Search This Blog

Loading...

Wednesday, April 29, 2009

Chiffon Pandan Cake


Aduuuuhhh.... aku sakit gigi niiiih... sebel banget deh! rasanya mau marah aja. Udah makan obat seabrek-abrek, masih cenut-cenut juga. Walaupun udah gak se-dahsyat kemarin. Kasian deh si Mas, ceritanya kemarin kita jalan-jalan...eeeh...aku malah cemberut aja di jalan gara-gara sakit gigi...hiks...hiks... mudah-mudahan dia gak kapok ngajak aku jalan-jalan lagi ya...*nyesel*

Hari ini ceritanya mau bikin something lah. Pilihanku jatuh sama chiffon cake lagi, gara-gara sukses sama chiffon ketan hitam lalu. Sempat juga terlintas mau bikin makanan yang menggunakan tepung ketan hitam supaya tepungku habis. Tapi, di saat sakit gigi begini, chiffon sepertinya pilihan terbaik deh. Lembut soalnya.

Resepnya tetap pake resep NCC, tapi kali ini kayaknya ovennya terlalu panas, so...gak semulus chiffon ketan hitam. Tapi rasanya....enak dan lembut! wangi pandannya, haruuum sekalee. Aku bisa ngebayangin deh kalo Papa ku bakalan suka kue beginian. Akupun jadi ingat kue-kue jaman dulu yang udah lumayan lama gak aku lirik. Entah karena kurang lama memanggangnya atau emang lengket, kali ini aku agak kesusahan ngelepas cakenya dari loyang. So, menurutku next time bagian bawahnya sebaiknya tetap dilapisi ketas roti. Supaya gampang ngelepasnya.

O ya, cara pembuatannya juga beda sama ketan hitam. Texture nya juga lebih halus (porinya jauh lebih kecil). Buat yang gak suka sama rasa "berpasir" chiffon ketan hitam, coba deh yang ini, di jamin ketagihan. Perlu sekitar 9 butir telur untuk mendapat jumlah telur yang dibutuhkan. Waktu membuat adonan pasta-nya, santan sama minyak sayur aku campur saja jadi satu. Selain biar gak banyak ngotorin wadah, juga lebih praktis aja saat dituang..hehehe..

Ini resepnya :

Chiffon Pandan Cake
By Fatmah Bahalwan
Bahan :

Adonan Pasta
50 gr gula pasir
20 gr susu bubuk full cream
20 gr tepung miazena
140 gr tepung terigu
1 sdt baking powder double acting (BPDA)
100 ml minyak sayur
100 ml santan sedang
140 kuning telur
1 sdt pasta pandan (aku pake Toffieco pasta pandan, hijau dan wangiiiii...)

Adonan Putih Telur
300 ml putih telur
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 sdt cream of tar-tar (optional)

Cara Membuat :
  • Panaskan oven 180 C
  • Adonan pasta : Campur gula, susu bubuk, tepung maizena, tepung terigu dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur ditengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
  • Adonan putih telur. Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tar-tar (optional) hungga puncak tumpul (soft peak).
  • Campurkan adonan putih telur kedalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata. (Kalo aku diaduk balik dengan spatula silikon)
  • Tuang kedalam loyang chiffon ukuran diameter bawah 20 cm tanpa dioles apa-apa (saranku, tetap lapisi bagian bawah dengan kertas roti tanpa olesan)
  • Panggang lk. 45 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal)
  • Keluarkan kue, panas-panas balikkan loyang. Bisa disangga botol atau kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
Lembuuuuuttt.....



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...