Search This Blog

Wednesday, November 2, 2011

Masuba


Masih ingat gak sama temanku Ika Trisna?? well, kalo lupa atau blom sempat kenal si Ika yang satu ini, boleh lihat resep lapis legitnya di sini. Waktu bikin lapis legit itu, aku udah nodong si Ika minta diajarin bikin salah satu kue lapis tradisional Jambi, kue masuba. Sayangnya waktu itu udah mepet, jadi gak sempat lanjut ke masuba. Akhirnya, hari Sabtu lalu, kita bisa ngumpul buat bikin kue bareng lagi *cihuuuy!*, tapi kali ini pesertanya nambah, ada Nur dan Della keduanya teman dekatku dari SMA juga. Setelah semua ngumpul, apes banget, PLN matiin lampu *of course!!*, sedangkan aku kan pake oven listrik. Terpaksa deh bikin kue yang mestinya siang, jadi nya sore banget baru mulai. Syukurlah emang pada dasarnya kita suka ngumpul sambil ngobrol kesana kemari, gak bosen juga. Apalagi, setelah itu kita iseng nyobain tempat totok wajah di dekat rumah. Asyiiiikkkk..... abis di totok kepala rasanya ringan banget. Kebetulan yang punya totok wajah ini mba' Wari, kakaknya si Dian, teman SMA juga (kalo aku malah dari SMP) yang jago nyanyi itu.

By the way, sebelum ngomong soal bikin kue-nya, aku yakin pasti ada yang bertanya-tanya, koq mirip kue Palembang ya??? well, emang iya, di Palembang pasti ada. Banyak banget masakan maupun makanan di Jambi yang sama dengan di Palembang. Selain dekat, mungkin karena dulunya sama-sama Sumatera Bagian Selatan, jadi gak beda jauh. Di Jambi sendiri, namanya lain-lain, walaupun kedengarannya sama, ada yang bilang Maksuba, Masubah dan di keluargaku namanya Masuba. Kalo di Jambi, kue jenis ini selain untuk sajian hari-hari besar, juga buat hantaran pengantin bersama kue lain yang sama manisnya. Kue yang pake telur banyak dan jumlah gula yang ampun-ampunan juga banyaknya. Misalnya kue Putri Kandis, kue Senting, kue 8 jam dan Engkak Ketan....humm...jadi pengen koleksi semua resepnya!

Karena manis, potongan kuenya gak tebal dan gak besar. Kata sodaraku, memang fungsinya untuk manis-manis aja. Makannya dikit, gak banyak-banyak. Jadi jangan coba-coba di potong seperti cake, bisa keblenger yang makannya, kasian...hahahaha...

So, kembali ke cerita aku dan temanku tadi, abis totok wajah kita balik lagi kerumahku. Trus aku ada ide pinjam oven tangkringnya kak Ika supaya tetap bisa dibikin. Jadi deh, kita bikin masuba bareng, walaupun udah sore. Kalo ngeliat si Ika mencampur bahan, kelihatannya bikin kue ini gak susah-susah amat. Semua cukup di aduk pake whisk aja sampe gula larut (gak perlu mengembang). Manggangnya juga gak lama, lapisannya lumayan cepat matang, apalagi gak lama setelah kita ngelapis 3 lapisan, lampu hidup, langsung deh pindah ke oven listrik pake api atas. Ini jauh lebih cepat daripada oven tangkring. Kacian deh, teman-temanku yang pulang udah hampir jam 8.30 malam...mana kuenya gak bisa dibawa karena belum dingin...hihihihihi...

Anyway, kue masuba ini memang sejenis kue lapis, tapi jangan disamakan dengan lapis legit. Masuba teksturnya lebih lembut banget dan egg-y karena gak pake tepung atau pake tepung dengan jumlah yang sedikit sekali. Yep, ada banyak resep masuba yang sering digunakan. Ada yang pake mentega cair, ada yang pake tepung, ada juga yang cuma suka masuba pake telor bebek. Tapi diantara semua resep itu, pasti ada kesamaan, telur dan gulanya banyak!. Kalo resep Ika ini, gak pake tepung sama sekali dan menteganya gak perlu di cairin. Karena (nyaris) gak ada tepung, lapisan masuba gak bisa lurus rapi banget seperti kue lapis biasa ataupun lapis legit. Saat dipanggang, adonan akan membentuk gelembung, biarkan saja sampai ada bercak kecoklatan, lalu keluarkan. Gelembungnya tinggal ditusuk-tusuk dengan tusuk gigi atau garpu, tekan dengan alat perata kue lapis (waktu kita bikin, pake gelas aja...hahaha...), baru deh tuang adonan lapisan berikutnya. Lakukan hal yang sama sampe adonan abis. Beres.

Rasa masubah Ika ini udah pas menurutku, apalagi jumlah gulanya dikurangi jauh lebih sedikit dari ukuran sebenarnya (aslinya hampir satu kilo lho!). Bau telurnya udah gak terlalu kentara karena waktu bikin gak nemu vanilli, jadi pake vanilla extract *haha*. Karena aku suka (dan terbiasa) sama kue manis-berlemak begini, menurutku masuba ini enak. Tapi buat si Mas, dia cuma sanggup makan secukupnya aja alias dikiiiiit banget....hehehehe....


