Search This Blog

Friday, July 1, 2011

Hersey's Black Magic Cake


Pernah gak sih ngerasa pengen banget cake coklat? cake coklat yang moist dan bener-bener nyoklat??? aiiih...kalo aku, sering banget! honestly, aku benar-benar a true chocoholic. Gak boleh makan permen, fine. Gak boleh makan nasi, no problemo. Gak boleh jajan es krim, okie dokie. Tapi kalo gak boleh makan coklat?? Aaaahhhh....mustahil!!! Kalo udah datang hasrat pengen coklat, gak akan bisa di gantikan sama yang lain. Saat udah gak tertahankan lagi, minimal secangkir minuman coklat udah cukup bikin aku puas. Kadang kalo ke supermarket, aku sering beli susu coklat kotak buat stok di kulkas dengan alasan buat si Mas yang memang suka minum susu. Padahal, aku sering ambil juga kalo lagi pengen coklat. Cuma akhir-akhir ini, aku gak ada alasan karena si Mas selalu pesan susu strawberry...Huh!

Trus kalo lagi diet gula pengen cake coklat, solusinya apa dong??? ya gak ada. Udah setengah mati aku nahan supaya gak ingat-ingat coklat cake. Tetap aja gak berhasil. Fruit cake, macaron (yang hasilnya gagal total), gak bisa menghilangkan bayangan coklat cake di kepalaku. Yep, call me super-lebay, tapi thats the truth! Dari pada aku mencari pengganti yang mungkin kadar gulanya lebih tinggi, lebih baik aku bikin aja deh. Hey, as long as everything in moderation, rasanya gak masalah..well...setidaknya, aku beharap gak masalah...ehem... So, beberapa hari lalu, mulai deh aku searching resep cake coklat yang sesuai dengan harapan ku. Paling tidak, kalo aku nanti makan cake coklat, rasanya harus benar-benar enak, sehingga kalori yang masuk gak perlu di sesali. Ogah banget kalo makan cake coklat yang gak enak tapi teteeep bikin gua ndut gak karuan aja...hihihihi...*bener kan???*


Kali ini, aku mau bikin cake yang gak perlu bikin aku ke supermarket nyari bahan. Salah satu misi-ku, mau menghabiskan bahan kue yang aku punya. Soalnya kebayang pas lebaran nanti, pasti akan nambah bahan kue di rumah. Nah, lebih baik, segera habiskan aja yang aku punya. Prioritas pertama, ya menghabiskan coklat bubuk Valrhona yang prasaan gak habis-habis. Artinya, aku harus cari cake yang murni menggunakan coklat bubuk, bukan cooking chocolate seperti biasanya. Makin banyak coklat bubuknya di gunakan, makin baik. Biar gampang, aku tanya ke Mr. Google aja, langsung to the point "chocolate powder recipes", aku malah diantarkan ke websitenya Hershey's yang ternyata memang banyaaaakkkk banget resepnya. Diantara semua resep yang ada, pilihanku jatuh sama Black Magic Cake. Bukan karena namanya yang catchy, tapi karena cake ini termasuk yang paling banyak review-nya dan banyak banget yang muji kelezatannya di blog-blog lain. Apalagi, penggunaan coklat bubuknya juga banyak, this is exactly what I'm looking for!

Setelah aku baca resepnya, sempat gak yakin juga. Resepnya tanpa mentega (di gantikan minyak sayur), tapi pembuatannya sederhana banget. Semua tinggal campur aja dan di mikser ala-kadarnya (2 menit doank). Apa bisa enak? mana bahannya walaupun simple, ada aja yang kelupaan. Terpaksa si Topo bolak-balik ke supermarket beli cuka, trus balik lagi beli kopi instant. Koq cuka?? yep, aku bikin buttermilknya pake cuka aja. Praktis. Kalo jeruk nipis, gak selalu ada di rumah. Kecuali pohon jeruk nipis yang baru di beli tadi sore udah ditanam dan berbuah...hahahahha.... yoi, aku sama si Mas lagi suka banget nambah tanaman buah di rumah. Ada jambu, lengkeng, macam-macam jeruk dan lainnya, pokoknya banyak deh. Di rumahku lebih banyak tanaman buah dari pada bunga, biasa....aku lebih suka yang bisa dimakan dari pada dilihat aja...haahaha... bercanda dink! dulu, almarhum bang Sadatku pernah pesan ke aku supaya rumah banyak tanaman buahnya, jadi kalo cucu-cucu ortuku datang, mereka bisa ngambil buahnya, dan udaranya segar. Maklum, bang Sadat dulu alergi sama debu. Nah, waktu rumah ku selesai di renovasi, pesan bang Sadat selalu aku ingat.

