Search This Blog

Loading...

Tuesday, May 5, 2009

Kaastengel Camelia


Narsis banget ya namanya?.... koq bisa...?? well...well...well... ini bentuk protes ku sama orang-orang yang suka copy paste resep dan foto dari blog-blog yang berseliweran di internet. Apalagi temen-temen milisku yang jadi korban. Kurang ajarnya lagi, setelah di copy paste dengan seenak jidatnya, malah dibuku-kan segala. Jelas tanpa izin dari yang si copy donk. Bisa lihat di sini dan di sini deh ceritanya.

Naaah, daku mendukung kampanye anti-beli buku copy paste yang di suarakan oleh om Ophoeng. Tidak hanya merugikan pemilik asli, tapi juga penipuan konsumen lho. Bayangin aja, selain fotonya buram dan "pecah" (namanya juga copy-paste, bukan original), kadang resepnya dari blog si A, fotonya dari blog si C....nah, kasian kan yang beli bukunya kalo bikin masakan maupun makanannya gak sama seperti di foto... wajarkan kalo penerbit itu dibilang penipu??? emang iya koq!!!

Selama ini di blog ku selalu memuat hasil uji cobaku, baik resep dari internet maupun dari buku. Kali ini, aku mau nyoba bikin resep sendiri. Maksudnya supaya aku tau gimana sih susahnya nyiptain resep sendiri. Dari beberapa jenis makanan yang mau aku bikin, aku memilih Kaastengel. Selain kemungkinan ancurnya dikit, aku juga punya keju Gouda old nya Natura yang bengong aja di kulkas. Belinya beberapa bulan lalu waktu jalan ke Pacific Place dan mampir ke Kem Chicks. Seneeeeeeng banget ngeliat ada keju buatan Indonesia. Bahagia sekali ngeliat kejunya berkualitas dan dikemas dengan baik. Hidup produk Indonesia....!!!!! *horeee*

Gimana prosesnya??? waaaah, ternyata, bikin resep yang cocok itu susah ya. Tepungnya aja aku timbang 25 gr-an, supaya bisa dimasukkan sedikit-sedikit dan dicatet. Belum lagi nemuin komposisi yang pas. Selama bikin sambil mikir terus. Perlu garam gak? kurang gak kejunya? tepungnya? keras gak ya??....pokoknya capek mikir!!! gak kebayang deh berapa banyak adonan mentah yang masuk mulut supaya tau rasanya gimana. Untung aku pake kuning telur rebus, kalo mentah...aiiiih, bisa ber-salmonella-ria deh...

Setelah jadi, aku jadi ngerti perasaan temen-temen yang resepnya di comot begitu aja. Begitu banyak tenaga, pikiran dan waktu yang dihabiskan untuk mendapatkan resep yang enak. Ketika resep selesai, tidak ada maksud lain ketika di posting di blog selain keinginan untuk berbagi dengan siapaun yang membutuhkan. Namun, tindakan copy paste aeperti yang dilakukan CAMboga, benar-benar MERUSAK suasana nyaman dan menyenangkan yang terjalin diantara pecinta kuliner. Foto-foto yang tadinya dipajang dengan indah, kini terpaksa di beri watermark yang "gak basa-basi" lagi.

Aku aja yang fotonya amatir, bela-belain nyobain resep pagi-pagi. Supaya siang, hasil uji cobaku sudah selasai dan siap difoto. Maklum, masih mengandalkan cahaya matahari. Capek kan? Yu Yati aja sampe ninggalin masakannya supaya bisa bantu pegangin karton buat background foto. Duuuuhh.... tambah geram deh sama para pencuri foto....

Soo....kembali ke Kaastengel (atau Kastengel siiih?) buatanku ini. Ternyata hasilnya sangat memuaskan *cieeeee* paling tidak, aku suka banget deh. Urusan mencetak memang jadi masalah, males banget....lamaaa.... akhirnya dari pake cetakan kaastengel, aku juga pake cetakan daun, biar cepat selesai...hehehehe.... Ide masukin kuning telur rebus aku dapet dari cerita kak Ika (iparku). Katanya, Mama-nya pake kuning telur rebus kalo bikin kue kering, supaya putih telur (yang katanya bikin keras) gak ikutan masuk. Kalo buatku, sepertinya membuat Kaastengel jadi lebih creamy. Pokoknya, enak deeeeh!!!

In resepnya...


KAASTENGEL CAMELIA

Bahan :

170 gr keju Gouda Old, parut
80 gr keju Cheddar, parut
220 gr unsalted butter
50 gr margarine
3 butir kuning telur rebus, lumatkan
275 gr tepung terigu protein sedang

Kuning telur untuk olesan
Keju cheddar untuk taburan, parut, simpan di kulkas

Caranya :
1. Dalam wadah, campur unsalted butter, margarine dan kuning telur rebus yang telah dilumatkan. Aduk-aduk dengan spatula hingga creamy dan tercampur rata.
2. Campur keju Gouda Old denga Cheddar, masukkan kedalam campuran mentega. Aduk rata.
3. Masukkan tepung sedikit-sedikit sambil di aduk dengan spatula.
4. Cetak, oles atasnya dengan kuning telur dan taburi dengan keju cheddar parut.
5. Panggang di oven dengan suhu rendah hingga kecoklatan (apinya jangan terlalu besar ya, kecil aja, panggangnya agak lama supaya benar-benar kering, dan soooo crunchy!)


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...