Search This Blog

Loading...

Sunday, June 5, 2011

Chilled Cheddar Cheesecake with Strawberry Coulis

Ternyata asik juga ya ngeblog di cafe, apalagi diluar hujan lumayan deras. Aiih...cozy banget deh rasanya. Akhirnya, ada juga kegiatan lain yang menyenangkan di kala hujan, selain bobo'....hihihihi... apalagi perutku masih terasa kenyang dan panas. Abis makan di Mbah Jingkrak - Setiabudi sama si Mas siang tadi. Enak deh, restonya pedas-pedas asik.... yah, maklumlah, sejak mulai lebih banyak di Jambi, rasanya udah jarang banget jalan berdua di Jakarta, jadi waktu yang ada, di manfaatkan sebaik-baiknya *cieee*. Untung ini cafe orangnya cuek aja kita duduk di sini dari siang sampe jam segini...mana kakiku udah asoy banget naik ke kursi, berasa di rumah sendiri...hihihihi... well, karena para pelayanannya jutek free, I must admit, aku betah juga nongkrong di Begawan Solo Cafe yang ada di pom bensin ini. Lokasinya strategis, gak jauh dari tempatku, kalo dari depan, MT. Haryono, kalo dari belakang, Tebet. Katanya sih buka 24 jam. Sayangnya, selain mereka suka banget mati-idupin lampu (nyoba-nyoba gitu, annoying deh) juga gak punya payung yang bisa di pinjam, si Mas jadi basah kuyup ke mobil ngambil colokan laptop...hiiiks...

So, kali ini aku mau posting hasil eksperimen Jum'at lalu. Ceritanya, hari Sabtu kemarin ada acara demo baking, seperti biasa, acara begini jadi ajang kumpul-kumpul buat member my favorite milis NCC. Aku yang semula ragu buat datang, akhirnya bisa nongol juga. Kirain gak bakalan keuber karena mesti pulang ke Jambi. Tapi karena aku mesti berobat juga, jadi masih bisa ikutan. Aku paling suka kalo ada acara-nya NCC, rasanya rugi banget kalo gak nongol. Banyak banget kegiatan yang aku gak ikutan sejak merit nih (maklum, masih nomaden). Kebayangkan gimana senangnya aku kemarin, bisa ketemu teman milis yang lucu-lucu and ceria always. Ngobrol, saling ngeledek sambil ketawa ketiwi trus yang paling hepi bisa sambil belajar jeprets bareng. Eitsss...ada lagi yang bikin hepi banget, dapat jatah klappertaart durian ala Radissa-nya si Citra yang Ooh-so-heavenly, so creamy n' yummyyyy banget!!! Seru deh pokoknya!!!

Anyway,
Hampir aja gak jadi bikin cheesecake ini, soalnya Jum'at lalu aku mesti test lab, sorenya aku maen ke markas NCC dan nyampe rumah udah jam 9 malam. Tapi karena bahan udah di beli dan sayang banget kalo gak ke pake, dari pada mubazir, akhirnya aku paksakan bikin aja. Lagi pula, waktu aku bikin cheesecake ini, si Mas dengan setia nungguin sampe selesai (lewat jam 12 malam lho..). Walaupun dia masem-masem aja aku kasih tugas nulisin bahan resep (maklum, masih amatir, takut lupa apa aja yang di cemplungin..hehehe). Tapi dia semangat juga nanya-nanyain aku bikin apa aja biar aku gak ngantuk. Sambil di bantuin mba' Nur, cheesecake yang semula cuma ada dalam bayanganku aja, akhirnya jadi juga. Bikinnya lumayan cepat dan gampang banget.

Tapi, waktu abis acara, aku sempat kecewa berat sama cheesecake made by me ini. Karena sepertinya gelatinenya gak set. Walaupun rasanya enak *menurutku* tapi teksturenya mirip custard yang kental. Sempat kepikiran mungkin gelatine-nya kurang banyak atau memang salah penanganan. Yang pasti, cheesecakenya gak layak posting. Tapi, pas sampe rumah, aku coba lagi, kebetulan aku memang menyisihkan beberapa cup cheesecake buat si Mas dan Abangku Iqbal dan istrinya mba' Dwi yang sedang di Jakarta juga. Nah, cheesecake yang dirumah, beda banget sama yang aku bawa ke acara. Lebih set dan bisa di potong as I expected. Apalagi, yang di rumah belum aku beri coulis-nya, jadi adonan cheesecake gak menyatu dengan sausnya.