Back to chocolate cake...gimana rasanya???? hanya satu kata YEAH!!!! cakenya asli enaaaaak banget!!! benar-benar lembut dan super nyoklat!!! kalo suka cake kukus yang lembab, tapi ogah pake emulsifier atau emang gak punya kukusan, coba deh bikin cake ini. Di jamin gak nyesel... rasanya, gak kalah sama cake ala bakery gitu. Tadi malam, aku potong cake-nya buat sepupuku si Tona dan si Mas. Keduanya sepakat kalo cakenya enak dan lembut banget. Akupun juga suka! suka! suka! Pagi tadi, cakenya aku lapisi frosting pake resep dari website Hershey's juga. Bikinnya juga gampang sekalee, cukup pake coklat bubuk dan susu, tanpa whipcream. Rasanya enak dan bikin addicted. Benar-benar pas sama cakenya. O0h..oh...oh...tanpa kusadari, sepotong besar cake coklat yang aku tambahkan extra frosting dari sisa frosting di mangkok langsung lenyap aku makan siang tadi. Aaahh...benar-benar guilty pleasure... mungkin ntar malam, aku rela tukar jatah makanku dengan sepotong cake lagi...we'll see....*godaan..godaan..*

Ini resepnya yang aku terjemahkan dengan bahasaku sendiri. Jangan lupa, gunakan coklat bubuk yang bagus, gelap dan enak.


BLACK MAGIC CAKE
Hershey's

Bahan :

2 cup gula pasir
1-3/4 cup tepung terigu protein sedang
3/4 cup coklat bubuk Hershey's (aku pake Valrhona)
2 sdt baking soda
1 sdt baking powder
1 sdt garam halus
2 btr telur
1 cup buttermilk/susu asam*
1 cup kopi hitam atau 2 sdt kopi bubuk instant di campur dengan 1 cup air mendidih
1/2 cup minyak sayur
1 sdt vanilla extract


Caranya :

  • Panaskan oven hingga 350 F. Olesi 2 loyang bulat ukuran 9 inci atau satu loyang ukuran 13 x 9 x 2 inchi dengan mentega dan taburi tepung.
  • Aduk gula, tepung, coklat bubuk, baking soda, baking powder dan garam dalam wadah besar. Tambahkan telur, buttermilk, kopi, minyak dan vanilla. Mikser dengan kecepatan sedang sekitar 2 menit. Adonan akan terlihat cair. Tuang dalam loyang.
  • Panggang di oven sekitar 30 - 35 menit untuk loyang bulat atau 35-40 menit untuk loyang kotak atau hingga adonan di tusuk dengan lidi tidak lengket.
  • Dinginkan selama 10 mennit, keluarkan dari loyang, dinginkan di rak kawat hingga benar-benar dingin. Olesi frosting sesuai selera.
*Untuk buttermilk, aku pake 1 cup susu, tambah 1 sdm cuka putih, aduk, diamkan sebentar hingga mengental.




"PERFECTLY CHOCOLATE"
CHOCOLATE FROSTING

Hershey's


Bahan :
1/2 cup (1 stick ) mentega atau margarin (aku pake mentega tawar)
2/3 cup Hershey's cocoa (aku pake Valrhona)
3 cups gula bubuk (aku pake 1-1/2 cup aja, udah maniiisss)
1/3 cup susu cair (sesuaikan aja)
1 sdt vanilla extract

Caranya :

Cairkan mentega. Masukkan coklat bubuk, aduk. Tambahkan gula bubuk dan susu bergantian, mikser hingga kekentalannya dapat di oles. Tambahkan susu bila dibutuhkan. Aduk vanilla. (untuk 2 cup frosting).


PS : Untuk frostingnya, karena aku suka yang buttery, menteganya gak aku cairkan lagi, tapi langsung di mikser saja bersama bahan lainnya. Jumlah susunya, bisa di tambah atau di kurangi, sesuai dengan kekentalan yang diinginkan.



23 comments:

bunbun said...

salam kenal mbak.. :)

sesama chocolate addict harus saling mengenal, biar bisa bikin klub nantinya.. hihihi..

aku juga udah pernah bikin kue ini dan .. iyaaa, emang nyoklat bangettt..

*tossss*

hidupp coklattt.. ^^

Camelia said...

