Search This Blog

Loading...

Tuesday, April 12, 2011

Almond-Cherry Fruit Crisp



Aku gak ngerti deh apa bedanya antara Crumble, Crisp, atau Cobbler. Kalo pie sih, emang kentara bedanya *haha* yang pasti, semua menggunakan potongan buah untuk alasnya, lalu di beri topping. Ada yang bertaburkan adonan kue, kacang-kacangan, oatmeal ataupun kulit pastry. Kalo aku sendiri, suka banget sama desserts yang sarat buah. Rasanya tradisional banget dan gak ngebosenin. Ada yang fresh terasa buahnya, ada juga yang di beri rempah seperti kayu mannis, pala, bahkan kapulaga. Ada masa-masanya rasa kangen dessert buah gak bisa digantikan dengan yang lain *cieeee*.

Tapi kalo kali ini, bikinnya karena kebetulan aja... gak ada rasa pengen yang harus di penuhi...hehehehe... Ceritanya, kemaren mau bikin-bikin tapi bingung mau bikin apa. Jadi aku beberes stok bahan-bahan aja. Yep, mesti di cek tanggalnya supaya gak ada bahan expired tanpa sempat di gunakan. Sayang banget kan? mubadzir ih!. Nah, kebetulan ketemu cherry kaleng yang aku beli buat stok kalo pengen bikin black forest. Walaupun expirednya masih tahun depan, dari pada kelupaan (dan gak ada tanda-tanda aku bakalan bikin black forest dalam waktu dekat), mending aku olah aja. Jadi ingat sama video fruit crisp yang udah aku simpan di laptop dari tahun jebot...mungkin kali ini bisa segera di praktekin... apalagi, bahan lainnya juga lengkap...

Tapi sayangya, di rumah cuma ada apel 1 biji... karena di video di bilang boleh di campur apa aja yang kita suka, well, aku langsung samber buah peach kaleng, yang aku gak ingat waktu dibeli rencananya mau di bikin apaan. So, karena kelihatan buah yang aku potong-potong sudah cukup, aku mulai bikin deh. Fruit crisp ini versinya beda sama yang aku biasa coba, kalo versi yang sering aku makan, crisp nya di bikin dari oatmeal. Sedangkan yang ini, menggunakan irisan almond. Aku jadi ingat sama Apple Crumble yang pernah aku bikin, juga menggunakan almond di dalamnya. Tapi kalau untuk pembuatannya, yang ini lebih gampang, karena gak ada yang perlu di masak segala. Semua cukup di campur aja dan aroma caramelnya cukup dari brown sugar yang di gunakan. Cocok banget kalo buat dessert mendadak...hehehehe....

Kelihatan koq dari videonya (aku suka yang bawain demo-nya by the way) kalo bikinnya gak sulit. Mungkin karena pake brown sugar dan almond, aromanya memang kemana-mana. Wangi deh. Tapi metode pembuatannya aku balik. Kalo di videonya, dimulai dari mencampur buah dulu, kalo aku bikin adonan crispnya dulu. Soalnya buah yang aku gunakan buah kaleng, dan aku gak mau buahnya mengeluarkan air terlalu lama. Setelah semua tercampur, prosesnya selesai dengan mudah, tinggal di tuang-tuang aja. Gak perlu ngulen kulit seperti apple pie...hehehe... (tapi aku tetap cinta sama apple pie).

Kalo rasanya....huuummm.... suka! suka! suka! apalagi kalo dimakan hangat. Buahnya lembut, apelnya renyah, dan taburan atasnya crunchy... asem dan manisnya menyatu. Rasanya enaaak banget. Sayang di rumah stok whipped cream lagi abis. Kalo ada, pasti lebih asyik lagi. Walaupun gak ada salahnya di makan dingin, tapi di makan hangat is my favorite. Apalagi kalo sambil nonton CSI, gak berasa, udah hampir setengah loyang masuk mulut...(emang lagi laper juga...hehehe).

Next time, aku pengen nyoba lagi, tapi yang versi oatmeal aja. Pake almond emang enak, tapi jarang ada. Ini aja kebetulan ketemu stok almond di kulkas. Kalo oatmeal, selain mudah di temukan, juga tahan lama. Selain videonya yang di kasih nama flawless fruit crisp (namanya optimis banget ya...hihihihi), resepnya bisa di lihat di sini, namanya Almond-Cherry Fruit Crisp. Jangan lupa mampir ke sana, resepnya seru-seru lho, ada yang sampe di coba berkali-kali sampai sempurna, jadi gak ragu buat nyobain resepnya. One of my favorite website tuh.

Ini resepnya aku copy ya...



ALMOND-CHERRY FRUIT CRISP
Canadianliving.com


Ingredients

1 comment:

PapaCheong's 拿手好菜 said...

Look so nice! Must be very Yummy!


Papacheong
http://home-cook-dishes-for-family.blogspot.com/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...