Search This Blog

Monday, August 8, 2011

Kaastengels

Dari kemaren aku udah baca beberapa buku nyari resep yang menggunakan semua jenis keju yang ada di kulkas. Biasaaaa...blanja blanji bahan kue yang "rasa-rasanya" suatu saat akan digunakan, ternyata sampe minggu berganti bulan, belom di pake juga. Bayangin aja, di kulkasku ada beberapa kotak keju cheddar, sekilo cream cheese, 800 gr parmesan, 2 buah keju edam ukuran 300gr-an . Not to mention masih ada juga satu pak keju dengan black pepper yang "ceritanya" mau aku jadikan sadwich bareng smoked beef waktu aku pengen banget makan sandwich....beberapa bulan sebelum puasa. Itu baru di bagian keju aja lho... *hiks!*.

Karena memang masih dalam fase bikin kue kering buat lebaran, akhirnya hari ini aku bikin kaastengels. Yep, memang aku punya niat mau bikin kue kering tiap hari, tapi beberapa hari terakhir ini aku lebih suka jalan sore sama si Dea ke beberapa pasar beduk nyari makanan buat buka puasa. Jadi baru hari ini aku mulai bikin kue lagi. Udah baca-baca beberapa resep kaastengels yang pernah aku coba. Namun kali ini, rasanya aku mau experimen aja. Maklum, aku masih terkagum-kagum sama Mbah-Uti-nya Citra yang resep kue Putri Saljunya simple abeeez. Bahannya cuma mentega dan tepung, tapi rasanya enaaaak banget. Setuju deh dengan Mbah Uti, kalo simple aja udah enak, kenapa harus ditambah-tambah bahan lain yang tidak begitu perlu? so, based on that, aku bikin kaastengels dengan teori yang sama.

Terus terang, aku jarang banget bikin kue dengan mentega wisjman. Biasanya kalo ada tulisan mentega, aku pake salted atau unsalted butter aja. Itupun aku gak harus merk tertentu, paling sering sih Elle & Vire, Anchor atau Orchid, tergantung mood dan tergantung mana yang lagi diskon juga *hihihihi*. Baru setelah nyobain resep putri salju yang plek abis ngikutin resep, aku jadi ngerti "rasa asli" wisjman ini. Suka sama aroma dan rasa milky-nya. Tapi kalo di pake semua wijsman, aku rasa gak semua orang suka juga kue yang terlalu creamy atau milky. Jadi aku berkesimpulan sendiri *ehem* wisjman ini cocok sekali untuk penambah aroma. Artinya, gunakan secukupnya saja.

Kembali ke kaastengels ku, kali ini aku juga pake wisjman. Gak banyak koq. Keju-nya, aku suka crunchy-nya edam serta wanginya parmesan, maka aku campur antara edam dan parmesan. Jadi kejunya suka-suka aja, yang penting keju tua, mau edam semua, atau mau pake gouda, atau kombinasinya, pokoknya suka-suka deh. Untuk tepungnya juga dikira-kira sampai cukup untuk digilas dan dicetak. Waktu bikin adonannya, gampang banget, gak lama, bentaaaaarrrr aja. Tapi, marut keju sama finishingnya yang nyebelin. Mataku sampe redup marutin keju sambil nonton tv. Berat banget godaannya supaya gak pilih bobo' aja *hehe*, belom lagi molesin kue dengan kuning telur satu-satu sama nambahin keju parut, duileeeee....lamoooo niaaaannnn!!! jadi salut deh sama temen-temen yang rajin bikin kue kering yang bertoples-toples, apalagi kayak temanku si Arni yang bikin kue sampai ribuan...aiiih, kalo aku bisa pingsan duluan....*lebaaaay deh gue*

Rasanya enak lho, apalagi dari sore seisi rumah aromanya udah seperti resto pizza...hehehe...si Mas, kak Ika dan mba' Dwi juga bilang enak. By the way, waktu ngegilas adonannya, aku bikinnya dua versi, pertama aku gilas seperti biasa dan yang satunya digilas lumayan tipis (kurang dari 0,5 cm deh). Ternyata, setelah dicicipi aku lebih suka yang tipis karena lebih crunchy, tapi kalo kak Ika, lebih suka yang biasa aja. Jadi memang tergantung selera lah yaa. Untuk pemanggangan, paling pas dengan suhu rendah, tapi dengan waktu yang lama. Dengan oven listrik mungilku, aku pake api bawah suhu 110 selama 35 menit, lalu aku tambah dengan api atas selama 3 menit. Dengan cara ini, kejunya benar-benar renyah sampai ke bagian dalamnya.


KAASTENGELS

Camelia

Bahan :
400 gr unsalted butter (aku tadi pake Elle & Vire)
100 gr wisjman
300 gr keju edam, parut
200 gr keju parmesan, parut (kalo gak suka parmesan, ganti edam dengan jumlah sama)
450 - 500 gr terigu

Untuk olesan dan taburan :
2 btr kuning telur, beri 1 sdm air, aduk rata
180 gr keju cheddar parut

Caranya :
  • Campur rata keju edam dan parmesan yang telah diparut, sisihkan.
  • Dalam wadah, aduk-aduk butter dan wisjman dengan sendok kayu hingga tercampur rata dan terasa ringan.
  • Tambahkan campuran keju dalam beberapa tahapan, aduk rata.
  • Masukkan tepung juga dalam beberapa tahapan. Gilas adonan lalu cetak.
  • Olesi permukaannya dengan kuning telur, taburi dengan keju cheddar parut.
  • Panggang dengan suhu rendah hingga matang.

6 comments:

VIANI COOKIES ( aRni) said...

beuuu lihat resep nya udah kebayang deh, ini cookies pasti rasanya ngeju plus buttery banget...
awas isi stoples habis sebelum lebaran loh :D

atta said...

Suka banget sama Blog ini, K.E.R.E.N :) Salam kenal Mbak..

epoxy said...

thanks for sharing your recipe

Anonymous said...

Mbak resepnya simple,tapi ok buanget.thanx ya,jadi semangat buat kue Lebaran

AmirahRazitaAfifah said...

mba..
mksh y resepnya. aq da cb walau ga pke wisjman &parmesan.. hehe.. tp tmn2 byk yg ska..
bless u .. ijin share ya :)

Unknown said...

Mba lia.. dr taunketaun, aq cuma bacain resep ªjjªђ.. Мα̣̣̥ǚnya pesen ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers