Search This Blog

Loading...

Thursday, March 3, 2011

Slow Cooker Pot Roast

Berbulan-bulan lalu (tahun lalu donk..hihihi) aku lagi nongkrong sore di markasnya milis NCC di matraman sama si Arni, dia cerita soal slow cooker. Katanya, slow cooker itu oke banget buat di miliki, bisa bikin macam-macam tanpa susah payah. Contohnya, kalo Arni suka pake slow cooker buat bikin bubur ayam. Malam sebelum tidur, tinggal masukkan beras dan ayam dan bahan lainnya ke dalam slow cooker, besok paginya, udah siap bubur ayam dengan potongan-potongan ayam yang empuk. Wuiiihhh...gimana aku gak naksir berat pengen punya slow cooker. Padahal semula aku itu cerita mau beli panci presto *hihi* Karena sama-sama gak butuh-butuh amat, aku pilih beli slow cooker, selain harganya gak mahal (gak perlu mikir n' milih lama-lama), aku mau juga dong makan bubur ayam enyak seperti buatan Arni...hehehe..

Seperti biasa, kalo lagi hot pengen something, aku akan berusaha mendapatkannya as soon as possible. Pengen beli yang merknya sama seperti punyanya si Arni, tapi tempat belinya rada jauh. Sampe akhirnya pas lagi jalan sama si Tona, ketemu slow cooker di supermarket gede dekat rumah. Merknya beda sama punya Arni, tapi karena yang penting harus ada slow cooker secepatnya *ehem* . Langsung ambil satu, bawa pulang dan masuk lemari...hahahaha.... sampe lamaaa di dalam lemari dan gak di apa-apain. Waktu si mas pulang ke Jambi bawa mobil, slow cookernya aku titipkan sekalian. Yep, sampe Jambi, masuk lemari lagi...sampe lama jugaaa...hahahaha...


Tapi beberapa hari terakhir ini, udah aku niatin mau nyoba pake slow cookernya. Udah pasti mau bikin pot roast aja, gara-gara mupeng ngeliat pembuatan pot roast di youtube. Selain caranya gampang banget, juga gak malu-maluin kalo di sajikan di meja makan. Keliatan seperti makanan serius...hihihi...*apaa cobaaa*. So, waktu ke supermarket sama bang Riri n' the gank, aku mulai beli daging dan kentang. Tapi gak bisa langsung di bikin, karena Minggu ini temasuk hari sibuk di keluargaku. Hari Minggu lalu, ada resepsi khitanan-nya si Abel, trus hari Senin-nya si Dea ada mini concert dari sekolah musiknya di mall. Hari Selasa, jadwalnya ngurusin pengajian rutin di rumah. Aku baru bisa bikin kemarin pagi, rencanaya sih buat makan malam. Tapi gak jadi, soalnya kemarin kak Ika, busu (Paman) Tamam dan nyai (Nenek) Syamsidar (Ibu dan adiknya nya almarhum busu Lahmuddin yang baiiik banget sama aku) berangkat umroh. Waduuuh, kemarin itu di rumah heboh banget, kayak mau ngantar berangkat haji aja, bandara sampe penuuuh...hahahaha...

Karena kemarin dari bandara semua langsung di ajak Papa makan di luar, pot roast yang udah matang aku pisahkan sayur, air dan dagingnya dan aku simpan di wadah kedap udara trus dimasukkan ke kulkas bagian bawah aja. Baru aku hangatin lagi siang tadi. Si Dea dan abangku Riri udah gregetan nungguin aku yang sibuk foto-foto dulu, sementara mereka udah pada pegang piring lapar berat...hihihihi... Alhamdulillah, si Dea suka banget sama pot roastnya. Selama aku manasin pot roast, dia sibuk nyomot daging potongan kecil yang udah aku hangatin duluan. Sayang, dia cuma suka roast sama gravy nya aja, gak mau makan yang lain. Karena Bundanya gak ada, dia ngerasa bebas-bebas aja ogah makan yang serius..hahaha... kalo abangku Riri, juga bilang enak, cuma katanya dagingnya kelewat lembut. Ok deh, next time, pake slow cookernya 9-10 jam aja, instead of 12 jam seperti kemarin. Jadi masih berasa chewynya.

