Search This Blog

Loading...

Saturday, September 3, 2011

Idul Fitri 1 Syawal 1432 H


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H. Mohon maaf lahir dan batin.
Taqoballahu Minna Wa Minkum. Taqobbal Ya Kariiim

Camelia & Hasyim


Wuiiih....mudah-mudahan belom telat ya ngucapin met lebarannya. Udah berkali-kali mau posting gak sempat-sempat. Mulai dari beberapa hari sebelum lebaran sampe lebaran ketiga kali ini, masih sibuk aja menyambut tamu-tamu dan sanak keluarga. I am so blessed.

Sempat rada bingung juga hari lebarannya kapan karena pengumuman dari pemerintah juga udah malam banget. Mudah-mudahan next time, sidang Isbatnya gak akan selama itu ya, dan bisa lebih fokus ke tujuan dari sidang itu sendiri. Karena kalo kelamaan, kasian ummatnya. Yang mau lebaran Selasa, harus bersiap-siap dan yang lebaran Rabu, mesti melanjutkan tarawehnya. Kasian kan kalo kemalaman?

Tapi aku senang banget, walaupun selama puasa jalan terus sama teman-temannya, tapi dari hari Senin, keponakkan ku yang paling besar, Sonny, nempel terus buat bantuin aku. Maklum, tiap tahun rumahku open house karena Papaku di tuakan di keluarga kami dan teman-teman Papa juga banyak. Jadi banyak yang mesti di siapkan. Mulai dari menyusun meja, menyiapkan perlengkapan makan, merapikan ruangan sampai menyiapkan makanan. Alhamdulillah, Sonny yang selama ini cuek bebek aja (biasa...cucu kesayangan Ibu-ku tuh!), lebaran kali ini terasa banget udah dewasa.

Di pagi lebaran sebelum ke masjid, dia udah bela-belain menemaniku menyiapkan makanan untuk pengurus masjid yang biasanya ke rumah selesai sholat Eid. Membuat minuman, menyusun kue dan menambahkan makanan yang kosong sepanjang hari. Sampai hari ini, dia masih membatu aku menyiapkan hidangan untuk tamu-tamu di rumah. Aku terharu banget karena aku yakin almarhumah Ibuku pasti akan bangga sekali melihat cucu-nya sekarang. Apalagi ternyata selama ini Sonny memperhatikan apa yang kami lakukan. Sesekali dia ngomong "Kalo Nenek dulu begini Bi, udah begini aja...". Mudah-mudahan kuliah Sonny lancar ya nak, doa Bibi selalu untuk Sonny supaya menjadi orang yang bermanfaat bagi agama, bangsa, keluarga dan masyarakat, Amiiin....

Karena keluargaku berlebaran hari Rabu (31/08/2011), malam sebelum lebaran, rumah udah rame. Ada para sepupu dan keponakkan yang datang membantu. Keponakanku Sonia dan anak-anak sepupuku Icha, Wawan, Ade, semua juga membantu menyiapkan piring dan segala macamnya. Para keponakan dan anak-anak sepupuku yang kecil heboh berlarian ke depan dan belakang rumah terus ke taman samping rumah untuk bermain kembang api. Lucu banget ngeliat si kecil Ayey (Arel) lari-lari kesana kesini bingung mau ikutan main yang mana...hahahaha... Karena persiapannya udah dicicil beberapa hari sebelumnya dan berkah bantuan sanak keluarga, semua urusan persiapan lebaran beres sebelum tengah malam. Biasanya, huuu...sampe subuh...hiihihihi...Walaupun capeknya ampun-ampunan, tapi senang deh. Di hari lebaran semua keluarga berkumpul, barcanda sana sini, trus ketawa ketiwi. So happy!

