Search This Blog

Friday, September 24, 2010

Kue Pedamaran

Udah dari puasa tahun lalu pengen posting kue-kue yang muncul selama bulan ramadhan di Jambi, tapi seperti biasa, pengen doang, di kerjain juga ngga'....maklum, kalo nge-blog bulan puasa, pagi aku masih ngantuk abis sahur, siang terasa lapar banget dan malamnya aku udah keburu kekenyangan....*huuu..alasan!* Anyway, berhubung kemarin hari terakhir Papa-ku puasa Syawal, mulai deh aku mikir cemilan apa yang bisa menemani beliau buka puasa. Pilihanku jatuh sama kue pedamaran/padamaran ini. Menurutku, ini pas banget jadi kue pertama yang mewakili Jambi....hehehehe....kue ini, bisa di makan kapan saja, kalo di rumah ku gak harus bulan puasa koq. Ibu ku dulu, sering bikin buat teman minum teh sore. Tapi memang, bakalan "bersinar" di bulan puasa. Kalo lagi begitu, gak perlu bikin, beli aja di pasar beduk, pasti ada.

Well....slight info about my family ya. Di keluarga besarku, kalo bulan puasa, yang namanya tepung terigu, tepung ketan, tepung beras dan gula merah, itu wajib ada. Biasanya beberapa minggu sebelum puasa, Ibuku bakalan nyetok gula merah yang bagus, seperti gula enau (bener gak sih? dari pohon enau gitu). Nah, penting beli gula merah yang bagus supaya gak kotor dan rasanya asli. Setahuku sih, kalo di jambi, gak sulit cari gula merah yang bersih, gak perlu di saring segala. Tapi jaman sekarang kan, di supermarket juga banyak gula merah yang di pack dengan rapi dan bisa langsung di gunakan ya. Anyway, kenapa penting tanpa perlu di saring??? well..welll....bisa lihat di resep kue pedamaran ini. Gula merahnya di potong-potong aja...so, gula merah yang bersih dari ampas-ampas yang gak perlu, is a must!



Banyak kue-kue khas Jambi yang menggunakan gula merah. Kelezatan kue pedamaran ini juga di tentukan sama kualitas gula yang di gunakan. Ada beberapa versi buat bikin kue pedamaran ini, yang aku tau, kalo di Matagual, kampungnya Papa-ku, aku suka makan buatan maedo Zaila-ku. Nah, maedo pernah ngomong ke aku, kalo membuatnya pakai santan yang agak kental, lalu di kira-kira aja dengan tangan, kalo udah licin mengalir di tangan, artinya udah pas (ya ampuuun...piye ya, tau licinnya!) trus langsung di kukus hingga matang. Otomatis, akan ada santan yang naik keatas, so, itu yang jadi lapisan putih di atasnya.

Versi lain, ya versi yang sering di pake sama si Umi (asistennya rumah Bokap yang udah bertahun-tahun ikut kita). Kalo dia, bikin pedamarannya pake santan sedang dan santan kental. Adonan di kukus 2 kali. Pertama, adonan yang sedang dulu di kukus, kalau sedah terlihat mengeras, di masukkan adonan santan kental yang gurih. Baru di kukus lagi hingga matang. Cara apapun yang di gunakan, rasanya hampir mirip koq. Tergantung suka yang mana. Tapi yang paling penting, kuenya harus lembut, kalo di sendok, blessss....gula merahnya keluar. Kalo keras, waaah....bakalan susah ngabisin satu takir aja...hehehehe....

By the way, bikin kue pedamaran ini perlu takir dari daun pisang yang di bentuk seperti perahu, makanya kata bibi-ku, jaman dulu di kampung Papa namanya "Joda Perahu" (Joda = Juadah)...whoa ha ha ha... karena versi maedo belum aku coba (ya iyalah, maedo-nya di dusun...) di sini aku posting hasil belajar sama si Umi kemarin, yep, artinya pedamaran yang sering di sajikan di rumah ortu ku. Kalo untuk takirnya, good luck deh, soale aku kalo bikin juga kacau, mleyot sana sini. Padahal aku lebih suka takirnya di semat pake lidi, supaya children friendly, tapi apa boleh buat, pake steples aja, itu pun di sana sini...hiiiks!!! Ukuran takirnya kira-kira 5 x 10 cm. O ya, kalo makan kue ini, si Mas sama si Dea gak bakalan cukup makan satu! horeeee....

Ini resepnya ya...



KUE PEDAMARAN
si Umi-nya Camelia

Bahan :

Adonan A
175 gr tepung terigu
40 gr tepung beras
1400 ml santan sedang
1 sdm air kapur sirih
pasta pandan secukupnya (kalo mau pake yang asli, lebih baik)
Adonan B
300 ml santan kental (airnya dikit aja)
20 gr tepung terigu
garam secukupnya

Gula merah secukupnya, cincang kasar
Gula pasir secukupnya

Caranya :
  • Panaskan kukusan. Siapkan takir. Isi dengan 1 sdm gula merah dan 1/2 sdt gula pasir (boleh di tambah kalau suka agak manis), sisihkan.
  • Dalam wadah adonan A, campur tepung terigu dan tepung beras, masukan santan sedikit sedikit sambil di aduk berlahan agar tidak menggumpal hingga santan habis. Masukkan air kapur dan aduk hingga licin dan rata. Sisihkan.
  • Dalam wadah terpisah, campur terigu dan garam lalu tuang santan kental berlahan hingga rata. Sisihkan.
  • Tuang adonan A kedalam takir, jangan sampai penuh (kira-kira sisakan 1/4nya). Kukus kebih kurang 10 menit (cukup hingga bagian atasnya agak mengeras).
  • Buka kukusan, tuang adonan B keatasnya, kira-kira 3 sdm/takir. Kukus kembali lebih kurang 10 - 15 menit (hingga adonan atasnya terlihat pecah dan agak berminyak)
  • Angkat. Biarkan sebentar sebelum di sajikan. Enak di sajikan hangat maupun dingin.

4 comments:

Anonymous said...

Gula Enau apakah sama dengan gula Aren?, kuenya yummy sekali :)

Camelia said...

Hum...gak tau juga ya mba', pohon aren itu bukan seperti palem gitu? seperti palm sugar?? hehehehe....aku gak menguasai dunia per-gulaan niihh....

sheenta said...

salam kenal mba,,
wah aku jg big fansnya kue padamaran ini pas msh tgl d jambi, skr uda pindah tp jd g bs makan lgi, jd sukur bgt nemu blog mba, jd bs nyontek resepnya .. cuman ini mba, tau cara bkin tingkirny itu g??atw step2ny gtu, ko y aku g bs2 ya, ato kl pke wadah laen,mis mangkok plastik gtu bs g ya??trus gula enau itu mgkn gula merah itu kali y mba??
hehee panjang niy, gpp y mba,,

Camelia said...

Salam kenal juga mba sheenta,
Wahhh...kalo pembuatan takirnya, aku juga masih amatir tu, gak rapi jadinya. tapi nanti deh, kalo aku sempat, aku posting cara pembuatan takir, semampunya aja ya....hahahha... gula enau itu sejenis gula merah juga. Pake gula merah biasa aja juga gak pa pa, tergantung selera, yang penting harus bersih, gak bisa di saring soalnya ;-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers