Search This Blog

Wednesday, March 18, 2009

Mocha Nougat Cake

Beberapa waktu lalu, di milis ada yang nanya resep nougat cake-nya toko kue Bawean di Bandung. Kebetulan aku juga sukaaaa banget, kalo ke Bandung, sedapat mungkin dibeli. Ada kacang sama aroma rhum yang "kencang". Tapi terakhir udah jarang beli, soale sudah mulai meragukan ke-halal-an rhum dalam kue. Baca ada yang nanya dan mengingatkan rasanya, duuuh jadi kangen.

Setelah lumayan lama, aku beres-beres buku masakan koleksiku. Biasa, kalo lagi beres-beres, pasti sambil buka-buka. Di salah satu buku, aku ketemu resep "Mocha Nougat Cake", di gambar, bentuknya kayak yang di Bawean. Tapi yang ini gak ada rhumnya, dengan kehebatan temen-temen di milis, mereka pasti menemukan tempat yang "pas" buat nyelipin rhum bagi yang suka. Akhirnya, resepnya aku posting aja, walaupun aku sendiri belum nyoba (suka ngeliat gambarnya doang..hehehe).

Semula aku mengira gak ada yang baca posting-an ku. Ternyata ada yang nyoba dan makin banyak yang nyoba....waaaahh.... seru! katanya cakenya lebut dan buttercreamnya "jadul" banget. Setelah dengar cerita-ceritanya, aku juga pengen bikin. Tapi selalu ada aja alasannya. Mungkin karena bikinnya keliatan ribet...ya mesti bikin cakenya, buttercream-nya dan nougatnya. Padahal aku udah beli mocca Seruni waktu ke Surabaya 2 botol yang menunggu untuk di habiskan. Katanya mocca Seruni ini rasanya lebih nendang dibanding mocca merk lain. Ketika aku cicipi, rasanya mirip kopi AAA di Jambi (kopi yang terkenal di Jambi, walaupun merknya AAA, orang Jambi selalu bilang kopi AA...hehehe). Pokoknya mirip deh, kalo kopi AAA di bikin mocca, mungkin jadinya seperti Seruni ini.

Setelah nemenin si Mas ke Bekasi seharian kemarin, hari ini udah positif mau bikin cake aja di rumah sambil istirahat, kebetulan bahan sudah lengkap, ada jadi gak perlu keluar rumah lagi, apalagi aku harus rapat sorenya...takut gak keuber kalo mesti bikin yang lain.

Anyway, aku bikinnya pake 2 buah loyang 10 x 26 cm (maklum, ovennya terlalu imut buat pake loyang lain...hiks) hasilnya terpaksa sedikit adonan dibuang aja biar muat. Bikinnya gak susah-susah amat, kuncinya, putih telur jangan terlalu kaku. Hasilnya emang kue yang lembuuuuttt bangeet...

Bikin nougatnya, aku pake kacang goreng (selain males, aku juga gak bisa manggang kacang, gagal terus, gak bisa rata...hehehe) trus di blender agak kasar. Setelah dicampur dengan karamel dan dimasukkan ke loyang, dibiarkan dingin. Lalu aku hancurkan dengan ulekan yang dilapis plastik (Iya donk, takut pedes, ntar malah jadi bumbu pecel...), lumayan ngeluarin tenaga juga. Next time, kalo buru-buru, bisa pake ting-ting kacang aja kali yeee...

Biar mirip dibuku, kuenya aku belah dua, lalu diberi lapisan buttercream dan nougat. Jadinya 4 lapis dan tinggiiiii banget.... kayaknya emang harus beli oven gede deh, biar next time pake loyang yang pas. Hiasannya berantakan dan emang ngasal banget. Belum bisa pegang spuit, mau kursus cake decorating sama bu Fat di Matraman gak jadi-jadi....hiks...

Rasanya....gimana ya...
Kuenya lembut, cream kopinya berasa banget (aku jadi ingat kue ultahku waktu SD dulu!), lalu ada rasa kacang yang manis pahit dari karamelnya. Huuumm...cukup kompleks tapi asyik banget. Di mulut kayak ada pesta aneka rasa...hehehehe... lebaaaayyy.... tapi enak koq.


Ini resepnya ya :

MOCHA NOUGAT CAKE
by Lanny S (dari buku Cake Populer ala Singapura)

Bahan I
8 btr kuning telur
50 gr gula pasir halus (kastor)

Bahan II (campur dan ayak)
150 gr terigu protein rendah (misal kunci)
1/2 sdt baking powder

Bahan III (campur jadi satu)
100 ml susu cair
100 ml minyak sayur

Bahan IV
250 ml putih telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt cream of tar-tar
1/2 sdt garam

Bahan V (cream)
250 gr mentega putih
125 gr margarine
200 ml susu kental manis putih
2 sdm mocca pasta

Bahan VI (nougat)
200 gr gula pasir
200 gr kacang tanah, panggang, tumbuk kasar (aku pake kacang goreng *males*)

Cara membuat :
  1. Bahan IV : Kocok putih telur hingga setengah mengembang. Masukkan gula pasir, cream of tar tar dan garam, kocok kembali hingga mengembang, tapi tidak terlalu kaku.
  2. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan gula larut. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diselingi dengan bahan III, aduk berlahan dengan spatua hingga rata.
  3. Tuang bahan IV, aduk hingga tercampur rata. Tuangkan adonan kedalam 2 bh loyang diameter 20 cm yang telah terlebih dahulu dioles dengan sedikin margarine hingga rata.
  4. Panggang dalam oven dengan suhu 160C - 175C selama 20 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan.
  5. Campur dan kocok bahan V menjadi satu hingga tercampur rata dan mengembang, sisihkan.
  6. Bahan VI : sangrai gula pasir hingga meleleh dan berwarna kuning kecoklatan. Masukkan kacang tanah, aduk rata. Tipiskan di dalam loyang tang telah diolesi dengan sedikit minyak pada saat selagi panas, dinginkan. Haluskan.
  7. Ambil 1 lembar cake, olesi dengan bahan V hingga rata, taburi dengan bahan VI. Tumpuk dengan cake, beri lagi dengan bahan V dan bahan VI. Lakukan hal yang sama untuk cake yang selanjutnya, terakhir, taburi seluruhnya dengan bahan VI.
  8. Hias sesuai selera.



2 comments:

www.cantikkaya.blogspot.com said...

Mba Camelia, thank you udah sharing resep mocha nougat cake, secara aku sukaaa banget dengan cake ini. Once Again thank you mba :)

Unknown said...

Hi, enjoyed your blog very much, do you think you can share your recipe in english?
Thanks
Amanda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers