Search This Blog

Loading...

Sunday, June 7, 2009

Semar Mendem


Dari kecil dulu, aku paling suka deh makan lemper. Karena ortuku dinas nya di kabupaten, aku harus nunggu pas jalan-jalan ke ibu kota provinsi buat beli lemper kesukaanku. Rasanya dulu itu lempernya mungil banget dan gak seimbang sama harganya. Apalagi buat anak sekolahan seperti aku. Jadi kalo beli, selalu nebeng Ibu-ku yang suka ke toko kue untuk beli kue kering buat camilan tamu di rumah (heran ya, kenapa sih ortu kita itu, siap banget kalo ada tamu mampir). Biasanya, aku langsung deh nunjuk lemper 5 biji, supaya dibayarin sekalian...hihihiihi...

Setelah SMP deh, aku mulai kenal yang namanya semar mendem. Menurutku namanya lucu banget dan ganjil. Jadi aku lebih sering bilangnya lemper telur...hehehe... yang penting rasanya enak. Seperti lemper yang lebih istimewa aja...Mungkin karena suka makan lemper yang enak, aku males banget kalo makan lemper maupun semar mendem yang isinya abon tok. Kecuali kalo laper banget siiihh...


So, tadi aku bikin semar mendem pake resep Ny. Liem dari buku yang sama waktu aku bikin kue lapis sagu beberapa waktu lalu. Bikinnya agak ribet juga, soalnya mesti bikin isinya, ketannya dan kulitnya. Sempat juga ditengah-tengah mau dibungkus daun aja, gara-gara susye bikin kulitnya, gak sabaaaaaarrrr..... tapi untung juga daun pisangnya gak ada, jadi mau gak mau bikin kulit juga. Untuk kulitnya, air aku ganti dengan susu cair supaya lebih gurih dan lentur.

Trus, ketannya kayaknya terlalu sedikit buat isi daging ayam yang buanyaaak... jadi tadi separuh disimpan, besok dipake buat lemper aja. Heran juga lihat ketannya yang sedikit bagitu, mestinya tadi bikin agak banyakan ya. Setelah semua jadi, aku juga gak bisa nyetak diloyang dulu, lalu dipoyong-potong, malah pada bubar dan gak rapi. Akhirnya, aku bulet-buletin aja pake plastik kayak bikin lemper biasa, lalu dibungkus. Hasilnya, lumayan rapi. Walaupun bagian dalamnya jadi gak rata (soale udah dilapis dulu baru dibuletin). Rasanya juga enak, gak kalah deh sama semar mendem yang di toko-toko...ehem...


Resepnya ini lhooo...

SEMAR MENDEM
by Ny. Liem

Bahan I
250 gr beras ketan kualitas baik, rendam selama 1 jam---> saranku, bikin 2x lipat deh.

Bahan II (rebus hingga mendidih)

150 ml santan kental
1 sdt garam
1/2 sdm gula pasir
2 lbr daun pandan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk

Bahan III (isi)

300 gr dada ayam rebus, suwir-suwir
2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk
2 batang serai, memarkan
1 reas lengkuas, memarkan
500 ml santan encer
500 ml santan kental

Bumbu yang dihaluskan :

1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
25 gr bawang merah
2 bh bawang putih
30 gr kemiri
1/2 jari kelingking kencur
1 1/2 sdt garam
4 sdm gula pasir
1 sdt penyedap rasa, bila suka --->aku ganti dengan kaldu bubuk

Bahan IV

5 btr telur
100 gr tepung terigu
25 gr custard powder
1/2 sdt garam
1/2 sdt penyedap, bila suka --->aku gak pake
1 sdt mentega cair ---> aku 2 sdm
275 ml air---> aku pake susu

Cara Membuat :
  • Kukus bahan I hingga setengah matang, angkat. Tuangkan bahan II sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, biarkan beberapa saat hingga santan terserap. Kukus kembali hingga matang, angkat.
  • Bahan III : Campur ayam dengan bumbu halus, daun salam, serai, daun jeruk dan lengkuas menjadi satu. Tuang santan, masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga matang dan santan menyusut. Angkat.
  • Bahan IV : Campur telur, tepung terigu, custard powder, garam, penyedap, mentega cair dan air menjadi satu, aduk hingga menjadi adonan yang licin dan tidak berbutir. Dadar di dalam pan dadar kecil yang telah diolesi dengan sedikit minyak hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.
  • Cetak sebagian ketan kedalam loyang 20 x 20 T 4 cm yang telah doalasi plastik sambil agak ditekan. Beri bagian tengahnya dengan bahan III lalu letakkan kembali sisa ketan dan ratakan. Biarkan hingga dingin, potong-potong memanjang.
  • Ambil selembar bahan IV, beri potongan ketan isi, bungkus rapi. Lakukan hal yang sama hingga bahan habis. Sajikan.

1 comment:

Anonymous said...

mantb nih gan...ijin nyoba ya....pasti bakalan enak juga nih :D



jangan lupa mampir juga d wwww.rahasiakuliner.com
thank's...:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...