Search This Blog

Tuesday, July 19, 2011

Waffles


Aduuuh...capek banget deh, mau posting tapi mataku rasanya udah mau nempel ke bantal aja. Semalam rapat, siang tadi rapat lagi, sore bantu-bantu pengajian. Tapi mesti di paksain posting, kalo gak, ya gak bakalan... ok, lets see...

Aku udah lama hunting merk waffle maker yang bagus. Ternyata di Indonesia, lumayan sulit juga nyarinya. Kalo mau yang bagus banget, ya beli cetakan waffle yang stanndar komersial (seperti buat di resto atau cafe). Sedangkan untuk penggunaan rumah tangga, rata-rata merk dan kualitasnya biasa banget. Karena aku ogah rugi *hehe*, aku nyari waffle maker yang fungsinya gak sekedar buat waffle aja, yang plate-nya bisa di gonta-ganti. Aku udah mau beli yang 3 in 1 (waffle, sandwichmaker, grill) tapi dimana-mana abis, akhirnya yaaah....aku beli yang 2 in 1 aja (cuma buat waffle dan sandwich), padahal kalo boleh milih, aku maunya waffle dan grill, soalnya aku suka sandwich yang di grill dulu. Tapi daripada gak ada, ya udah deh. Lagian udah gak sabar juga pengen nge-waffle.

Waktu ke Jakarta kemaren itu seru banget, aku belanja ke petak sembilan di glodok, ngeliat peralatan dapur yang keren-keren, trus lanjut ke mangga dua, beli waffle maker ini. Gak sampe di situ, pas mampir ke mal ambassador beli dvd titipan kak Ika, aku sempatin mampir ke toko yang jual peralatan rumah tangganya (di lantai 4 kalo gak salah, aku lupa namanya), malah beli ice cream cone maker (buat opoooooo coba! iseng banget deh!) Besoknya nyambung lagi sama Mom Elly yang sukarela nemenin aku ke toko loyang setia dipasar ikan. Lumayan, dapat loyang martabak, dan beberapa loyang kuningan yang funky...hihihihi... yang penting, gak penasaran lagi sama toko itu.

Kalo di suruh pilih antara waffle atau pancake, aku udah pasti pilih waffle. Soalnya kalo waffle, rasanya gak sepadat pancake yang cenderung berat. Gak ngebosenin. Walaupun kadang ada juga yang bikin waffle menggunakan adonan yang sama dengan pancake. Hasilnya, tetap waffle terasa lebih cruchy dan ringan dibandingkan pancake. Seperti keluarga angkatku di Minnesota dulu, cukup beli tepung siap pakai, bisa digunakan buat bikin pancake maupun waffle. Tinggal di tuang ke wajan datar, jadi pancake, di tuang ke waffle maker, ya jadi nya waffle (gak mungkin juga jadi klepon kan??? hihihihihi).

Tapi kali ini, aku bener-bener gak sabar pengen posting waffle yang aku bikin tadi pagi. Hasilnya bener-bener renyaaaahhhh....tapi tetap lembut dibagian dalamnya. Gak kalah deh sama waffle yang dimakan di resto. Bahkan menurutku, malah lebih enak. Cara pembuatannya memang agak berbeda dengan pembuatan adonan waffle biasa, tapi, percaya deh, sooooo worth it! Sekalipun dibikin dengan waffle makerku yang murah meriah, teteeeeeepppp.... apalagi kalo di makan dengan maple syrup...Oooh, yammmeeeee!!! Kak Ika yang jadi orang pertama "dipaksa" nyicip karena dia hampir ketiduran di sofa, langsung doyan. Si Mas yang lagi mindah-mindahin furnitur di ruang tamu, dipanggil buat makan waffle dulu. Syedeeeeeppp....gitu katanya! horeeeee!

