Search This Blog

Loading...

Tuesday, June 14, 2011

Buku : Pastry by Michel Roux

Kali ini aku mau nambah kategori buku aja deh. Untuk sementara, aku off dulu baking-bakingnya...well, gak sementara amat sih, tergantung juga. Kalo misalnya ada permintaan dari keponakan-keponakan tersayang, ya bikin atau kalo memang ada momentnya. Tapi kalo baking "just because" seperti biasanya, ya gak deh. Selama 2 minggu lalu di Jakarta, aku cek kesehatan n' jantung juga. Hasilnya bener-bener NOT happy ih. Sebel banget ngeliat gak ada perubahan apapun sejak cek up sebelumnya. So, enough is enough, udah saatnya menerapkan pola hidup sehat. Kurangi gula, tidur tepat waktu, and no additional cholesterol needed *ya iyalaaaah*. Kebetulan, beberapa teman milis juga ada yang punya misi sama, kita bikin Diet Week, supaya dietnya tambah semangat! *haha* mudah-mudahan kali ini berhasil yaaa... *pray*

Well...well...well...
Setelah baca review tentang buku ini di Amazon, langsung deh masukkin ke list buku yang mau aku beli. Kebayang deh pasti bukunya beraaaatttt banget, karena dari reviewnya sepertinya isinya all-you-need-to-know about pastry. Ternyata dugaanku salah. Ukuran bukunya seperti buku tulis biasa yang tebal banget, jadi gampang buat dibawa-bawa antara kamar tidur dan dapur *hee hee*. Senaaaang banget waktu ngeliat bukunya ada di rak-nya Periplus waktu mau makan sushi sama Papa n' si Mas di Plaza Senayan. Langsung sambar dan gak sabar pengen baca. Ternyata oh ternyataaa.... aku suka sekaleeee!!! berkali-kali aku baca setiap halamannya, rasanya udah gak sabar pengen cerita bagusnya buku yang satu ini. Tapi rasanya gak seru kalo isinya belum dicoba. Jadi deh aku bikin puff pastry buat zuppa soup dari resepnya. Setelah itu, ya aku lupa aja mau nulis reviewnya di blog...hehehehe...

Sesuai dengan judulnya, isi buku ini gak hanya di penuhi sama resep aja, tapi juga banyak tips n' tricks untuk membuat aneka pastry. Untuk sumbernya, gak usah khawatir, Michel Roux sendiri udah malang melintang di dunia per-dapur-an. Beliau punya beberapa resto yang banyak dapat penghargaan. Kalau gak sempat ikut kursus bikin pastry, buku ini wajib punya. Apalagi kalo seperti aku yang suka bingung baca resep pastry yang mesti melipat dan memutar adonan sebelum di gilas. Didalamnya ada gambar step-by-step untuk pembuatan basic pastrynya.

Yep, isinya terdiri dari aneka pastries, yang nantinya bisa diolah menjadi macam-macam jenis pastry di bagian belakangnya. Pertama dibuka, ada bahan-bahan yang di butuhkan, tehnik membuat pie, seperti buat pinggiran, mengisi dan membuat hiasan pie. Selanjutnya ada resep dan cara pembuatanan beragam jenis kulit pie untuk macam-macam kebutuhan (manis dan asin), lalu ada Puff pastry, di sini ada dua jenis, pertama ada classic puff pastry yang lapisannya banyak, dan ada juga rough puff pastry yang lapisannya lebih sedikit namun pembuatannya jauh lebih mudah (ini yang pernah aku coba). Selain itu masih banyak lagi deh, ada Brioche, Croissants, Pasties, sampe ke fillo pastry yang super tipis juga ada. Dari semuanya gak akan mati ide mau di olah jadi apa, karena selanjutnya juga di sertakan aneka resep yang dapat dibuat dari setiap jenis pastry yang telah dibuat.

Selain isi buku, aku juga suka banget sama cara penulisannya. Bahasanya gak ada yang terlalu canggih yang seakan-akan mesti sekolah chef dulu baru bisa ngerti. Jadi aku gak perlu repot nyari kamus yang kadang kata-katanya pun gak ada di kamus. Ukuran dalam resep juga ukuran rumah tangga bisa, bukan ukuran bikin pastry buat orang se-propinsi (seperti buku ku yang satu lagi tuh...hiiiks!). Buku ini simple dan memang di bikin supaya bisa di praktekkan sendiri di rumah. Alat yang di gunakan juga biasa aja, gak ada yang pake mesin canggih atau loyang yang belinya mesti bayar pajak masuk segala. Pokoknya buku ini menyampaikan judulnya dengan baik banget, ya...belajar bikin pasty. That's it.

5 comments:

VIANI COOKIES ( aRni) said...

racuuuun...aku juga pengen punya buku ini deh.
btw foto membaik nih tanpa goyang dombret :D

Camelia said...

hihihihi...beli deh, di jamin gak nyesel, suka banget buka-bika bukunya. Pengen nyoba semua, sayang mesti cari ragi segar segala, gak tau dimana yg jual.

Fotonya masih suka goyang nih, pengen punya tripod, tapi selain masalah goyang, juga suka gak sabaaarrr...hehehe...

Neng Ella said...

Mbak, salam kenal ya. Aku suka nih ama resep2nya. Thanks juga buat sharing recommended books-nya. Moga2 bisa beli juga, meski belum tahu kapan bikinnya, hehe.
Btw, maaf, mbak lagi sakit ya. Cobain minum jus noni (mengkudu) deh mbak, insya Allah kalo rutin akan ada efek positifnya.

Camelia said...

Salam kenal juga mbak Ella. Iya nih, kondisi sedang gak fit. Selain obat dokter, aku juga makan makanan dan minuman yang dapat membantu pengobatan. Makasih ya untuk sarannya *hug*

fems'kitchen and story said...

salam kenal camelia..suka banget sam blognya lia ga pelit bagi2 ilmu and tips :) mo urun saran ya lia klo cholestrol tinggi yang paling gampang makan muesli aja tiap pagi,klo aku dicampur kefir ditanggung 2 bulanan udah bisa keliatan hasilnya .semoga berkenan thanks ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...