Papaku lebih hepi lagi karena tahun ini, pertama kali cucunya Abel dan Dea puasa full satu bulan penuh. Gak heran kalo di malam takbiran tampang mereka senyum lebar banget dan berdompet tebal waktu keluar dari kamar Datuk terima hadiah puasanya. Yep, pas puasa terakhir, mereka niat amat ke mall dulu beli dompet baru..hahahahaha....

Kalo urusan kue, rencanaku untuk bikin sendiri semuanya udah gagal total. Hanya sempat bikin sedikit aja dan pesan beberapa. Gara-gara pertengahan puasa terkena DBD *again*. Gak kuat harus bikin-bikin. Beberapa hari sebelum lebaran cuma sanggup bikin peanut butter cookies dan putri salju pesanannya Sonny, itupun sepupuku Tona yang mencetak, aku cuma ngadon doang. Sempat juga bikin kripik bawang seledri dibantu si Mas. Pokoknya semua terlibat...hahaha..

Rencana aku dan ipar-iparku untuk berseragam saat foto bareng pun gagal total. Pagi lebaran, aku ngakak abis waktu kak Ari cerita kalo seragamnya ancur dari penjahitnya. Gak lama setelah itu, eeeh...bajuku pun penuh tumpahan kuah tekwan n' sate...sampe kayak ada motif pulau begitu...Waduuuuh! memang kalo lebaran gak boleh ngetawain orang ya, balasannya cepat *hiiks!*. Jadinya cuma kak Ika dan mba' Dwi yang pake seragam dusty pink, sementara aku, terpaksa ganti baju lama yang merah mentereng...huuuuu...padahal, bela-belain nyiapin seragamnya jauuuuhh sebelum puasa...hahahaha...*terlalu niat siih!*

Banyak banget yang aku syukuri Idul Fitri kali ini. Namun yang paling penting, berhasil mengendalikan emosi. Aku gak marah waktu dokternya bilang aku mesti nambah demam 5 hari lagi baru bisa test DBD walaupun aku udah demam tinggi sampe menggigil dan keringat dingin selama 4 hari serta udah keluar bintik-bintik merah. Aku juga baru merasakan kalo memaafkan orang itu gak sesulit yang aku bayangkan. Semula gak terbayangkan bagaimana aku harus bereaksi apabila bertemu saudaraku sendiri yang aku anggap menyakitiku dan keluargaku lebaran kali ini. Ternyata, biasa aja. Papaku selalu bilang kalo maaf itu tidak terbatas. Tidak ada limit, tidak pilih-pilih dan harus selalu ada. Hum...setelah dicoba, memaafkan memang sulit kalau di bayangkan, tapi cukup mudah bila di lakukan...mudah-mudahan mulai dari Idul Fitri kali ini aku bisa jadi orang yang lebih sabar ya....Amiiiiiin.

*big big hugs*





O ya, ini foto si Mas (kiri) dan Abangku Riri (kanan) yang herannya tidur bareng melulu tiap sore selama lebaran. Pertama, sehari sebelum lebaran, ceritanya mau bantu-bantu, gak taunya ngilang ke kamar. Lalu di sore hari lebaran, sempat bingung waktu tamu-tamu nanya dimana mereka, kirain silahturahmi kemana gitu (tapi gak ngajak-ngajak!)..eeeh...gak taunyaaaa... begitu juga lebaran kedua...hahahahaha....




4 comments:

geraugebang said...

Selamat idul fitri...wah,cantik bangat bunga segar nya...

lilas said...

minal aidin wal faidzin ya lia.. serunya baca cerita lebaran at your home, too bad gambarnya too sedikit, anyway mau dong jadi tamunya..

Camelia said...

GG : Selamat Idul Fitri juga, mohon maaf lahir batin yaa..

Camelia said...

Lilas : Hihihihi...iya maaf, belum sempat edit foto nih. Lagian fotonya juga gak banyak, baru sadar mau foto-foto sorenya...nah, ini udah aku tambahkan foto2nya. Maaf lahir batin ya dan yuk! main ke rumah :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...