Search This Blog

Loading...

Thursday, May 21, 2009

Ricotta Caramel Pudding

Bingung banget mau mulai bikin apa dulu... di kulkas ada cream cheese sama ricotta cheese yang seakan-akan kebut-kebutan mau expire. Selalu begitu deh kalo ngeliat resep yang bikin "ngiler"... langsung aja beli bahan tapi gak tau kapan mau bikinnya. Herannya, kalo lagi bengong gak ada kegiatan, mau bikin-bikin...bahannya gak ada. Giliran bahannya lengkap, eeeehh.... malah sibuk. Kayaknya udah waktunya aku harus memperbaiki time managementku deh... hiks...hiks...hiks...

Ceritanya aku beli ricotta cheese, gara-gara baca postingannya mba' Riana di milis. Kalimatnya provokatif banget "The creamiest caramel pudding in her life"... pas banget sama aku yang cinta mati sama anything Cheesy, Chocolately, Milky and Creamy...(yeah, FATTY!!!)...so, a must try lah. Berangkatlah daku ke supermarket buat beli ricotta cheese. Tapi kemudian dilupakan karena harus ke Melaka, baru pulang Senin lalu dalam keadaan flu berat (bukan flu berbahaya lho...flu doank! *hehehe*), batuk yang bikin tenggorokanku sakit... tapi tetap aja mesti kesana-sini, ketemuan sama si ini si itu.... pantes aja kalo obat flu cuma lewat aja, gak mampir buat nyembuhin. Akhirnya, setelah pulang jam 2 pagi semalam, hari ini di niatin stay home aja. Istirahat total dan bikin pudding caramel to cheer me up....

Bikinnya gampang banget, tinggal cemplung ke mixer gitu. Tapi rasanya....wow!! cocok banget buat yang suka rasa dan aroma keju-kejuan, soale ngeju banget *apa coba!*. Creamy dan lembut sekaliiiii.... Cintaaaaa deeeh!

Kali ini aku pake 6 buah wadah mungil. Tapi aku kesulitan ngeluarin puddingnya dari ramekins. Abisnya lembut banget. Yaaa udah, dihidangkan dengan wadahnya juga cuanteeekkk!!! tinggal pake sendok mungil, bleeesss...keluar deh caramelnya...

Thank you for sharing resepnya mba' Riana....*hug*

Ini nih resepnya :

Ricotta Caramel Pudding
(Source: Yummy Recipes Brochure)

250 gr yummy ricotta cheese
4 btr kuning telur
100 gr gula pasir
200 ml whipping cream
200 ml susu

Untuk Caramel:
50 gr gula
2 sdm air

Cara Membuat:

  1. Olesi loyang/mangkuk dengan pemoles khusus loyang atau margarine, tipis-tipis aja.
  2. Buat caramel: Gula dan air dipanaskan. Segera setelah berwarna kuning, angkat, masukkan ke dalam cetakan pudding. (Bisa jadi 6 buah cetakan mangkuk individual, atau satu cetakan bulat 18-20 cm.
  3. Kuning telur dan gula dikocok hingga halus, setelah itu masukkan ricotta cheese, susu dan cream. Kocok hingga rata dan halus.
  4. Masukkan ke dalam cetakan dan panggang tim (au bain marie/water bath) dalam oven dengan suhu 190 derajat Celcius, selama 1 sampai 1 1/2 jam. Dinginkan, kemudian dinginkan dalam lemari es minimal 4 jam, atau semalaman.

Note dari mba' Riana :
  • Setelah dipanggang, pudding ini akan tetap cair pada bagian tengahnya (bergoyang jika loyang ditepuk). Tapi setelah didinginkan di kulkas, dia akan memadat dan teksturnya jadi creamy sekali.
  • Cara melepaskan pudding dari loyang:
    Siapkan air panas. Keluarkan loyang dari dalam kulkas, rendam loyang dalam air panas selama kurang lebih 30 detik (loyang jadi hangat, pinggiran pudding kalo ditekan akan lepas dari loyang dengan mudah). Lap sisa air yang menempel pada loyang. Letakkan piring saji terbalik di atas loyang, balik kue ke dalam piring saji. Voila!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...