Search This Blog

Loading...

Thursday, April 30, 2009

Kue Lumpur

Kalo lagi sakit gigi begini, rasanya mau banget deh nge-gampar dokter yang nambal gigiku. Katanya ada lubang kecil (tapi aku gak ngerasa sakit tuh) trus ditambal....sekarang malah sakit setengah matiiii.....hiks...hiks...ke dokter koq malah bikin sakit....pait banget!

Abis ngeliat demo donat di NCC Matraman. Aku jadi ketagihan makan kue lumpur. Padahal, selama ini, nyicip aja ogah. Kue lumpur buatan bu Fat emang top banget, lembut dan gak bikin eneg. Waktu itu aku makan kue-nya banyaaaaak....*doyan apa doyan sih*. Sampe lama masih keinget juga. Beberapa hari lalu sempat mau bikin kue lumpur, tapi gak punya cetakannya. Mana pak Di lagi pulang kampung, jadi gak ada yang nganterin beli cetakan. Males banget kalo nyetir sendiri ke pasar Jatinegara, ribet boooo....

Kemarin, iseng-iseng bilang ke yu Yati, kalo ke pasar tradisional dekat rumah, tolong liatin kalo ada cetakan kue lumpur sambil aku perlihatkan cetakannya seperti yang ada di salah satu buku resep. Alhamdulillah, pagi tadi yu Yati dapet cetakannya. Jadi semangat deh bikinn kue lumpurnya. Aku bikin 1/2 resep aja, itupun jadinya banyak banget. Soalnya cetakan yang dibeli yu Yati agak kecil, gak sebesar di Matraman. Mungkin lebih pas jadi cetakan kue carabikang.

Ternyata, banyak tips & tricks nya. Sampe nyetak yang ke 3 kali, baru mulai kelihatan kuenya membaik. Gak gosong dan gak mentah tengahnya. Perhatikan hal berikut :
  • Apinya kecil saja (terkecil di kompor deh pokoknya), cetakannya sangat mudah panas ketika diletakkan diatas kompor.
  • Setelah adonan dituang keloyang, segera tutup, ketika setengah matang, baru diberi topping. Tutup kembali hingga matang. Kalau tidak di tutup, bagian tengah lama matangnya sementara bagian bawah sudah gosong duluan.
  • gunakan spatula tipis untuk mengeluarkan dan mengangkat kue dari cetakan, dengan bantuan garpu agar tidak patah (jangan ditusuk).
Hasilnya? Kue lumpurku cantik, bawahnya gak gosong tapi kuning ke coklatan. Rasanya, lembut, manis dan legit!!! Puaaaaassss.....

Kali ini aku pake topping kismis dan keju. Tidak di rencanakan sih. Gara-gara banyak yang gagal waktu pertama nyoba, kismisnya habis. Minta tolong yu Yati ke warung belakang, ternyata gak jual kismis, adanya keju. Ya udah....pake topping keju asyik juga.



Ini resepnya :

KUE LUMPUR
by : Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr gula pasir
500 gr tepung terigu
1 kg kentang, kukus dan haluskan
200 gr margarine, lelehkan
5 btr kuning telur
4 btr putih telur
1 ltr santan
1 sdt vanilli
1 sdt garam
200 gr kismis, untuk taburan

Cara membuat:

  1. Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang (tidak perlu naik), masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
  2. Tuangi santan, aduk rata, masukkan kentang halus dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata.
  3. Terakhir, taung mentega leleh, aduk rata.
  4. Panaskan cetakan kue lumpur, poles mentega, tuangi adonan hingga ¾ penuh, tutup, biarkan setengah matang taburi kismis, tutup lagi, biarkan sampai matang. Angkat. Variasi taburan lain bisa menggunakan parutan keju, irisan nangka, coklat mesis, dll.
Mudah kan???.....pokoknya asik dehhh... Ssssttt.... udah di coba sama si Mas lho, ternyata dia sukaaaa....horeeee.... walaupun sempet nyeletuk, baru kali ini ngeliat kue lumpur sekecil dan setipis ini....hehehehe... Makanya, temenin aku beli loyang doooooonnngg....




1 comment:

helmi yuliyani said...

Salam kenal mba, kue lumpurnya enak banget udah aku cobain, ijin copas ya resepnya
:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...