Search This Blog

Loading...

Friday, April 24, 2009

Black Forest

Black forest cake ini dibuat tanggal 20 April lalu. Waktu aku liburan pemilu *cieee* di Jambi. Ceritanya bang Iqbal ulang tahun, kebetulan aku pengen bikin black forest lagi setelah latbar NCC sama Ika Dahlia member NCC Jambi (ceritanya menyusul ya). Waktu itu black forestnya ngaco banget, tapi cakenya moist sekali (walaupun atasnya gosong, keasikan ngerumpi...hehehehe). Kesempatan buat nyoba bikin lagi dengan cara yang benar.

Bikinnya sih cepat, tapi ada aja bahan yang kurang. Pagi udah ajak Nia, keponakanku ke Tbk buat beli cherry yang bertangkai, soalnya baru tau kalo cherry sisa bikin cupcake gurunya Nia, tak simpan di kotak peralatan kue kak Ika (Kakak iparku, kebanyakan nama ika niiih) dan udah dibawa pulang sama yang punya. Setelah cakenya selesai, baru nyadar kalo cooking chocolatenya juga dibawa sama kak Ika. Terpaksa nunggu si Muji (sopir di Jambi) beli coklat. Panjang umur, kak Ika datang dan punya coklat dimobilnya. Jadinya coklat yang dibeli Muji gak jadi di pake deh.

O ya, coklat bubuknya aku pake Elmer African Black beli di markas NCC, jadinya hitam dan gak perlu ditambah pasta lagi. Rasanya?? enak banget! highly recommended deh buat black forest. Setelah jadi, langsung kehebohan terjadi, aku nambah gelatine ke whipcream-nya supaya agak keras, tapi ternyata gelatinenya kelewat encer, airnya kebanyakan (buru-buru sih). Mana kulkas di rumah rusak, terpaksa deh cakenya disimpan dikamar tamu yang AC-nya gila-gilaan dinginnya, sampe yang ultah datang.

Sorenya, kak Ika sama Riri (abangku) dan teman-temannya, ngajak jalan dan makan di KFC. Jadi lupa deh sama ultahnya. Pulang kerumah, ternyata yang ultah belom datang juga, kata Nia, tadi pulang sebentar terus pergi lagi. Waktu di telpon, ternyata udah ada acara sama teman-temannya. Yaaaaa...udah deh, untung siang tadi sempat nawarin Paman Adi sama Bibi Shinta buat mampir nyobain black forest dan mereka emang datang. Jadi deh kita yang makan kue ultah, tanpa kehadiran yang ultah...hahahaha... malamnya bang Iqbal datang, kue tinggal 1/4-nya, ikutan makan deh.

Tapi sukaaaaaaa banget sama cakenya! lembut dan ringan banget. Resepnya aku dapat online udah lama sekaleee. So, gak ingat dari website mana. Cakenya bakalan sering aku pake jadi "base" aneka cake coklat lain deh. Seperti TCCC dll....so moist sih. Serutan coklatnya udah lumayan, cuma masih belum bisa nyusun yang rapi.


Ini resepnya :

BLACK FOREST

Cake

Bahan :
6 btr telur
150 gr gula pasir
1/2 sdm cake emulsifier
125 gr tepung terigu
25 gr coklat bubuk (aku pake Elmer African Black)
1/2 sdt vanili
75 gr mentega/margarine, cairkan

caranya :
  • Campur terigu dan coklat bubuk, aduk rata, sisihkan.
  • Kocok telur dan gula pasir hingga berbusa, masukkan emulsifier, kocok hingga mengembang dan kental, masukkan campuran terigu sambil diayak. Aduk balik hingga rata, masukkan mentega leleh, aduk balik lagi hingga rata.
  • Tuang adonan dalam loyang bulat diameter 20 cm yang telah dioles mentega dan kertas roti. Oven adonan selama 30 menit dengan suhu 180C hingga matang dinginkan.
Bahan lain :
Whipped Cream/Buttercream
Cherry merah bertangkai
Dark Cooking Chocolate, serut kasar
1 kaleng cherry merah, buang airnya, belah 4
Simple syrup

Simple Syrup :
100 ml air
100 gr gula pasir
5-6 sdm rhum (optional)
  • Panaskan air dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan. Tambahkan rhum, aduk rata. Siap untuk digunakan.

Penyelesaian :
  • Potong melintang cake hingga 3 bagian, siram atau olesi dengan kuas tiap bagian dengan simple syrup. Olesi bagian pertama dengan whipped cream/butter cream, susun cherry kalengan, tutup dengan potongan cake kedua, ulangi lagi proses tsb, tutup dengan lapisan ketiga.
  • Tutup rata seluruh bagian cake dengan whipped cream/buttercream, hias dengan coklat serut dan cherry bertangkai.
Gotta love it!!!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...