Search This Blog

Sunday, February 1, 2009

Donat Week : Donat Kentang NCC




Gak ada saat yang tepat buat nyoba bikin donat selain saat Donat Week NCC berlangsung. Dulu pernah nyoba bikin donat a la J.co, tapi hasilnya gagal total, setelah itu, gak pernah bikin donat lagi. So, tips membuat donat dibaca dan dimengerti, video donat kentang bu Fat diulang berkali-kali, sekalian juga masalah dan jawaban dari temen-temen milis yang udah nyoba. Kali ini pake resep Donat Kentang NCC yang udah diklaim enak sama temen-temen yang udah nyoba bikin di milis. Kalo kentang, udah dibeli waktu ke supermarket beberapa waktu lalu, Siaaaaaaapp......!!!!

Semula agak persimis, soalnya aku gak punya mikser yang gede (masih nabung buat beli mikser Kitchenaid yang warna pink, tapi tabungannya gak nambah-nambah, malah berkurang terus...hihihihi) terpaksa semua dilakukan manual nih, kalo pake mikser Phillips Cuccina, takut jebol sebelum bertarung.




Kali ini, aku mau bikin donat yang betul-betul murni pake tangan, artinya, gak pake mesin sama sekali. Menghancurkan kentangnya pun pake penghancur kentang manual. Dari mencampur adonan, sampai menguleni hingga kalis, semua pake tangan aja. Akhirnya, aku jadi ngerti teori bikin donat, menimbang dan mencampur bahan, harus dilakukan dengan happy, tapi sewaktu mengulen adonan, lakukan dengan dua tangan dan bayangin aja orang-orang yang bikin bete, dijamin, adonan lebih cepat kalis.....WHOA HA HA HA HA

Sewaktu adonan agak kalis dan mentega di masukkan, sempat bingung juga, karena adonan jadi licin dan lembut banget, tapi tetap aja diulen terus sampai kalis, ternyata berhasil. Hasilnya, jadi adonan yang licin dan elastis. Lumayan, walaupun di ketawain asisten di rumah, yu Yati yang ngeliat aku nguleni adonan sampe keringatan, tetap maju terus tanpa bantuan orang lain, biar puas. Donatnya aku bulet-buletin aja, aku nyoba pake cetakan donat stainless yang aku punya, tapi bentuknya malah aneh, lubangnya gede banget. Aku cetak juga pake cetakan donat plastik mungil yang aku punya, kecil deh (diamenternya paling 4 cm), dulu rencananya mau dipake nyetak kue kering...hehehe... tapi, as always, gak betah. Sooo...di bulatin aja la yaww...




Waktu ke supermarket itu, aku ngeliat minyak goreng kelapa Barco. Tulisannya, minyak akan membeku dan mencair dalam suhu tertentu , ada tulisan no cholesterol segala (sok sehat iiihh). Nah, donat ku aku goreng pake minyak ini, ternyata bener, donatnya gak berminyak, tapi gorengnya agak tricky, apinya harus lebih kecil dari biasanya, soalnya kayaknya minyak kelapa lebih cepat panas deh. Seperti 2 donat pertama yang aku goreng, item dengan suksesnya....

Hasilnya....??? Ueeenaaaakkk dan Empuuuuukkk banget!!! aku sampe bengong waktu pertama nyoba, gak nyangka kalo aku yang bikin... *ge-er*. Beberapa donat aku hias dengan coklat putih dan sprinkle warna-warni, dan ada yang ditabur gula halus donat aja. Rasanya itu lho, bikin mau lagi dan mau lagi! Papa ku aja yang gak doyan donat, bisa abis 3! emang enak siiihh...

Ini resepnya :




DONAT KENTANG NCC

By Fatmah Bahalwan


Bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuat :

  • Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  • Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  • Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  • Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  • Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.


2 comments:

Anonymous said...

Emang empuk neh donat :D Mbak, aku ikutan eventnya yah :d Salam dari pemula.

Camelia said...

hello mba' Chera, salam kenal yach!

Emang asik koq mba' bikinnya. Ayo ikutan donat week, makin seru nih..

Aku udah ke blognya mba' Chera, jauh banget dari kata pemula. Seger-seger deh...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers