Search This Blog

Loading...

Sunday, April 26, 2009

Chiffon Ketan Hitam

Yea...yea...yea...
Seperti biasa, aku punya stok tepung ketan hitam yang nganggur di lemari sejak dahulu kala. Padahal, waktu lagi "nafsu" mau nyobain chiffon cake yang berbahan tepung ini, bela-belain keliling nyari loyangnya, sampe ke Senen segala. Langsung beli aneka ukuran lagi, aku beli loyang chiffon mungil yang ngegemesin (biasa...laper mata!), belum lagi tiap ke mall langsung mampir ke beberapa supermarket nyari tepung ketan hitam. Nah, pas mau bikin, ada aja halangannya. Bayangin, bulan depan, tepungku itu expire...kebayangkan udah berapa lama tepungnya "bengong" di rumah...hehehe

Baru ke inget lagi waktu di milis ada yang nanyain resep chiffon. Kebetulan juga lagi dalam rangka "menjajaki" makanan buatan ku yang bisa menjadi kesukaan si Mas selain risol...*kacian deh!* karena tidak terlalu berat, mungkin si Mas bisa suka sama chiffon ini. Anyway, cerita tingkat kegagalan yang tinggi dalam membuat chiffon cake sempat bikin hatiku ciut juga. Tapi kalo gak di coba gak akan pernah tau. Ya udahlah, nekat aja.

Agak bingung juga soal nentuin jumlah telur yang di perlukan karena harus di timbang segala. Terpaksa ditengah-tengah menimbang kuning telur minta yu Yati ke warung beliin telur lagi. Padahal, baru aja balik beli santan instant. Sebelnya, cuma butuh 1 butir aja. Karena tengsin sama yg punya warung bolak-balik hanya untuk sebutir telur, tak suruh deh yu Yati beli sekilo...hihihihi...

Ternyata, saran bu Fat di website NCC (tempat aku ambil resepnya) emang bener. ikuti aja resepnya, dan TA DA....BERHASIL!!! aku sempat gak nyangka juga kalo bakalan berhasil. Mana aku gak ngerti suhu di oven mungilku yang suka beda sama oven lain. Parahnya, setelah adonan jadi, kita baru ingat, kalo loyangnya belum pernah dicoba di oven, muat apa gak. Ternyata, emang gak muat, ketinggian! Karena adonan udah jadi, dengan berat hati terpaksa raknya dikeluarkan dan diletakkan di atas alas bawah oven. Gimana aku gak persimis cobaaaa???

Tapi hasilnya....berhasil bikin aku senyum seharian!!! gak nyangka aku bisa bikin chiffon. Puas banget waktu ngeluarin dari oven, cakenya terlihat tinggi dan gak kempes. Ngeluarinnya aku pake cara bu Fat juga, jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Beres deh, gampang banget ngelepasnya. Motongnya aku pake pisau biasa aja yang aku potong seperti menggergaji tanpa di tekan. Rapi koq.

Tekstur cakenya memang terlihat kasar, tapi lembuuuut dan ringan banget. Beda sekali sama cake ataupun bolu biasa. Rasanya seperti makan bubur ketan hitam. Dari tepungnya terasa sedikit berpasir, tapi malah bikin rasanya lebih seru. Enak deh pokoknya!! Bang Iqbal yang kebetulan ada dirumah, sampe makan 2 potong. Alhamdulillah...

Komentar si Mas? ya gak tau. Tadi cakenya dimasukkan ke kotak dan dibawa pulang. So, baru tau komennya besok...aiiih jadi gak sabar!!

Sekarang, bingung mau ngabisin tepung ketannya gimana. Karena terlalu semangat, aku langsung ambil kemasan 500 gr. Padahal cuma perlu 100 gr/resep....WHOAAAA!!!

Ini resepnya :

CHIFFON CAKE KETAN HITAM
by Fatmah Bahalwan

Bahan A:
160 gr kuning telur
75 gr gula kastor
1 sdt vanilli

Bahan B:
240 gr putih telur
125 gr gula kastor
1 sdt garam

Bahan C:
50 gr tepung terigu protein sedang
100 gr tepung ketan hitam
1 sdt Baking Powder Double Acting

Bahan D:
150 ml santan kental instant
3 sdm minyak sayur

Cara membuatnya:

  1. kocok bahan A hingga kental, sisihkan. Dengan mixer bersih lain, kocok bahan B hingga kaku (Tapi jangan sampai kering, cukup sampai mengkilap dan soft peak aja).
  2. Tuang adonan B kedalam adonan A secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  3. Ayak Bahan C, tuang kedalam adonan pertama, aduk rata. Tuangi bahan D, aduk balik hingga rata.
  4. Tuang adonan kedalam loyang Chiffon yang telah dialas kertas, oven dengan suhu 200’C selama 20 menit, lanjutkan dengan suhu 150’C selama 30 menit lagi hingga matang.
  5. Angkat, balik loyang diatas alas kue, biarkan dingin. Lepaskan dari loyang, potong-potong.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...