Search This Blog

Friday, May 22, 2009

Pan De Polvo (Mexican Shortbread)

"These cookies are a Hispanic tradition I definietly want to pass down to other generations. They're usually served at christmas and weddings"
-Eva Longoria Parker-


Bukan hanya karena aku nge-fans sama serial Desperate Housewives...tapi ngeliat gambarnya di majalah InStyle edisi bulan May ini, jadi langsung semangat buat nyobain. Apalagi, selain keliatan mudah, dan gak pake telur, senang aja lihat salah satu tokoh sexy serial itu lagi ngebuletin adonan sama nyokapnya....hihihihi

Anyway, semula sempat bingung baca salah satu bahannya Butter Flavored Shortening. Apaan pula itu yaaaa.... mulai deh sibuk mikir bahan pengganti. Nah kebetulan lagi jalan di mall, mampir bentar di supermarket....cihuuuyyy... ketemu Crisco Butter Flavored Shortening!! Langsung deh ngerasa kalo ini pertanda udah meant to be...(sok dalam...amit-amit ih!). Walaupun harganya "sangat tidak bersahabat". Apa mau dikata, yang penting rasanya bisa semirip mungkin deh. Nanti kalo udah jadi, dan bikin sekali lagi, baru nyoba pake bahan pengganti aja. Tapi, rencana tinggal rencana, walaupun bahan lengkap, tetap aja gak langsung bikin (penyakit lama). Malah nyobain bikin yang lain-lain.

Kalo bikin kuenya sekarang, pas banget, kemarin lusa jalan ke Grand Indonesia sama si Mas (yang ogah diajak masuk toko piring), ngeliat piring cantik-cantik yang siap di ajak foto. Lumayan, di sale 50%... gatel, jadi beli deh 2 biji. Mengingat koleksi piringku mepet (Aku ogah beli, soale di rumah Jambi, peninggalan Ibuku seabrek-abrek). Kali ini, aku beli deh, mumpung murah buat di rumah Jakarta. Bosen liat blogku yang makanannya difoto dengan wadah standar yang ada di rumah aja...lagian, toh aku lebih sering di Jakarta. Maklum, karena single living, aku lebih suka beli parfum, sepatu, jam tangan, dan tas baru...ketimbang beli piring...hehehehe

Anyway...
Aku bikin "teh kayumanis"nya kemarin, setelah bikin pudding caramel. Ternyata, semakin lama dibiarkan, warnanya semakin gelap. So...pagi ini, aku udah siap bikin kuenya. Praktis banget dan bahannya sederhana sekali. Cuma waktu pertama aku panggang, koq cookiesnya tetap bulat (hanya gepeng dikiiit), jadinya berikutnya adonan agak aku gepengin sedikit sebelum di masukkan ke oven.

Hasilnya?? layak banget buat di coba. Rasanya lembut tapi flaky. Sekali masuk ke mulut, langsung lumer. Mirip-mirip kue putri salju gitu deh. Gak terlalu manis, tapi rasa kayu manisnya betul-betul nendang, so cinnamony! enaklah pokoknya.

Ini resepnya, pembuatannya pake urutan yang aku lakukan, yang dimiringkan juga tambahan dari aku aja. Resep ini di terjemahkan ala kadarnya oleh gue..hehehe


PAN DE POLVO (Mexican Shortbread)
by Eva Longoria (InStyle Magazine, May 2009)


Bahan :
2 batang kayu manis
1/2 cup air
2 1/4 terigu protein sedang
2 sdt baking powder
1/8 sdt garam
2/3 cup butter flavor shortening (aku pake 152 gr)
1/2 sdt vanilla extract
1/2 cup + 2 sdm gula pasir
2 sdt bubuk kayu manis

Caranya:
  • Dalam panci, panaskan batang kayu manis dengan 1 1/2 cup air hingga mendidih (Pada saat ini, air akan menjadi kecoklatan dan agak berkurang). Dinginkan, buang kayu manisnya lalu simpan di kulkas.
  • Panaskan oven 325 F
  • Dalam wadah sedang, campur tepung, baking powder, dan garam. Sisihkan.
  • Dalam wadah mixer, masukkan shortening, vanilla dan 1/4 cup "teh" kayumanis, mixer hingga pucat dan lembut. Masukkan campuran tepung, aduk rata.
  • Bulat-bulatkan adonan sebesar 1 inch (kalo aku setelah dibulatkan sedikit ditekan). Susun dalam loyang berjarak 2 inch pada setiap bulatan.
  • Panggan selama 15 menit atau hingga pinggirnya sedikit kecoklatan.
  • Dalam wadah, campur 2 sdm gula dengan kayumanis bubuk. Masukkan kue yang masih hangat kedalam campuran gula dan kayumanis ini.
  • Hidangkan. (Cukup untuk 3 lusin kukis)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers