Search This Blog

Loading...

Tuesday, March 8, 2011

Tahu Bulat Udang

Tadi pagi, aku iseng aja ngajak si Mas jalan ke pasar. Eeeh...tumben dia mau, tanpa protes dan tanpa tanya-tanya. Kebetulan, hari ini juga kerja sore, so, dia hepi-hepi aja nemenin aku belanja. Karena ke pasarnya gak ada tujuan, gak ada maksud juga mau beli-beli *hehe*...so, kita cuma jalan aja dari ujung ke ujung. Ada yang jualan kue-kue tradisional yang keliatannya enak banget, si Mas langsung beli buat dia dan Papa ku yang sedang kurang enak badan *hiks* ...eiits...buat aku juga ding...hihihihi... trus sampe di depan penjual kepiting...wuiiihh...naksir berat ngeliat kepiting telurnya yang gede-gede., gak tau masaknya gimana tapi pengen beli aja. Untung si Mas ngingatin kalo hari ini jadwal pengajian di rumah, si Umi pasti repot dan dapur juga pasti sibuk nyiapin makanannya. Bisa gawat kalo aku sibuk sendiri masak kepiting. Batal n' lanjuuuttt....

Nah, pas lagi ngeliatin penjual sayur, ada yang jual tahu putih yang keliatannya baru sekalee. Jadi ingat di milis lagi rame ngebahas tahu bulat, bisa nyoba bikin niiih... keliatannya simple, bisa buat di pantry n' gak perlu bikin kacau dapur segala..ehem... Eh, aku lumayan kaget juga ternyata tahu itu murah banget yak! cuma 500 perak/pcs-nya! waaah...mesti kampanye rajin makan tahu niiih, selain gizinya banyak dan harganya sangat terjangkau, juga supaya para penjual tahu bisa merasakan untungnya dan gak perlu pake formalin segala! *jijay, dosa banget tuh!*. Anyway, aku langsung borong 20 biji. Gak tau deh ini tipe tahu apaan (pengetahuanku kurang di dunia per-tahu-an). Tapi warnanya putih dan di cetak di kotak individu kecil, sekitar 5 x 5 cm-lah...

Trus gak jauh dari tempat tahu, ada penjual ikan dan udang juga. Hum...sempat kepikiran tahunya mau tak campur tenggiri, pasti lebih tasty. Tapi, kayaknya lucu juga kalo di tengahnya ada udang mungil, yep, ada udang di balik tahu...hahahaha...*apa coba!* jadinya beli udang aja deh. Sampe rumah, setelah nyiapin sarapan Papa dan selesai CSI *gak penting!* mulai deh nyoba bikin tahu bulatnya. Tahu yang di beli, aku lumatkan dengan garpu dulu. Lalu aku masukkan ke kain kasa putih, tutup dan aku peras hingga airnya keluar. Lumayan banyak juga airnya yang keluar. Trus baru deh aku tambah kaldu bubuk rasa ebi yang di beli si Topo di warung. Karena aku ragu udangnya gak bakalan matang kalo gak di masak dulu, jadi aku tumis sebentar dengan margarine dan sedikit bubuk bawang putih dan lada.

Karena sebagian besar air di tahu udah dibuang, tahunya jadi gampang di bentuk. Seperti bikin kroket gitu. Waktu mau dibulat-bulatin, tahunya di tekan-tekan dengan telapak tangan, tentu saja, nekannya harus dengan perasaan...kalo gak ya hancur...hehehehe... setelah aku bulet-buletin, aku rada khawatir juga kalo digoreng bakalan buyar tahunya. Ternyata gak pa pa tuh, malah setelah di goreng tahunya seperti menyatu gitu, yang penting, jangan di putar-putar sebelum kecoklatan aja. O ya, karena goreng tahunya harus terendam minyak, aku gorengnya pake panci kecil aja. Cara ini lebih efektif daripada pake wajan, soalnya posisi minyaknya datar, jadi bisa matang bersamaan dan gak perlu pake minyak banyak banget karena kecil. Aku juga sering pake cara ini buat goreng ayam ala resto gitu.

Setelah matang, si Mas langsung tak suruh nyicip soalnya aku kasihan ngeliat dia bela-belain jemput kameraku yang di bawa sama temannya...padahal aku udah bilang tak foto nanti aja, atau pake hp, mungkin dia kasian juga kalo di blog ku fotonya jelek...hahahaha.. Komen-nya si Mas, katanya enak, dan asinnya udah cukup. Kalo lebih asin lagi, jadi kayak tahu madura,,,hehehe...(si Mas itu campuran Madura-Malang, jadi yang tau cuma dia...aku sih gak pernah nyicip *giggles*). Trus supaya lebih seru, aku bikinkan juga sambal kecapnya. Ini sih, no big deal, cuma irisan rawit sama bawang merah yang di siram kecap manis aja. Suka deh, sekarang nambah makanan kesukaan si Mas, gak pastel 'mlulu... Waktu sepupuku Tona datang, dia aku tawarin tahu bulat made in bibi Lia di meja makan. Ternyata, tahu-nya udah tamat di jadiin lauk sama si Mas, tinggal kecapnya doank...hehehe... well, next time deh bikin lagi...

Ini resepnya, gabungan dari beberapa resep yang di posting teman-teman milis yang aku tambah tumisan udang di tengahnya... Beli tahu yuk!



TAHU BULAT UDANG

Milis NCC, modified by Camelia

Bahan :

1o bh tahu kotak putih kecil (lk. 625 gr)
1 bks kaldu bubuk rasa ebi/udang (8 gr)
100 gr udang segar ukuran kecil, buang kulitnya
1/2 sdt lada
1/2 sdt bubuk bawang putih
1 sdm margarine, untuk menumis
Minyak sayur untuk menggoreng

Caranya :

  • Buat tumisan udang :Panaskan margarine hingga cair, masukkan bawang putih, tumis sebentar, masukkan udang dan lada. Aduk-aduk hingga udang matang. Angkat, biarkan dingin.
  • Dalam wadah, hancurkan tahu dengan garpu. Bungkus tahu dengan kain kasa, peras hingga air tahu habis. Masukkan kembali ke wadah, beri kaldu bubuk, aduk rata, sisihkan.
  • Ambil sekitar 1 sendok makan campuran tahu, letakkan udang di tengahnya, (aku suka 1 tahu bulat 1 udang utuh, jadi aku beli udangnya yang kecil aja) tutup dan bulatkan. Tekan-tekan sedikit agar rata. Lakukan hingga adonan habis.
  • Panaskan minyak, goreng tahu bulat sambil sesekali di bolak-balik hingga kecoklatan. Angkat dan sajikan dengan rawit utuh ataupun sambal kecap.


3 comments:

Keluarga Cinta said...

Lia,

kalau Mamieku bikin, setelah jadi seperti ini, trus dibikin soup, tambah sayur sayuran, ayam dan kaldu...sueger ! :)

Bisnis Tahu Bulat said...

Wah..., mantap. Satu lagi variasi dari makanan tahu...

Tahu Bulat Misihu said...

TOP banget's deh kreasi dari mbak ini, saya tunggu resep varian tahu selanjutnya...
Sukses selalu mbak...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...