Search This Blog

Loading...

Sunday, March 13, 2011

Banana Cream Pie



Diantara sekian banyak jenis pie, bisa dikatakan Banana Cream Pie adalah pie yang paling gampang di terima siapa saja, terutama aku sendiri *hehehe*. Pertama kali disodorin pie, ada aja masalahnya, ya asem lah, ya bumbunya anehlah, ya kemanisanlah....pokoknya ada aja. Tapi waktu nyobain banana cream pie...huuuummm....love at first bite! sukaaa banget sama lembutnya, manisnya dan aroma pisangnya yang terasa familiar. Kalo pergi ke resto sama host familyku dan disodorin menu desserts aneka pie...aku selalu milih pie ini. Apalagi kalo jenis pie-nya terlalu banyak, aku ogah ambil resiko, pasti ujung-ujungnya aku pilih banana cream pie juga (setelah aku pikir-pikir, aku orangnya gak menarik amat ya, terlalu standar, kurang menantang...hihihi).

Udah lama banget gak makan pie kesukaanku ini. Mungkin aku salah, tapi kayaknya pie ini cuma di kenal di Amerika aja deh. Paling jauh ke Canada. Gak pernah nemu ditempat lainnya. Padahal, kalo lihat penampakkannya, gak beda jauh sama Lemon Cream Pie (kadang-kadang Lemon Meringue Pie) yang lebih mudah di temukan di mana-mana. Sama-sama menggunakan custard buat filling-nya dan menggunakan topping whipcream maupun meringue untuk penutup bagian atasnya. Bedanya, kalo lemon ya jelas asem seger, sementara pisang memberikan aroma yang harum dan lembut. Buat yang suka Banoffee Pie, nah, rasanya hampir mirip, tapi Banana Cream Pie gak begitu manis (so pasti, soalnya Banoffee menggunakan susu kental manis utuh yang di karamelkan untuk fillingnya). Alhamdulillah, tadi abangku, Riri n' temannya si Dayat nongol, langsung deh aku minta di beliin pisang ambon, ntah karena mereka semangat dengar aku bakalan bikin pie, atau karena khawatir aku suruh-suruh lagi *hihihi* gak tanggung-tanggung aku di bawain 2 sisir gede pisang ambon. Padahal cuma butuh 4 biji doang....hehehehe....

Untuk pie yang aku bikin ini, aku pilih pake whipped cream aja instead of maringue. Selain aku gak begitu suka maringue, aku juga rada malas kalo nanti meringue-nya berair. Maklum, aku selalu ada kendala kalo berurusan sama maringue. Perhatiin deh di blogku ini, hampir gak ada resep yang menggunakan meringue... abisnya, kadang jadi, kadang gak...hehehehe... Tapi, aku sendiri juga belum pernah makan Banana Cream Pie pake maringue. Selalu ditutupi whipped cream. Jadi, yep yep yep...whipped cream pilihanku...*duileee* Sebenarnya, ada cara yang mudah bikin fillingnya, cukup menggunakan instant pudding mix (pudding yang di maksud, berupa custard kental). Tapi, seperti biasa, gak ada yang bisa nandingin rasa buatan rumah. Selain lebih fresh, kitapun bebas mengontrol kadar gula yang kita gunakan.

Kalo pie crust yang aku pakai, aku buat dari biskuit vanilla biasa. Sepertinya sih, bebas-bebas aja mau kulit pie dari bahan apa. Boleh biskuit coklat, biskuit item, biskuit kelapa pun oke...pokoknya terserah, dan setiap biskuit ada sensasi rasa sendiri, yang penting, biskuitnya gak pake cream ditengah aja. Aku milih pake biskuit vanilla, karena memang aku suka crust yang milky. Untuk custardnya, hampir sama dengan cara membuat vla. Artinya, tiap orang kan punya cara sendiri untuk membuat vla, begitu pula dengan resep ini. Apapun cara yang di gunakan, yang terpenting hasil akhirnya adalah custard kental yang halus, licin dan lembut.

