males juga kalo mesti beli-beli bahan segala. Pokoknya harus cukup dengan bahan yang ada di rumah. Eeeh...ntah kenapa mendadak pengen bikin puding karamel aja aaahh.... uplek-uplek di internet nyari resep yang cuma pake susu thok (lha, cuma punya itu...hehehe...) akhirnya, pilihanku jatuh sama resep creme caremel dari sini. Selain bahannya sederhana aja, cara bikinnya juga gampang.

Aku gak pernah bikin puding karamel sepeti ini sebelumnya. Pernah dulu, bikin yang dari kemasan instan. Pernah juga bikin yang pake keju ricotta. Kalo puding karamel biasa, ya baru kali ini. Agak khawatir juga sih ngeliat resepnya, takut gak mau mengeras. Tapi, cuek aja deh coba aja. Bikinnya asik-asik aja. Kali ini karamelnya sempurna *duileee*, biasanya gosyong n' rada pait (ehem...pait banget malah..hehehe). Ternyata, setelah pinggirnya kecoklatan, airnya aku masukkin, dan biarkan hingga gula benar-benar larut. Jadi, gulanya gak meng-gosong lebih dari yang aku inginkan....(apaaaa cobaaaa...)

Duuh...kalah sama kerupuk niiih....hihihihihi...


Anyway...

Rencanaya mau di cetak di ramekins, apa daya, di rumah Jambi peralatannya gak lengkap. Jadi di panggang pake pyrex aja. Setelah matang, didiamkan sebentar, trus dimasukkan ke kulkas supaya mengeras. Wuiiihh...pas dipanggang, seisi rumah bau karamel! wangiiiiii.... Trus, di foto deh. Jangan di tanya gimana ribetnya motong puding yang lembut banget buat di foto...kalo pake ramekins, tinggal di balik aja yaa....hihihi... setelah di hias strawberry, si puding di foto pake kamera si jave aja. Abisnya, digicam nya di pinjam kak Ika. So, mesti creative muter-muter cari angle yang pas biar gak gelap. Lumayan, si Linda yang masih baru bisa senyam senyum liat aku yang foto-foto sampe ke luar (biasa asisten baru...blom tau dia kalo biasanya lebih parah..hehehe).

Setelah selasai, potongan yang cantik aku simpan di kulkas buat si Dea. Aku cukup nyobain yang ancur-ancuran aja. Ehh...giliran Dea pulang sekolah, aku malah lupa. Ingatnya waktu si Dea udah berangkat les. Gak pa pa deh, buat abis les aja. Kebayang dong gimana semangatnya aku nungguin dia pulang les. Baru aja datang, si Dea langsung aku tawari puding. Dia mau banget dan langsung ke ruang makan. Pas aku sodori puding yang cantik, wajahnya berseri-seri. Tapi dia malah bengong lihat kerupuk setoples gede yang di beli Datuknya (Papa-ku). Alhasil, pudingku di makan dua sendok dan dia langsung ambil piring buat diisi kerupuk banyak-banyak. Dengan santainya dia duduk dibawah nonton tv sama kerupuknya. Pudingku di cuekiiiiinnnn...!!!! hiks!!!...hahahaha...cuciaaaan deh gue! waktu aku tanya enak gak, katanya enak, tapi lebih enak makan kerupuk. Trus aku tanya, kalo buat malam mau gak?? eeehhh...si Dea malah minta Pizza Hut....hehehehe... lagi gak mood manis-manis kali yaaa....

Kalo gitu, komen pudingnya menurutku aja deh. Rasanya lumayan enak, tentu gak se-creamy Ricotta Caramel Pudding. Tapi dengan bahan sesederhana ini dan cara pembuatannya yang mudah banget, menurutku puding karamel ini udah cukup memuaskan sekali lho.

Ini resepnya aku copy paste aja ya...buru-buru niiih, mau ke Pizza Hut...whoaaaaa...




CREME CARAMEL
By: James Martin, From: Good Food Bites

Ingredients
4 eggs
1 egg yolk
120g caster sugar
500ml milk
1 drop vanilla essence


For the caramel:
150g caster sugar
50 ml water

Method

1. Preheat the oven to 140°C/gas 1.


2. Whisk the whole eggs, egg yolk and sugar together in a bowl, then mix in the milk and vanilla essence. Pass through a fine sieve into a clean bowl.


3. To make the caramel, boil the sugar and water together in a small pan without stirring until the syrup thickens and caramelises, turning al golden brown.


4. Pour the hot caramel into 4 dariole moulds.


5. Pour the egg mixture into each caramel-filled moulds. Place the darioles in a roasting tray and pour hot water in around the moulds until it reaches half-way up the side of the moulds.


6. Bake the crème caramels in the preheated oven for 40 minutes. Remove and set aside to cool.


7. To serve, turn out of the moulds on to serving plates.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...