So, aku berkesimpulan *ehem*, kalo kesalahanku yaitu cheesecakenya kurang lama di kulkas. Setelah aku tuang ke cup, aku masukkan ke kulkas hampir jam 1 malam. Karena aku mau berangkat dari rumah jam 7 pagi buat bantu-bantu bu Fat (ketuanya NCC), jam 5 pagi aku keluarkan dari kulkas, supaya gak berembun saat cupnya di tutup. Waktu itu, aku sentuh permukaannya, sepertinya sudah set, tapi memang masih lembut banget. Sebelum berangkat, aku beri coulis yang ada potongan strawberynya. Naah, waktu di mobil, saat pak Di nyetir di jalan yang gak rata, aku mulai ngeliat kalo coulisnya malah jadi "beban" ke cheesecakenya. Mulai terlihat pecah dan sausnya masuk ke pinggiran cheesecake. Beda dengan yang di rumah, coulisnya tetap berada diatas cheesecake saat di tuang, karena memang adonan kejunya sudah padat dan lebih kenyal.

Trus kenapa sih aku ngotot mesti posting? well, karena sejak lebih banyak di Jambi, aku suka kesulitan cari bahan terutama aneka keju. Pernah aku pulang dari Jakarta, bawa 1 kg cream cheese buat stok. Selain nambah ribet bawaan, aku juga ngerasa terbebani mesti ngabisin cream cheesenya. Padahal aku lagi gak mood bikin makanan yang ber-krim cheese, tapi dari pada expired, akhirnya aku olah juga dengan setengah hati. Nah, kemarin itu, aku jadi ada ide mau bikin cheesecake dengan cheddar cheese aja yang mudah ditemui di supermarket biasa. Karena aku udah pernah nyoba cheedar cheesecake yang teksturnya seperti Japanese cheesecake, kali ini pilihanku mau cheesecake yang di panggang atau chilled (di dinginkan aja). Pilihanku jatuh ke chilled cheesecake, setelah ngeliat cup-cup plastik lucu di toko bahan kue...whoaa..hahahahaha... (ternyata gue orangnya gak sulit-sulit amat *heehee*).

Chilled Cheddar Cheesecake ini memang gak pake gula, manisnya cukup dari susu kental manis dan whipped cream aja. Jadi gak terasa manis yang berlebihan. Coulisnya dibuat dari potongan-potongan strawberry segar yang di masak dengan gula dan air, warna merahnya, murni dari strawberry itu sendiri. Overall, rasa cheesecakenya cheesy and creamy, dan manis segar dari coulisnya. Untuk crustnya, aku nyoba pake biskuit kelapa yang ternyata gak kalah enak buat di jadiin crust.

Ini resepnya ya :


CHILLED CHEESECAKE
WITH STRAWBERRY COULIS

Camelia


Crust

Bahan :
400 gr biskuit kelapa, hancurkan
80 gr unsalted butter, cairkan

Caranya :
Campurkan biskuit dengan mentega cair, aduk rata. Ambil campuran biskuit, ratakan di dasar wadah, tekan-tekan dengan belakang sendok (jangan di tekan terlalu padat, crust jadi terlalu keras). Dinginkan di kulkas.

Cheesecake
Bahan :
360 gr keju cheddar, parut
800 ml air
250 ml susu kental manis
500 ml whipped cream cair
3 sdm gelatine
1/4 cup air
1 cup air

Caranya :
  • Dalam mangkok stainless, rendam bubuk gelatine dengan 1/4 cup air hingga mengembang, sisihkan.
  • Dalam panci, campur parutan keju dengan 800 ml air. Panaskan dengan api sedang sambil sesekali diaduk-aduk hingga keju larut dan air sediki berkurang. Perhatikan jangan sampai mendidih. Angkat dan pindahkan kedalam baskom besar.
  • Setelah agak dingin, masukkan susu kental manis , aduk rata. Tambahkan whipped cream, aduk rata.
  • Ambil gelatine yang telah di rendam, tambahkan 1 cup air, letakan wadahnya diatas air mendidih, aduk-aduk hingga gelatine larut. Angkat. Tuang gelatine kedalam campuran keju dan susu, aduk hingga benar-benar rata.
  • Ambil wadah yang telah di alasi crust, tuang adonan cheesecake keatasnya. Sebelum di sajikan, simpan paling sedikit 6 jam atau semalaman di dalam kulkas. Sajikan dengan strawberry coulis.

Strawberry Coulis


Bahan :
350 gr strawberry segar, potong kotak kecil
150 gr strawberry, blender hingga halus
175 gr gula pasir (sesuaikan dengan keasaman strawberry)
250 gr air

Caranya : Panaskan semua bahan dalam panci, gunakan api sedang. Aduk sesekali hingga kental. Angkat, dinginkan dan siap untuk di gunakan.

PS : Satu resep ini, aku dapat 26 cup kotak ukuran 6 x 6 x 4 cm.

5 comments:

Lovely Life said...

Subhanallah, mba bagus banget sih blognya...^_^-salam kenal yah

Camelia said...

Makasih mba, saalam kenal juga yah :-)

Anonymous said...

Mbak camelia....

Mau tanya.... 1 cup itu brp ml?... Makasih infonya ( ‾̴̴͡͡ ε •‾̴̴͡͡ʃƪ)

Eka

Nanas_madu said...

Jd g cakenya g dioven atw dikukus mba??

Woro said...

Mba untuk whipped creamnya tidak perlu dikocok sampai kaku ya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...