Search This Blog

Loading...

Friday, February 20, 2009

Gulai Telur Ikan A la Bang Sadat


Kemarin di supermarket ngeliat telur ikan kakap, jadi pengen nyoba. Aku paling suka deh telur ikan, tapi ikan sungai. Waktu kecil dulu, kalau ayu'-ayu' (kakak perempuan : Jambi) yang ada dirumah masak ikan yang ada telurnya, mereka pasti sisihkan buat aku. Apalagi kalau telur ikan Tebakang (gak tau ya, itu bahasa Indonesia-nya apa) yang digoreng aja dengan bumbu asam jawa. Ikannya agak pipih, bersisik banyak. Uuuhh... aku doyan banget. Kalo dirumah, ikan tebakang itu di kerutup, ikannya diberi bumbu, dibungkus daun dan digoreng agak lembab....NYAM!!! sukaaaa deh, ntar tak tanya ya gimana cara bikin masakan Jambi yang satu ini...hehehe...*promo*

Kayaknya ikan tebakang itu di Jambi sendiri udah susah deh nyarinya, yang banyak cuma ikan patin kerambah yang promo-nya jor-joran tapi gak begitu laku dipasaran, sampe harganya betul-betul rontok. Tapi ya gimana yah, kayaknya orang Jambi sendiri emang gak begitu suka sama patin kerambah. Kasian peternaknya, mending pelihara ikan tebakang aja kali yeee... buat variasi gitu...disaat yang lain jual benda yang sama, dan punya kita sendiri beda...waaah bisa jadi laku berat tuh...be different! ...(lho, koq malah nge-brand ikan)



Well, kali ini telur ikannya aku bikin gaya almarhum bang Sadat aja (alfatihah buat Tadat). Beliau sama bang Iqbal kuliahnya di Perth, Australia. Waktu lagi liburan SMP aku kesana, aku lihat bang sadat bikin gulai kepala ikan yang enaaaakkk banget!. Pas dia bikin aku ngeliatin aja, ditengah-tengah masak, tiba-tiba api dimatikan. Bang Sadat langsung ambil jaket "Bentar ya, aku beli tomat dulu, lupa! kalo gak pake tomat gak enak!"....hihihihihi... aku yang udah ambil nasi langsung memble karena harus nunggu. Nah, tadi aku penasaran, sebegitu pentingkah tomat? so, aku cicipi tanpa tomat dan dengan tomat...wuiiiiihh...rasanya emang beda sekalee!!!

Bumbunya simple banget, mungkin karena saat itu bahannya terbatas, harus cerdik aja ngakalin nya. Aku cuma nambahin daun kunyit, gak ada alasan sih, cuma suka aja. Aku dulu sempat heran ngeliat bang sadat pake bawang bombay, yang dirumah ortuku jarang banget dipake, bisa jadi karena yang ada cuma itu....hehehe

Rasanya pedas dan gurih....dimakan dengan nasi hangat..wow!

Ini resepnya :




GULAI TELUR IKAN ALA BANG SADAT

Bahan :

500 gr telur ikan/ikan
400 ml santan instant, tambah air hingga 1 lt
10 bh cabai rawit merah utuh
1 lbr daun kunyit, sobek-sobek, ikat
1 bh tomat, belah lalu di potong
1 bh jeruk nipis
Garam dan gula secukupnya

Bumbu yang di haluskan :

1 bh bawang bombay besar
3 siung bawang putih
4 cm kunyit
4 cm jahe
8 bh cabai rawit merah (boleh ditambah/kurangi)

Caranya :

  • Lumuri telur ikan/ikan dengan air jeruk nipis, diamkan lk. 15 menit, bilas dan potong-potong.
  • Panaskan bumbu dan santan didalam wajan dengan api sedang, ditimba-timba agar santan tidak pecah hingga mendidih.
  • Masukkan telur ikan/ikan, masak hingga santan agak mengental. Tambahkan potongan tomat. dan rawit utuh, beri gula garam secukupnya, aduk sesekali hingga telur ikan/ikan matang.
  • Matikan api. Buang daun kunyitnya, hidangkan.



2 comments:

Widya Hidayat said...

Mel, aku juga suka banget dengan gulai telur ikan ini... Ijin nyontek yaa...
BTW, itu bumbu halus cuma pake bawang bombay yaaa??? ga pk bw merah dan putih?? :P

Camelia said...

hihihihi...iya mba, aku lupa, pake bawang putih dan bawang bombay bisa diganti dengan bawang merah :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...