Aku sendiri, suka banget masak cara begini, kayaknya pas banget deh sama aku yang malas masak-masak seharian di dapur. Semua tinggal cemplung dan tunggu. Aku bisa ngerjain yang lain. Mungkin karena dimasak dengan suhu rendah dan jangka waktu yang lama, rasanya tasty banget lho. Dagingnya empuk dan sayuran di bawahnya juga jadi lembut, tumben kali ini aku mau makan wortel..hehehe.. Rencana semula, aku mau masukin kentang sekalian, biar pada masak bareng, jadi gak repot nyiapinnya. Tapi aku kelupaan *ehem* masukkin kentangnya. Akhirnya, aku bikin mashed potatoes aja. Gak tega juga ngasih daging, sama bawang n' wortel doang...hihihi... tapi, next time, kentangnya pasti aku masukkan sekalian, jadi gak repot. Setelah jadi, bisa langsung makan, semua udah matang bareng, gak perlu ngancurin kentang terpisah segala.

Cara pembuatannya pun di youtube ada macam-macam, ada yang dagingnya langsung di masukkan, ada juga yang di coklatkan dulu di wajan baru masuk ke slow cookernya. Aku pilih yang di coklatkan dulu untuk memperkaya rasa. Gak sia-sia deh aku baca bukunya Julia child, kali ini aku praktekkan tipsnya. Sebelum di masukkan ke wajan, dagingnya aku tepok-tepok dulu pake tissue, jadi gak ada air di bagian luar daging. Ternyata bener lho, dagingnya coklat dan cepat meratanya. Untuk bumbunya, ada yang pake kaldu instant, sup instant kaleng, ada juga yang cuma di bumbui kecap inggris thok. Aku bikin sendiri ala aku yang praktis aja, cukup air sama kaldu blok yang di tambah merica dan garam secukupnya. Praktis dan selalu ada di rumah.

Hasilnya sangat memuaskan buat aku, apalagi dagingnya jadi empuk dan matang merata. Selama dimasak, aroma roastnya kemana-mana lho. Kayaknya aku bakalan sering deh eksperimen sama slow cooker ini (telat banget ya gue!). Aku udah kebayang untuk bikin macam-macam masakan yang enak-enak. Soalnya, kecil kemungkinan gagal ataupun gosongnya....hehehe... sayuran pun di potong ala kadarnya, setelah matang, tetap enak aja. Hum...jadi pengen nyoba pake aneka saus juga untuk masakan ku nanti. Bisa saus tiram, hoisin, kecap ikan, kecap inggris, pasta tomat...uuugh...macam-macam deh. Cairannya pun gak harus air, bisa susu atau santan...pokoknya unlimited!...eeh, ntar sekalian juga mau nyoba bikin rawon aaah, buat si Mas. Biar berasa punya suami Arema...hihihihi...

Anyway, ini resep yang aku pake untuk pot roastku kemarin, feel free buat nambah apapun yang bisa bikin lebih enak. Ntar aku dikasih tau ya...hehehehe...




SLOW COOKER POT ROAST
Camelia

Bahan :
500 gr daging sapi bagian paha, keringkan dengan tissue, bumbui dengan merica hitam dan garam, diamkan.
3 bh bawang bombay, belah 8
2 buah wortel ukuran sedang, potong-potong
1/2 sdm merica hitam bubuk
2 sdm minyak sayur
1 cup air
1 blok kaldu bubuk rasa sapi, hancurkan.

Caranya :
  • Dalam panaskan minyak dalam wajan, masukan daging, masak hingga kecoklatan, balik hingga semua sisi daging kecoklatan. Angkat, sisihkan.
  • Tuang air kedalam mangkok slow cooker, masukkan kaldu bubuk dan merica, aduk rata. Masukkan bawang dan wortel aduk-aduk hingga rata.
  • Letakkan daging diatas sayuran, tutup. Gunakan suhu tinggi (high) selama satu jam, lalu gunakan suhu rendah (low) selama 8 jam (kalo suka lebih lembut, tambah 1 jam lagi).
  • Setelah matang, pisahkan daging dan sayurannya.
  • Gunakan kaldunya untuk membuat gravy: panaskan mentega, masukkan 1 sdm tepung terigu, aduk-aduk hingga rata, masukkan kaldu, panaskan sambil di aduk hingga mengental.
  • Sajikan



3 comments:

M 3 RI said...

mba mel q pikir slow cooker itu ngga guna aq make slow cooker hanya buat masak makanan baby aq ternyata eh ternyata

StarViolet said...

Aduh ak jg punya tp ditaroh di lemari doang hehehe, thank's resepnya bisa jadi inspirasi neh!

arni said...

Slow cooker itu wajib di miliki kalau malas masak tapi pengen makan enak , ....bikin rawon pake slow cooker ? di jamin rasa nya ngaldu banget deh siap siap di suruh masak terus sama si Mas qiqiiqqiq

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...