Bener mba', chocolate addict enaknya gak nyusahin, bikin hepi malah. Cuma, kalo udah dengar coklat, langsung pengen nyomot aja...hihihihi

Dapur Avilla said...

Mba Lia, sepertinya cakenya enak banget, hehehe... gak seret kan ya mba di tenggorokan, aku paling syebel kalo bikin cake coklat trus di makannya bikin seret tenggorokan :-) ijin copas ya mba, pengen bikin

Camelia said...

Cake-nya moist banget koq mbak, hampir mirip steam cake. Di jamin gak seret :-)

dee ^o^ said...

Mbak Cameliaaaa halooo masih inget gak ya ama aq? *sok akrab* hehehe..

Aku juga sukaaaa coklatttt, malem2 sering nyomot coklat, heheheh..

Jadi pengen deh klo baca reviewnya mbak, soalnya selama ini mbak serasa deh ama aq, komennya mbak ama cake tertentu ato masakan tertentu idem ama aq,hehehehe...Aq ijin nyontek ya mbak, ntar aq cobain ^o^

Alice said...

thks resepnya ya...enyak bgt kyknya...
sama, aku juga doyan bgt ama coklat, tapi jg doyan semua yg berhubungan ama keju, kopi, lemon, mango, jeruk, mint, ham... nah loh, bingung deh, mau semuanya...hihihi...
tp coklat sih masih in the top list...yg ada aku suka combine all those above ama coklat :P
mau coba ah resepnya buat ultah anakku tgl 20 ini :)

Camelia said...

Hello mba' Dee...silahkan di contek n' siap2 kalo bikin nagih..hehehe

Camelia said...

Mbak Alice, sama deh, aku juga kesukaannya macam-macam, gak susah kalo di suruh makan...hahahaha... Ini udah punya rencana mau eksperimen coklat sama garam, dan coklat sama bubuk paprika. Hum... Mudah2an rasanya gak terlalu funky ...

Nurwin Heny said...

Hello Camelia
Wow, this yummy chocolate cake of yours has put a magic spell on me. Jadi pengen mencoba ni...looks finger lickin' good!
Regards.
Nurwin

Neng Ella said...

Mbak Lia, aku udah coba cakenya, aku buat sebagai dasar cake ultahnya anakku yang ke dua tahun :-) . Semua yang makan cake-nya pada suka, sampe ada yang makan 3 slices. TOP deh mbak :-)
Thanks a bunch

Anonymous said...

mbak kopinya dimasukin ke adonan diarkan panas" atau didinginkan dulu ? terus masuk minyak buttermilk ,kopi nya sambil diaduk atau dimasukin dulu semua baru diaduk ?

Camelia said...

Kalo mau aman, ya tunggu kopinya dingin, walaupun sepertinya gak masalah ya mbak, soalnya dari saat kopinya disiapkan hingga waktunya digunakan, suhunya sudah turun.Begitunya waktu diaduk, mau diaduk duluan atau sekaligus, gak masalah.

Alice said...

Mbak...aku mau bikin cake ini untuk barbie cake bisa gak ya Mba?
Soale kan mau bikin 3 cake ditumpuk...takutnya kurang kokoh kalo terlalu lembut...
Pls advise...
Makasih.... :)

Camelia said...

Mbak Alice,
Rasanya cake ini terlalu lembut kalo akan di tumpuk tiga. Kalau dua, mungkin masih bisa dicoba.

Anonymous said...

mbak, merk dagang cuka putih itu biasanya apa ya?

Anonymous said...

mbaaakkk,,, nyontek resepnya ya mbak.. soalnya enak bgt nih keliatannya... terimakasih

evie d said...

Mbak... salam kenal ya.... sama nih, ak jg chocolate addict... tp lbh tepatnya sih chocolate cake addict. Izin nyontek resepnya ya... ini nih yg ak cari... resep yg praktis tp hasil cakenya lembut. Lg pengeeen banget makan cake coklat... tp br punya new baby lagi, jdnya gak punya waktu bnyk buat bikin kue yg ribet. Lgpula stok coklat bubukku msh cukup bnyk. Tfs...

Unknown said...

Mba,kl pake cetakan uk.22 bs gak mba?

Unknown said...

Mba,kl pake cetakan uk.22 bs gak mba?

christine natalia said...

Cup nya ukuran 1 gelas belimbing atau 1/2 Gelas ya.?

christine natalia said...

Halo

Unknown said...

Msh bingung dg takaran cup...

Unknown said...

Mba itu total gulanya jadi 450grm ya..makasih mba lia cantikk ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers