Search This Blog

Loading...

Saturday, May 9, 2009

Gulai Udang Nanas

Udang... favorite banget di keluarga ku. Kalo di Jambi sih, biasanya udang sungai. Kalo menurutku agak beda sama udang laut. Kalo udang sungai bentuknya lebih bulat dan udang laut agak gepeng...hihihihi... itu menurutku lho...

Apalagi kalo kami semua lagi pada pulang liburan kuliah. Waaahh... bisa-bisa ada pesanan khusus tuh. Almarhumah Ibuku sampe punya penjual udang langganan segala. Penjual udang ini akan melewati rumah kami menuju pasar. Tapi dia akan berhenti didepan rumah kalau dapat udang besar-besar dan segar. Biasanya, dia gak akan ke pasar lagi karena udangnya udah habis di borong Ibuku. Digoreng, di balado dan di gulai adalah masakan udang yang paling sering dibuat di rumah. Tapi di antara ketiganya, gulai udang nanas ini yang sambutannya paling meriah. Apalagi kalo udangnya ndut-ndut....wuiiihh...

Bulan Mei adalah ultah Ibuku. Kangen banget sama beliau. Setiap menit, setiap detik, selalu teringat tawanya, senyumnya, bahkan leluconnya. Kangen ingin memeluk, bermanja-manjaan disampingnya dan say "I love you" yang gak pernah aku ucapkan selama berada bersamanya. Bulan lalu waktu pulang ke rumah Jambi, rasanya rumah sepi dan gak menarik lagi. Biasanya, tiap aku pulang, yang aku dengar teriakan Ibuku yang senang aku datang dan langsung cerita soal menu hari itu (Maklum, beliau tau aku paling doyan makan). Sekarang, kalo pulang, yaaa...biasa aja. Gak ada yang teriak-teriak dan gak ada yang sibuk di dapur.

Tiba-tiba aja aku pengen belajar bikin gulai udang nanas. Karena Ibuku memang gak sempat ngajarin aku (dulu aku males banget ke dapur...), tapi asisten di rumah Jambi, si Umi udah dilatih oleh Ibuku dan masakannya hampir sama dengan Ibuku. Jadilah aku belajar bikin gulai ini dari si Umi. Hari ini, aku coba bikin sendiri.

Ini resepnya...


GULAI UDANG NANAS

By Hj. Ani Farida Hasip


Bahan :
1/2 - 1 kg udang (lebih enak ukuran sedang atau besar, tapi udang pacet mungil juga enak)
200 ml santan kental
800 ml santan encer
2 cm lengkuas, geprak
1 btg serai, geprak
3 lbr daun salam
1 bh nanas ukuran sedang, bersihkan, buang batangnya, potong-potong

Bumbu halus :
20 btg cabe rawit
7 btg cabe merah (sesuaikan dengan pedas yang diinginkan)
3 cm kunyit
5 btr bawang merah
3 btr bawang putih
4 btr kemiri
1 cm jahe

Cara membuat :

1. Didihkan santan encer beserta bumbu halus, daun salam, serai dan lengkuas sambil di timba-timba agar santan tidak pecah.
2. Masukkan nanas, aduk hingga nanas agak lunak.
3. Masukkan udang, masak hingga udang setengah matang, tuang santan kental, aduk sambil ditimba-timba hingga mendidih.
4. Beri garam, sajikan.

I LOVE YOU MOM!!!


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...