Search This Blog

Loading...

Tuesday, May 26, 2009

Lapis Sagu Pandan Ny, Liem

Mau posting kue yang aku bikin hari Minggu laaaah.... Lagi iseng liat-liat buku resep., jadi naksir berat sama kue-nya. Aku suka deh ngeliatin buku resep Kue Basah Pilihan Ny. Liem. Kue-kuenya familiar banget dan masih original sekali (no offense to fusion Indonesia traditional snacks!). Soalnya, banyak buku resep yang memperbarui resep, sampe rasanya jadi berubah banget. Kalo yang ini, sepertinya persis seperti kue-kue yang suka aku beli di pasar. Termasuk lapis sagu pandan ini.

Ngomongin kue lapis, aku emang lebih suka lapis sagu ini. Dulu waktu Papa-ku masih dinas, ada anak belasan tahun yang datang kerumah naik sepeda sampe teriak "Kueee...kueeee". Kuenya emang enak-enak, aku paling suka bolu kukus-nya sama lapis sagu. Suka deh sama lengketnya (yang kadang melesat aja tanpa sempat dikunyah dulu..hihhihi), ada sensasi tersendiri, kadang, aku makan sekalian, kadang sengaja menikmati selapis demi selapis sambil bengong...


Bikinnya sih, cenderung mudah. Tapi aku gak punya loyang yang pas, jadinya rada tipis...hiks... mesti menambah koleksi loyang niiih... yang lama, ya nunggu setiap lapisannya mengering supaya bisa dimasukkin lapisan berikutnya (5 menit-an/lapis). Asiknya, ngerjainnya bisa sekalian nonton DVD, karena gak seperti lapis legit yang khawatir gosong, biarin aja di kukusan. Gak berasa, udah selesai deeeeh...

Nah, yang ribet itu motongnya, lengkeeeeett.... (pantesan kalo di jual selalu dibungkus plastik!) jadinya belom rapi nih motongnya, padahal, rasanya paaaasss, gak terlalu manis dan udah puas banget ngeliat lapisannya yang rapi (narsis!). Belum ketemu nih theory nya motong kue lengket yang rapi...gimana ya? any idea?


Resepnya, ini niiih...aku bikin setengahnya ini, udah cukup banyak koq!

LAPIS SAGU PANDAN
by. Ny. Liem


Bahan I :

1 kg tepung tapioka kualitas baik
900 gr gula pasir
2 sdm tepung ketan
4 sdt garam
1 sdt vanilli bubuk

Bahan II :

1500 ml santan kental dari 1 1/2 butir kelapa
800 ml santan encer

Bahan III :

75 ml air daun pandan dan suji (aku pake 1 sdm pasta pandan Toffieco)
50 gr coklat bubuk, larutkan dengan 75 ml air panas


Cara membuat :

  • Bahan I : Campur tepung tapioka, gula pasir, tepung ketan, garam dan vanilli bubuk menjadi satu. Tuang bahan II sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang licin dan tidak berbutir.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian, masing-masing diberi air daun pandan dan satu lagi diberi larutan coklat.
  • Olesi loyang ukuran 26 X 26 X T 6 cm yang telah diolesi dengan sedikit minyak hingga rata. Panaskan di dalam panci pengukus hingga agak panas.
  • Tuang 125 ml adonan ke dalam loyang (aku pake sendok sayur besar aja), kukus selama 5 menit hingga adonan matang. Lakukan hal yang sama secara berselang-seling hingga adonan habis. Kukus kembali selama 10 menit. Angkat dan dinginkan (tunggu hingga benar-benar dingin ya, masukin kulkas kalo perlu)
  • Potong-potong, sajikan.
Salam sticky!

4 comments:

Hanna said...

Pisaunya dibungkus plastik, trus diolesin minyak goreng / minyak sayur dikit, say.. :)

**hanna**

shasha said...

Mbak, resepnya dicontek disini ya mbak http://shashakoe.net/?p=499
Emang resep ini ueeenakkkk mbakk!

Anonymous said...

mbak koq di buku-nya tertulis 1500 santan kental dari 12 butir kelapa.... yg bener gimana ya?

Camelia said...

hello...
kalau 12 butir kelapa, santannya akan banyak sekali mba...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...