Search This Blog

Loading...

Tuesday, June 23, 2009

Carrot Cupcakes With Cream Cheese Frosting


Masih punya sisa cream cheese setelah bikin cheesecake yang gagal total hari minggu lalu (hiks...hiks...sebel banget, padahal udah oke lho, gagal gara-gara manggangnya kurang lama...ancuurr...). Hari Selasa lalu, mulai deh buka-buka internet, seperti biasa, bingung mau mulai bikin apa. Akhirnya, pilihan jatuh ke Carrot Cake With Cream Cheese Frosting. Kebetulan jumlah cream cheese-nya pas, jadi bisa langsung diabisin (supaya bisa beli lagi...hihihi).

Maka jalanlah aku ke Allrecipes dan ngeliat resep carrot cake yang buanyaaaaaak buangeeet... milih-milih, trus akhirnya aku mix n' match aja beberapa resep carrot cake, yang akhirnya jadi resep versi ku sendiri yang sesuai dengan bahan-bahan yang aku punya...makin banyak bahan yang bisa diabisin, makin baik! Tapi...ooops, gak punya wortel, terpaksa deh minta tolong yu' Yati ke supermarket yang agak jauh.... seneng deh, lihat wortelnya besar dan segar!

Bikinnya gampang banget, gak perlu mixer, cukup whisk aja. Ada sisa brown sugar dan almond, so...tak cemplungin sekalian. Jadi deh....rasa kayu manis dan brown sugarnya dominan bikin wangiiii... moist and tasty!

Dimakan begitu aja udah enak banget, but...the frosting make it perfect!

Frostingnya, kali ini aku maunya lebih nge-cheese gitu. Aku pernah bikin cream cheese frosting, tapi cream cheese-nya gak berasa. Rasanya cuma seperti butter aja, seperti buttercream, just butter dan gula gitu. Kali ini, puas deh, terasa banget cream cheesenya (karena mahal, rugu donk kalo gak terasa...hihihi). Tapi gak tau juga ya, karena komposisinya atau karena cream chessenya yang enak. Kali ini aku pake merk Anchor...enak lho! waktu di pake buat cheesecake yang gatot, juga enak banget jadinya (walaupun ancur lebur...hiks!).



Ini resepnya :


Carrot Cupcakes With Cream Cheese Frosting
Modified by Camelia


Bahan :
4 butir telur
1 cup gula pasir
1 cup brown sugar
1 1/4 cup minyak sayur
1 sdm vanilla extract
2 cup tepung terigu protein sedang
2 sdt baking powder
2 sdt soda kue
1/4 sdt garam
2 sdt bubuk kayu manis
3 cup wortel parut
1 cup almond iris/walnut dicincang

Bahan Frosting :
125 gr butter
300 gr cream cheese
100 gr confectioners sugar
1 sdt vanilla extract


Cara membuat :

  • Dalam wadah sedang, campur tepung, baking powder, soda kue dan garam, aduk rata. Sisihkan.
  • Dalam wadah terpisah, masukkan telur, gula pasir, brown sugar, minyak sayur dan vanilla, aduk rata dengan menggunakan whisk hingga gula larut. Tambahkan campuran tepung, aduk hingga tidak berbutir, masukkan wortel parut. Aduk rata.
  • Tuang adonan kedalam loyang cupcakes yang telah dialasi kertasnya, jangan terlalu penuh (adonan akan naik). Panggang di oven hingga matang selama 30 - 40 menit.

Frosting :

Campur semua bahan dalam wadah, kocok dengan mixer sebentar hingga tercampur rata dan berwarna pucat dan lembut. Siap digunakan.

Nyam!


1 comment:

Retno Widyaningrum said...

Mbak Lia.. cupcakenya yummy banget nih... ijin copy resepnya ya.
Salam kenal. Retno

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...