Untuk resepnya, aku ambil di sini. Pembuatannya cepat. Justru yang agak lama menyiapkan crustnya (walaupun sebenarnya juga gak lama-lama amat). Maklum, blom ketemu penjual pie crust ready made, jadi masih harus ngancurin biskuit segala. Karena ini tipe pie yang gak harus di panggang (kecuali pake meringue), jadi gak begitu memakan waktu. Setelah semua di susun, pisang, filling dan whipcreamnya, tinggal tunggu di kulkas sebentar sebelum di potong. Lumayan mudah banget.

Setelah semua bagian tertutupi whipped cream, bagian atasnya aku taburi dark chocolate yang di serut halus supaya ada warnanya (dan rasanya juga enak, chocolate gitu lho...). Setelah beberapa waktu di kulkas supaya set, pie aku keluarin dan kuambil sepotong. Lumayan buat nemanin aku duduk-duduk di ruang makan dengan secangkir teh tawar... hummm... nikmaaat.... rasanya yang manis dan lembut, betul-betul bikin addicted. Gak sabar euy, nunggu para testerku pulang buat nyobain....hihihihihihi....

Ini resepnya ya...


BANANA CREAM PIE
www.cookingnook.com

3/4 cup sugar
1/3 cup all purpose flour or 3 tablespoons cornstarch
1/4 teaspoon salt
2 cups milk
3 egg yolks, slightly beaten
2 tablespoons butter
1 teaspoon vanilla
3 to 4 bananas, sliced
1 - 9" baked pastry shell
meringue (made from the leftover egg whites), optional

Combine sugar, cornstarch, and salt in a saucepan. Add milk gradually. Cook, stiring constantly, over medium heat til bubbly. Cook and stir an additional 2 minutes and remove from burner.

Stir small amount of hot mixture into egg yolks, immediately add egg yolk mixture to hot mixture and cook for 2 minutes, stiring constantly. Remove from heat.

Add butter and vanilla and stir til smooth.

Slice 3-4 bananas into the cooled baked pastry shell. Top with pudding mixture and spread meringue or fresh whipped cream (if desired) on top of the pie. Cool.

(Kalo aku, kuning telur dikocok lepas dan maizena aku larutkan dengan sedikit susu, sisihkan. Lalu panaskan gula dan susu hingga hingga mulai mendidih. Ambil sedikit susu panas, masukkan ke wadah kuning telur, aduk rata, lalu tambahkan kuning telur yang telah di campur susu panas tadi ke dalam adonan susu sambil di aduk berlahan. Setelah itu, baru masukkan larutan maizena sambil terus diaduk, setelah mengental, tambahkan mentega. Aduk rata, angkat dari kompor. Setelah agak hangat, baru beri vanilla extract, aduk rata. Siap digunakan)


PIE CRUST

Camelia

Bahan :
300 gr biskuit vanilla (atau apa saja, tanpa krim), hancurkan
150 gr mentega, cairkan

Caranya :

  • Hancurkan biskuit dengan blender. Sisihkan
  • Campur dengan mentega cair, aduk rata
  • Buat kulit pie di atas cetakan pie, ratakan dengan bagian bawah sendok (jangan terlalu di tekan, crust akan keras dan tidak bisa dipotong).
  • Masukkan ke freezer 20 menit sebelum digunakan.

4 comments:

tari said...

mba lia pakai loyang yg ukuran berapa untuk resep banana cream pie ini? trims.

Camelia said...

Mba' Tari, aku pake loyang ukuran 22 cm...

Anonymous said...

mb Camelia, ini crust nya g perlu di bake ya? tks
(mira oktavianto )

Camelia said...

Gak perlu di panggang lagi mba' Mira, keluar dari kulkas, crustnya sudah cukup padat untuk dipotong ;-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...