Resepnya, aku dapat dari blog ini, katanya ini termasuk resep lama, karena udah pernah di publish juga di buku resepnya Better Homes and Gardens. Tapi justru karena udah lama itulah yang bikin aku tertarik (aku sukaaaa banget resep yang udah ada bertahun-tahun atau resep warisan keluarga, sooo vintage!). Udah beberapa blog yang aku baca yang nge-rekomen resep waffle yang satu ini. Legaaaaa banget ternyata memang beneran enak dan kayaknya udah paten jadi resep waffle andalanku niiih...

Bikinnya keliatannya rumit, sebenarnya gak koq, mudah banget malah. Cukup sediakan dua buah wadah. Wadah pertama, masukan bahan-bahan, selain putih telur. Whisk hingga halus (gak lama koq). Lalu di wadah yang satu lagi, tinggal mikser aja putih telurnya hingga kaku. Campurkan putih telur kewadah yang pertama tadi. Aduk sebentar, jangan terlalu rata, biarin aja kalo masih terlihat putih telurnya. Naaaahhh....jadi deh. Kalo waffle makernya bagus, biasanya ada lampu indikator yang mati kalau udah matang. Kalo punyaku, kayaknya gak ada deh (well, belom di explorasi semua, baru sekali pake...hehehehe). Menurut petunjuknya tunggu selama 5 hingga 7 menit. Aku sendiri pake 7 menit di waffle maker karena aku suka hasil yang renyah.


Ini resepnya ya, siap-siap ketagihan nge-waffle kalo udah nyobain *lebay*...hihihihi....


WAFFLES
Better Homes and Gardens Cook Book


Ingredients

1 3/4 C. All Purpose flour

1 tbsp Baking Powder

1/4 tsp Salt

2 eggs yolks

1 3/4 cup milk

1/2 cup cooking oil

2 egg whites


In a medium mixing bowl stir together flour, baking powder, and salt. Make a well in the center. In another bowl beat egg yolks slightly. Stir in milk and oil. Add egg yolk mixture all at once to the dry mixture. Stir just till moistened (should be lumpy).

Now the important part. In a small bowl beat egg whites until stiff peaks form (tips stand straight up). Gently fold egg whites into flour and egg yolk mixture, leaving a few fluffs of egg white, DO NOT OVERMIX. And proceed to make your waffles, about a cup of mixture to make a waffle. Good luck

13 comments:

nicky tirta said...

thanks ya mbak resepnya. kebetulan saya suka sekali makan waffle dan lagi bingung cari resep yang mantap :)

Chubby cooks said...

mbak, mau tanya beli waffle makernya merk apa ya?

terima kasih :)
*yg lg bingung cari waffle maker yang bagus tapi tak mahal*

Camelia said...

Hello,
Aku beli waffle maker merk Sayota, cerita lengkapnya ada di blogku yang satu lagi, klik aja :
http://cameliakitchen.blogspot.com/2011/07/waffle-maker.html

kaos bola said...

makasih yah resepnya

nat said...

Mbak Camelia.. Nanya dong ice cream cone maker belinya dimana dan merk apa.. Susah nyarinya.. Ngebet pengen..
Salam, Nat : chen.natalierain@yahoo.com

Camelia said...

aku beli di mal ambassador mba. tokonya didepan lift.happy hunting ya

delvi said...

mbak mau nanya, keterangannya kan dalam betuk cup. boleh tau ga cup nya spt apa? or bisa info dalam bentuk gram?
thank you...

heti widiati said...

cobain ya mba..cm masih bingung konversi ke gram nya...makasih

heti widiati said...

cobain ya mba..cm masih bingung konversi ke gram nya...makasih

resep kue said...

kayaknya enak banget kue waffle ini, tapi masih bingung untuk membuatnya sendiri :D

Bonbon said...

Mba, boleh tau toko di mangga dua peralatan dapur itu namanya toko apa dan dimananya ya

Anonymous said...

Mbak memang tidak memakai gula ya di adonan nya. Terimakasih

Febry said...

Halo mba..
Mau tanya..alat wafflenya masih kepake ga sampai sekarang?aku lagi cari2 alat waffle. Bingung mau beli merk apa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers