Search This Blog

Loading...

Wednesday, March 11, 2009

Sarang Semut (Caramel Cake)

Kue Sarang Semut, kue item manis yang berlobang banyak, rasanya udah kuno banget deh. Jaman masih SD dulu, pertama kali aku mengenal kue sarang semut ini. Tiap ada tamu penting yang akan mampir ke rumah dinas ortu-ku, semua makanan harus dibikin sendiri. Maklum, di pedalaman yang kotanya juga baru ada, boro-boro pake katering, warung nasi aja cuma beberapa biji. Untung Ibu-ku emang doyan ke dapur, gak masalah kalo harus nyiapin sendiri. Apalagi ada Ibu-Ibu PKK yang baik hati yang langsung sigap pada ngumpul di rumah, dengan membawa pisau dapur masing-masing. Mereka membuat makanan yang enak-enak, mulai dari lauk pauk sampe ke per-kue-annya. Bahkan, kalau Ibuku sibuk dengan tamunya, urusan dapur sudah "diberesin" sama teman-temannya ini. Masing-masing mereka punya masakkan andalan, mulai dari pindang bakso ikan, melbi, panggang belido, udang goreng tepung..nyamm...nyaaamm... Sampai sekarang pun, aku masih ingat lezatnya masakan mereka, memang tak ada tandingannya!

Karena aku kecilnya termasuk imut-imut *ehem, dilarang protes* aku sering dapat limpahan makanan. Gak heran, setelah itu aku jadi anak kecil yang gembul dan tembem (tapi tetap imut lhooo *silahkan mual* )..lha, ngeliat aku jadi ndut, ibu-ibu itu malah tambah semangat nganterin makanan...hehehehe... Nah, kalo mereka bikin kue kotak, mereka paling sering bikin kue sarang semut ini. Kalo ada sisa, biasanya aku bawa ke sekolah, dan dimakan bareng temen2 se-gank sambil duduk diatas pohon akasia depan sekolahan. Ternyata, selain waktu itu emang nge-trend, mungkin juga karena bikinnya juga mudah banget.

Kuenya aku belah ditengah...kelihatan kan sarang semutnya... sukses deehh... tinggal nyari semutnya aja...hihihi

Kalo kue sarang semut yang sekarang aku bikin, resepnya dari sodara dari Papaku di kampung, namanya Meri. Udah lama banget kita bikinnya (setahun ada kali), iseng aja, waktu pulang kampung, dilanda bosen. Trus Meri cerita bisa bikin sarang semut. Yo wis deh, langsung belanja bahan dan pinjem otang (oven tangkring) dari tetangga. Setelah jadi....enaaakkkk, lembut dan "sarang"nya banyaaak... apalagi bikinnya tanpa mikser, cukup mengandalkan whisk adza...

Ini resepnya, dari Meri ngukurnya pake gelas belimbing, tadi pas aku bikin, langsung deh di ukur pake gram dan ml, maklum, di rumah gelas belimbing cuma ada 1 biji (nilep dari rumah Jambi *hihihhi*). Kalo pecah, macam mano pulak....

Sorry banget kalo motong kuenya jelek, terburu-buru dan kayaknya gak pas kalo dipotong gaya mungil begini, sarangnya bikin mudah lepas.... ntar kalo motong kuenya, rada gede aja ya...kayak cake biasa... kalo kaya' aku ini, ketipisan...hiks.. mungkin itu juga sebabnya banyak yang bikin sarang semut pake loyang tulban yang bolong di tengah. Kalo aku pake loyang kotak aja, aku punya loyang tulban beli di Sinar Yong Surabaya, eeehh... malah gak masuk ke oven listrikku yang mungil... *halaaaah*


SARANG SEMUT (CARAMEL CAKE)
By Meri-nya Camelia

Bahan :
200 gr margarine/mentega, cairkan
200 gr gula pasir
200 ml air
150-200 ml susu kental manis (tergantung manis yang diinginkan)
100 gr tepung terigu
1 sdt soda kue
5 btr telur

Caranya :
  • Panaskan gula hingga menjadi karamel, beri air, aduk hingga gula karamel larut. Dinginkan.
  • Kocok telur hingga agak pucat dan berbuih (aku pake whisk), masukkan susu, kocok hingga rata.
  • Tambahkan tepung, mentega cair, aduk rata lalu masukkan air karamel dan soda kue. Aduk rata.
  • Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung tipis. Panggang hingga matang.
  • Tunggu hingga benar-benar dingin sebelum dipotong.


PS : Adonan sebelum dipanggang memang terlihat cair.



7 comments:

Anonymous said...

mbak,aku ikutan coba resepnya. hihihi yg kayak sarang semut koq cuma bawahnya aja ya? atasnya ud kayak bolu.biasa lembut gitu. kenapa ya? thanks

Anonymous said...

mbak, thx ya buat resepnya..
mau nanya nich, disini tempat aqu tinggal, jarang banget ada susu kental manis, kira2 bisa di substitute sama apa ya? ato klo ga pake kira2 bs g ya??
thx y mbak.

Camelia said...

Hello, hum...bawahnya kayak bolu? kurang tau juga ya kenapa, tapi kalo gak banyak sih rasanya gak papa. Penyebabnya macam2 bisa karena soda kue, suhu atau pengadukan.

Camelia said...

Hai,
Terus terang aku gak pernah bikin tanpa susu kental manis. Jadi aku gak bisa jawab juga. Walaupun aku lihat ada kemungkinan, nanti ya, kapan2 aku coba.

Anonymous said...

mb...kenalkan aku sering dipanggil nunuk. mau nanya soda kue itu bisa gak diganti baking powder....makasih ya mb...

Camelia said...

Mba Nunuk,
Sebaiknya Soda kue (Baking Soda) jangan diganti sama Baking powder. Walaupun Baking powder mengandung soda kue, tapi jumlahnya sedikit, hanya merupakan bagian dari bahan-bahan yang dicampur untuk membuat baking powder.

ratna said...

Hari semakin merayap dalam gelap... rasanya pinggang dan pundakku sudah menjerit-jerit minta dibaringkan. duuuh, padahal masih ada satu baskom burik besar adonan kue sarang semut yang harus dipanggang. apa daya mataku pun semakin lengket bak susu kental manis yg tadi kutuang ke adonan.
sudahlah... kuambil kertas koran untuk menutupi baskom, kuolesi bagian luar bawah baskom dengan minyak goreng baru agar tidak dirayapi semut & serangga kecil lainnya.. aku pun membaringkan diri.. maunya sebentar, tapi, aku pun tertidur pulas beberapa jam.
pagi-pagi... dengan ragu-ragu akan hasilnya, kumulai acara memanggang kue sarang semut ... harum menyeruak saat kue kukeluarkan dari loyang... sedikit curiga, kumulai memotong kue yang akan kuhidangkan di acara kumpulan keluarga ini... lhadalah.. la kok semua kue (6 loyang) bisa berongga cantik???
sejak itu, setiap membuat kue sarang semut, selalu kubiarkan adonannya dalam suhu ruang dulu selama beberapa waktu sebelum kupanggang... dan kue sarang semutku yg dulu seringkali cuma berongga kecil atau malah padat seperti cake, sekarang selalu "sempurna"...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...