MASUBA
Ika Trisna


Bahan :

20 btr telur
200 gr margarin
500 gr gula pasir (aslinya 1 kg, sesuaikan aja dengan manis yg diinginkan)
1 kaleng susu kental manis
1/2 sdt vanilli ---> kita pake 1 sdt vanilla extract

Caranya :

  • Siapkan loyang ukuran 22 x 22 cm, olesi bagian bawahnya saja dengan mentega, lapisi kertas baking, olesi lagi dengan mentega. Sisihkan.
  • Whisk telur dan gula dalam wadah cukup hingga tercampur dan gula larut. Saring. Masukkan vanilli, susu kental manis, whisk hingga rata, masukkan mentega, aduk hingga mentega berbutir. Mentega gak akan larut, but dont worry, mamang begitu koq.
  • Tuang sekitar 1 cup adonan ke loyang, ratakan. Masukkan ke dalam oven yang telah di panaskan.
  • Apabila permukaannya ada kecoklatan, keluarkan, tusuk gelembungnya dengan tusuk gigi atau garpu. Lalu ratakan dengan alat untuk meratakan adonan lapis legit yang telah diolesi mentega. Tuang lagi adonannya. Lakukan terus hingga adonan habis.

16 comments:

Nie said...

Mo ikutan cerita ya mba, Aku pernah d kasih kue 8 Jam sama mertua mba, awalnya bingung ko namanya kue 8 jam ga taunya manggangnya 8 jam wuidih lama banget kyk mo masak rendang padang aja hehehe rasanya enak tp makan sepotong aja mengenyangkan mungkin krn teksturnya padat kali ya, agak mirip fruit cake krn banyak buah keringnya, kirain kue 8 jam dari Sumbar krn mertua org sana ternyata asalnya dari Jambi toh hehehe

Camelia said...

Bener mba' kue 8 jam, emang sesuai sama lama pemanggangannya...hahahaha... Kayaknya ada macam-macam tipe kali ya, kalo di kampung Papaku, kue 8 jam-nya gak pake buah, polos aja. Mungkin di Palembang lain lagi modelnya. Kalo favorite ku, kue senting, hampir mirip, tapi gak di lapis dan pake aroma pisang ambon. Enak deh ;-)

silvi said...

mba camelia...salam kenal suka deh baca2 blognya dan kebetulan lagi cari2 resep masuba...itu kalo dipake mixer cukup biar campur aja yah mba ? trs kl pake otang tiap lapisannya berapa menit yah or ada tandanya nga yah ?

thanks with big hugs

Camelia said...

Mba Silvi, sebenarnya adonan masuba gak perlu pake mikser. Pake whisk aja udah cukup karena tujuannya hanya supaya gula larut aja (tidak mengembang). Kalo mau pake mikser, gunakan speed paling rendah sebentar saja. Kalo pake otang, usahakan apinya rata, supaya tiap lapisnya gak keburu kering. Labih baik lagi kalo otangnya bisa diletakkan arang diatasnya. Saat permukaannya terlihat ada bercak kecoklatan, artinya siap untuk diberi lapisan berikutnya.

Belinda said...

Hi mbak, ini pakai api atas atau bawah ya? Brapa celcius apinya? Kalau lapis legit kan lapian pertamanya pakai api bawah, baru selanjutnya pakai api atas. Kalau masuba ini bagaimana! Terima kasih :)

Camelia said...

Hello mba, waktu bikin ini aku masih pake oven listrik mungilku, apinya atas bawah

Unknown said...

Maksuba selaloe ada kalo lebaran d palembang ,, enyak enyak

Unknown said...

Btw alat untuk meratakan adonan lapis legit itu apa ya mbak?

Unknown said...

maksuba, alias lapis susu. saya mengenalnya udh lama sejak kecil meskopun saya tinggal di solo jawa tengah. skarang lebih kenal lagi dan tau cara bikin karena dapet istri org lampung keturunan palembang. wow.. wuenak tenan kue ini.. dan awet klo di dalam kulkas.. klo kue 8 jam dan engkak ketan juga pernah nyoba waktu lamaran hehe. tp lbh suka sama maksuba.. kue senting baru kenal, sore ini mertua dan istri baru aja bikin.. hhmm hampir seenak maksuba .. karena gula dan telor juga

Unknown said...

mbak camelia... kan di resepnya kocok gula dan telur sampai putih mengembang, itu ngocoknya gak perlu pake mikser yh? oia... kalau engkak mbak dh pernah buat belom... kalau udah... bagi resepnya yah...

Unknown said...

Mantabbb... itu kue kesukaanku

Unknown said...

Bagi orang palembang kue masuba, 8 jam dan engkak adalah kue wajib saat lebaran.

Camelia said...

Cukup pakai whisk atau kocokan tangan saja mba

Rini said...









Ada fotonya di akun ini mba

https://www.instagram.com/p/BjrDf6aAKGU/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=ijycdhmsjv72

Rizka said...

Mba mau tnya, kue ini di loyang 22x22 apkah hsilnya bisa tinggi

Unknown said...

Mb resep lapis Kojo dan engkak ketan dunk,ku tunggu ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers